Ini 5 Rekomendasi Obat yang Ampuh untuk Mengatasi Saraf Kejepit

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Desember 2023

“Saraf kejepit membuat pengidapnya kesulitan untuk menggerakkan anggota tubuh yang terdampak. Beberapa rekomendasi obat saraf kejepit yaitu Panadol, Sumagesic, Proris Triple Action, Salonpas Koyo Hot, dan Hot In Cream Aromatherapy.”

Ini 5 Rekomendasi Obat yang Ampuh untuk Mengatasi Saraf KejepitIni 5 Rekomendasi Obat yang Ampuh untuk Mengatasi Saraf Kejepit

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Saraf Kejepit di Apotek


Halodoc, Jakarta – Saraf terjepit terjadi ketika terlalu banyak tekanan yang diberikan tulang, tulang rawan, otot, atau tendon. Tekanan ini memicu rasa sakit, kesemutan, mati rasa atau kelemahan.

Saraf terjepit bisa terjadi di area mana pun, utamanya herniasi diskus di tulang belakang bagian bawah. Gangguan ini dapat menyebabkan nyeri yang menjalar ke bagian belakang kaki. 

Dengan istirahat dan perawatan dari dokter, kebanyakan pengidap bisa pulih dalam beberapa hari atau minggu. Jika tak kunjung membaik, di bawah ini beberapa rekomendasi obat saraf kejepit yang bisa kamu coba!

Rekomendasi Obat Saraf Kejepit di Apotek

Kamu bisa mengonsumsi obat saraf kejepit jika mengalami beberapa gejala berupa mati rasa, rasa sakit yang tajam, dan nyeri atau rasa terbakar yang menjalar ke area sekitar saraf.

Obat saraf kejepit juga efektif membantu mengatasi kesemutan, kelemahan otot di area saraf, dan meningkatkan mobilitas yang mungkin terpengaruh oleh kondisi tersebut.

Kamu bisa mengonsumsi salah satu dari beberapa rekomendasi obat saraf kejepit di bawah ini jika mengalami gejala tersebut:

1. Panadol 500 mg 10 Kaplet

Rekomendasi obat saraf kejepit di apotek yang pertama adalah panadol. Obat ini mengandung paracetamol yang mampu meringankan rasa sakit di area saraf yang bermasalah.

Panadol bekerja dengan di area pusat pengatur suhu otak (hipotalamus) untuk menurunkan suhu tubuh dan menghambat sintesis prostaglandin. Pada akhirnya, nyeri ringan hingga sedang dapat teratasi.

Setiap kaplet Panadol mengandung 500 mg paracetamol yang bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Namun, sebaiknya konsumsi sesudah makan jika kamu memiliki masalah pada pencernaan.

Rentang harga: Rp12.700 – Rp14.000 per strip.

Dapatkan Panadol 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Sumagesic 600 mg 4 Tablet

Sumagesic mengandung 600 mg paracetamol di setiap tabletnya. Tak hanya mengatasi gejala saraf kejepit, obat ini juga efektif mengatasi sakit kepala, gigi, dan menurunkan demam.

Sama dengan merek sebelumnya, kandungan paracetamol dalam obat bekerja dengan menghambat sintesis prostaglandin yang pada akhirnya mampu mengatasi nyeri ringan hingga sedang. 

Kamu bisa mengonsumsi Sumagesic 1 tablet, 3-4 kali sehari, sesuai dengan kebutuhan. Obat juga bisa diminum sebelum atau setelah makan dengan air putih. Segera hubungi dokter jika nyeri masih berlanjut.

Rentang harga: Rp2.700 – Rp3.100 per strip.

Dapatkan Sumagesic 600 mg 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Proris Triple Action 10 Kaplet

Proris Tablet mengandung 200 mg ibuprofen yang memiliki sifat analgesik, antiinflamasi, dan antipiretik. Penggunaan obat ini dapat mengatasi nyeri saraf kejepit intensitas ringan sampai sedang.

Proris Triple Action bekerja dengan menghambat proses pembentukan zat pemicu nyeri dan radang dalam tubuh. Obat syaraf kejepit ini bisa dikonsumsi 1 kaplet, 3-4 kali sehari setelah makan.

Rentang harga: Rp10.800 per strip.

Dapatkan Proris Triple Action 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

Jika mengalami nyeri pinggang yang mengganggu aktivitas harian, kamu bisa mengonsumsi rekomendasi obat dalam artikel ini: Ini 5 Rekomendasi Obat Nyeri Pinggang yang Ampuh di Apotek.

4. Salonpas Koyo Hot 12 Lembar

Salonpas Koyo adalah plester yang mengandung methyl salicylate dan capsicum extract untuk membantu meredakan nyeri akibat saraf kejepit. Plester ini juga multifungsi yang dapat mengatasi nyeri otot, sakit gigi, dan nyeri sendi akibat terkilir.

Salonpas Koyo mengandung komposisi methyl salicylate sebanyak 2.76 g dan 4.61 g capsicum extract. Cara menggunakannya dengan menempel plester selama 8 jam dan ganti 2-3 kali sehari.

Pastikan membersihkan area yang terkena sebelum menempelkan koyo. Lalu lepas kertas yang menempel pada koyo dan rekatkan pada bagian yang sakit. Plester ini hanya boleh digunakan untuk pemakaian luar pada kulit.

Rentang harga: Rp8.300 – Rp9.600 per saset.

Dapatkan Salonpas Koyo Hot 12 Lembar di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Hot In Cream Aromatherapy Tube 120 g

Rekomendasi obat saraf kejepit yang terakhir datang dari merek Hot In Cream Aromatherapy. 

Obat ini merupakan obat oles dengan kandungan menthol, metil salisilat, eucalyptus oil, minyak sereh, dan pine oil. Campuran kandungan tersebut membantu mengatasi rasa capek, pegal-pegal, dan nyeri otot.

Kamu dapat menggunakan obat ini sesuai kebutuhan dengan cara langsung dioleskan pada bagian yang terasa sakit.

Hot In Cream Aromatherapy Tube termasuk dalam jenis obat topikal. Artinya, obat ini digunakan hanya untuk penggunaan luar pada kulit. Hindari penggunaan obat ini pada area mata dan area sensitif lainnya.

Rentang harga: Rp37.800 per tube. 

Dapatkan Hot In Cream Aromatherapy Tube 120 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat saraf kejepit yang bisa kamu coba untuk membantu mengatasi nyeri dari intensitas ringan hingga sedang. Dapatkan produk-produk di atas dari mana saja dan kapan saja di Toko Kesehatan Halodoc!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Pinched nerve.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan