Ini 7 Rekomendasi Obat Vertigo yang Ampuh dan Mudah Ditemukan

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 April 2024

“Ada beberapa obat dengan resep dokter yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala vertigo. Contohnya, Betahistine, Dogmatil, Mertigo SR, Flunarizine, Frego, Dramamine, dan Stugeron yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 7 Rekomendasi Obat Vertigo yang Ampuh dan Mudah DitemukanIni 7 Rekomendasi Obat Vertigo yang Ampuh dan Mudah Ditemukan

DAFTAR ISI:

Halodoc, Jakarta – Vertigo menyebabkan sensasi kepala berputar yang mengganggu aktivitas pengidapnya. Belum lagi kondisi tambahan seperti mual dan ingin muntah yang kerap mengiringi vertigo.

Untuk beberapa kondisi, gangguan ini dapat disembuhkan melalui penanganan natural. Namun, jika sudah sangat mengganggu aktivitas, obat vertigo adalah satu-satunya pilihan untuk meredakannya. 

Mau tahu apa saja rekomendasi obat vertigo yang ampuh? Simak, ulasannya di artikel ini!

Daftar Obat Vertigo yang Ampuh

Obat vertigo yang ampuh diperlukan ketika pengidapnya mengalami pusing yang tak tertahankan, hingga merasa dirinya atau sekelilingnya berputar. Berikut rekomendasi obat vertigo yang biasanya direkomendasikan dokter:

1. Betahistine 6 mg 10 Tablet

Obat vertigo pertama yang dapat kamu konsumsi saat mengalami pusing adalah Betahistin 6 mg 10 Tablet. Obat ini merupakan analog histamin yang dapat mengurangi tekanan endolimfatik dengan cara memperbaiki mikrosirkulasi, sehingga dapat mengatasi vertigo yang dirasakan.  

Selain untuk vertigo, dokter juga meresepkan obat generik ini untuk mengobati tinitus dan gangguan pendengaran yang berkaitan dengan penyakit meniere. 

Adapun dosis yang dianjurkan untuk dewasa adalah 6-12 mg tiga kali sehari diberikan bersama makanan. 

Kisaran harga: Rp10.200 per strip.

Dapatkan Betahistine 6 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Dogmatil 50 mg 10 Kapsul

Dogmatil adalah obat keras yang harus didapatkan dengan resep dokter. Kandungannya adalah sulpiride yang termasuk ke obat antipsikotik golongan benzamide. 

Obat ini juga diresepkan dokter untuk penyakit tertentu, seperti penyakit Crohn, neurosis, kondisi psikopatologikal umum, sindrom setelah gegar otak, dan vertigo. 

Untuk dosis penggunaan yang tepat, kamu bisa konsultasikan dengan dokter di Halodoc

Dapatkan Dogmatil 50 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Mertigo SR 12 mg 10 Tablet

Rekomendasi obat vertigo yang ampuh lainnya adalah Mertigo. Mertigo mengandung Betahistine mesylate 12 mg yang bekerja meredakan sensasi pusing yang berhubungan dengan gangguan vestibular pada gangguan peredaran darah atau sindrom Meniere. 

Dosis penggunaan dari obat vertigo ini yaitu 6-12 mg tiga kali sehari. Obat ini dapat diberikan bersamaan dengan makanan atau sesudah makan. 

Rentang harga: Rp82.900 – Rp88.900 per strip.

Dapatkan Mertigo SR 12 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Flunarizine 10 mg 10 Tablet

Flunarizine adalah obat golongan calcium channel blocker yang memiliki aktivitas untuk memblok histamin H1, sehingga dapat meredakan gejala vertigo yang dialami. 

Obat vertigo ini juga dapat digunakan sebagai profilaksi migrain, terapi pada penyakit oklusi vaskular perifer, vertigo sentral dan perifer, serta adjuvan terapi epilepsi. 

Obat ini dapat dikonsumsi bersama atau tanpa makanan dengan dosis maksimal per hari adalah 10 mg. 

Kisaran harga: Rp46.800 per strip.

Dapatkan Flunarizine 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Apakah pengidap vertigo bisa sembuh total? Baca faktanya di artikel ini: “Apakah Penyakit Vertigo Bisa Disembuhkan Secara Total?”.

5. Frego 10 mg 10 Tablet

Frego merupakan obat vertigo yang ampuh dan dapat mengatasi masalah lain yang biasanya mengiringi gangguan vertigo. Misalnya sensasi pusing, migrain, dan penyakit pembuluh darah perifer oklusif. 

Obat ini juga sering digunakan sebagai adjuvan pada terapi epilepsi. Namun, pastikan untuk mendapatkan dosis yang tepat dari dokter di Halodoc.

Sementara itu, untuk pengobatan vertigo, dapat mengonsumsi 5-10 mg per hari. Maksimal dosis hariannya adalah 10 mg. 

Kisaran harga: Rp120.000 per strip.

Dapatkan Frego 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Dramamine 50 mg 10 Tablet

Dramamine tidak hanya dapat digunakan sebagai obat mabuk perjalanan, tapi juga mengatasi sensasi pusing pada pengidap vertigo. Obat ini mengandung dimenhydrinate 50 mg yang bekerja menghambat simulasi saraf tertentu di otak dan telinga bagian dalam untuk menekan gejala vertigo. 

Orang dewasa dapat mengonsumsi obat ini dengan dosis 1-2 tablet 3-4 kali sehari sebelum atau pun sesudah makan. 

Jika kamu sedang mengonsumsi antibiotik tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Sebab, obat ini dapat berinteraksi dengan antibiotik tertentu. 

Kisaran harga: Rp25.300 per strip.

Dapatkan Dramamine 50 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Stugeron 25 mg 10 Tablet

Beberapa gejala yang dialami saat vertigo kambuh adalah telinga berdenging, sensasi mual, dan hasrat ingin muntah. Nah, kamu dapat mengatasinya dengan Stugeron 25 mg 10 Tablet. 

Obat vertigo ini mengandung zat aktif cinnarizine 25 mg. Selain mengobati vertigo, Stugeron dapat dikonsumsi untuk mencegah mabuk perjalanan dan mengatasi gangguan peredaran otak.

Namun, untuk dosis pemberian yang tepat sebaiknya konsultasikan pada dokter. Sebab, setiap kondisi memiliki dosis tertentu agar dapat berefek dan menyembuhkannya. 

Kisaran harga: Rp41.300 per strip.

Dapatkan Stugeron 25 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah rekomendasi obat vertigo dan makanan yang direkomendasikan untuk pengidap sakit ini. Rekomendasi obat medis lainnya bisa dibaca di artikel Berbagai Obat Medis untuk Bantu Meredakan Vertigo.

Kamu bisa temukan pilihan obat lainnya di Toko Kesehatan Halodoc yang menyediakan produk kesehatan lengkap. Produknya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, serta privasi dalam kemasan terjaga dengan baik!

toko kesehatan halodoc

Referensi:

Vinmec International Hospital. Diakses pada 2024. What diseases does Betaserc treat?
Dexa Group. Diakses pada 2024. Mertigo SR.
Tablet Wise. Diakses pada 2024. Mertigo Tablet – Uses.
Halodoc. Diakses pada 2024. Dizine.
Tablet Wise.net. Diakses pada 2024. Frego.
Halodoc. Diakses pada 2024. Stugeron.
Everyday Health. Diakses pada 2024. 10 Surprising Facts About Dizziness and Vertigo.
Netmeds.com. Diakses pada 2024. Diet For Vertigo Patients. Foods You Should Eat And Avoid To Control Dizziness.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan