Ini 6 Manfaat Daun Alpukat yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Desember 2022

“Daun alpukat juga memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah banyak dari buahnya, sehingga bisa memberi banyak manfaat kesehatan. Manfaat daun alpukat mulai dari mengatasi batu ginjal hingga membantu menurunkan berat badan.”

Ini 6 Manfaat Daun Alpukat yang Jarang DiketahuiIni 6 Manfaat Daun Alpukat yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut membuat alpukat menjadi buah favorit banyak orang. Buah berwarna hijau ini juga sering diolah menjadi aneka minuman dan makanan penutup yang menggugah selera.

Sudah bukan rahasia juga bahwa buah alpukat kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Namun, bukan hanya buahnya, daun alpukat ternyata juga mengandung nutrisi yang tidak kalah banyak, lho

Meskipun berukuran kecil, daun buah tersebut kaya akan protein, serat, senyawa tanaman dan juga mineral. Itulah mengapa ada banyak manfaat daun alpukat untuk kesehatan.

Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan

Jadi, jangan hanya mengonsumsi buahnya saja, cobalah untuk mulai mengonsumsi daun alpukat juga. Berikut manfaat daun alpukat yang sayang untuk dilewatkan:

1. Mengatasi batu ginjal

Berkat kandungan zat aktif seperti saponin dan alkaloid, daun alpukat dapat dimanfaatkan untuk menghancurkan batu ginjal. Meminum airnya dua sampai tiga kali sehari bisa mengatasi batu ginjal dalam waktu 7-10 hari. Selama mengonsumsi daun alpukat, kamu mungkin akan melihat zat seperti buih keluar melalui urine.

Selain itu, daun alpukat juga berfungsi untuk meningkatkan volume urine yang dihasilkan dari proses urinasi. Hal ini tentu saja juga ikut membantu mengatasi penyakit ginjal tersebut.  

2. Mengatasi tekanan darah tinggi

Daun alpukat juga mengandung banyak sekali mineral penting, seperti mangan, seng, dan kalium. Kandungan mineral tersebut bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Meredakan nyeri punggung

Bila kamu sering mengalami sakit punggung, cobalah mengonsumsi daun alpukat.  Mengandung antiinflamasi dan analgesik, manfaat daun alpukat bisa mengurangi nyeri pada beberapa bagian tubuh, termasuk nyeri punggung.

4. Mengatasi gejala asma

Senyawa fitokimia dalam daun alpukat bisa memberi efek relaksasi dan ketenangan di banyak bagian tubuh dan pikiran. Karena itu, mengonsumsi daun tersebut bisa membantu meredakan sakit kepala, nyeri otot, hingga asma.

Selain itu, adanya kandungan pinene dalam daun alpukat juga efektif membuka saluran udara, sehingga meningkatkan aliran udara ke paru-paru.

5. Baik untuk mengelola diabetes

Studi terdahulu menemukan bahwa daun alpukat menunjukkan efek penurunan gula darah. Studi tersebut melaporkan bahwa efek tersebut berlangsung enam jam setelah dosis tunggal ekstrak daun diberikan. Hasil studi tentang manfaat daun alpukat ini tentu saja menggembirakan bagi pengidap diabetes, karena bisa membantu mengelola gula darah.

6. Membantu menurunkan berat badan

Tahukah kamu bahwa daun alpukat memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada buahnya? Sekitar 100 gram daun alpukat mengandung 38,4 gram serat, sedangkan buahnya memiliki 2 gram serat. Nah, mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan serat sudah diketahui bisa membantu menurunkan berat badan, karena bisa membantu memperlancar pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Tips Mengonsumsi Daun Alpukat

Nah, untuk mendapatkan manfaat daun alpukat di atas, kamu bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara. Cara yang paling sederhana adalah dengan membuat air rebusan daun alpukat. Berikut caranya:

  • Cuci 4-5 lembar daun alpukat (tergantung seberapa banyak yang ingin kamu konsumsi).
  • Rebus daun alpukat dengan 1 1/2 – 2 gelas air selama 10 menit atau sampai airnya berkurang setengahnya.
  • Saring air rebusan tersebut, lalu tunggu sampai dingin. Kamu juga bisa menambahkan sedikit gula bila suka.
  • Minumlah dua cangkir setiap hari.

Selain membuat air rebusan, kamu juga bisa mengonsumsi daun alpukat dengan menambahkannya ke dalam salad, atau mengolahnya menjadi sup sayuran. Kamu juga bisa menggunakan daun alpukat sebagai pembungkus daging panggang atau barbeque.

Itulah manfaat daun alpukat untuk kesehatan. Bila kamu ingin menggunakan pengobatan herbal atau alami untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu, ada baiknya tetap membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter. 

Kamu bisa tanya dokter dan minta saran kesehatan mengenai keluhan kesehatanmu kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen. Diakses pada 2022. Tidak Hanya Buahnya, Ternyata Daun Alpukat Punya Banyak Manfaat Lho!
Guardian Life. Diakses pada 2022. Five Illness To Treat With Avocado Leaves.
Danette May. Diakses pada 2022. 3 Major Health Benefits of Avocado Leaves

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan