Ini Cara Mengatasi Tiap Jenis Batuk Berdasarkan Anjuran Dokter

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   07 Februari 2021
Ini Cara Mengatasi Tiap Jenis Batuk Berdasarkan Anjuran DokterIni Cara Mengatasi Tiap Jenis Batuk Berdasarkan Anjuran Dokter

Halodoc, Jakarta - Batuk adalah salah satu masalah yang paling umum terjadi, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Batuk bisa saja hanya sebagai gejala flu, tetapi batuk yang tidak kunjung sembuh juga bisa menjadi gejala penyakit yang lebih serius. Banyak penyakit penyerta disertai batuk, misalnya asma, bronkitis. Oleh karena itu, saat gejala batuk muncul, ada baiknya untuk segera mencari pengobatan yang paling cocok.

Ada dua jenis batuk yang umum terjadi, yakni batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak terjadi saat tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir pada saluran pernapasan. Sementara batuk kering adalah batuk yang tidak mengeluarkan dahak. Keduanya disebabkan oleh berbagai macam faktor, sehingga cara mengatasinya pun harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Baca juga: Tenggorokan Terasa Gatal saat Batuk, Apa Sebabnya?


Cara Mengatasi Tiap Jenis Batuk

Secara umum, batuk adalah reaksi tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Namun, batuk juga bisa merupakan gejala dari penyakit tertentu. Ketika debu, polusi, atau zat pemicu alergi masuk ke dalam sistem pernapasan, maka otak akan mengirim sinyal melalui saraf tulang belakang ke otot-otot di dada dan perut. Saat otot-otot tersebut berkontraksi, udara menyembur melalui sistem pernapasan untuk mendorong keluar benda asing ini. 


Batuk Berdahak

Penyebab batuk berdahak yang paling umum adalah infeksi oleh virus atau bakteri. Saat saluran pernapasan terinfeksi, misalnya saat sedang flu, tubuh kemudian akan memproduksi lebih banyak lendir. Ini berguna untuk menjebak dan mengeluarkan organisme penyebab infeksi. Batuk bertujuan untuk mengeluarkan lendir tersebut dari tenggorokan.

Jadi, saat kamu mengalami batuk berdahak disarankan untuk membuang dahak, dan jangan menelannya. Sebab jika kamu menelannya, ini malah akan memperlambat penyembuhan.

Jika batuk berdahak terjadi akibat virus, seperti pada penyakit flu, kamu cukup minum banyak air putih dan beristirahat. Namun, jika ia terjadi akibat infeksi bakteri, kamu membutuhkan pengobatan menggunakan antibiotik sesuai resep dokter. Namun, ada juga beberapa obat batuk yang disarankan oleh dokter untuk orang dewasa. Sementara untuk anak-anak dosis akan disesuaikan, antitusif tidak direkomendasikan untuk anak.

Baca juga: Kenali 5 Penyebab Batuk Berdahak yang Sering Diabaikan


Batuk Kering

Batuk kering biasanya terjadi karena ada sensasi gatal di tenggorokan, yang kemudian membuat kamu batuk. Ada beberapa penyebab utamanya seperti alergi, asam lambung, asma, hingga infeksi virus. 

Batuk kering bisa berlangsung lebih lama, dan jika batuk terus-menerus, ini bisa meningkatkan iritasi di saluran napas. Batuk kering umumnya semakin parah di malam hari sehingga mengganggu kualitas tidur. Salah satu pengobatan sederhana yang bisa dilakukan adalah banyak minum air hangat untuk menenangkan dan melembapkan tenggorokan.

Baca juga: Batuk Bikin Tenggorokan Gatal, Coba Minum Kencur

Jika kamu mengalami batuk, obat yang ditujukan untuk semua umur adalah salah satu obat yang paling aman yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah Prospan, yang merupakan obat batuk herbal yang telah terbukti secara klinis dan sudah dipasarkan di lebih dari 100 negara selama 70 tahun lebih. Obat ini juga terbukti aman untuk semua golongan umur. Prospan mengandung ekstrak daun ivy, yang merupakan satu-satunya mukolitik herbal yang direkomendasikan panduan tata laksana batuk oleh dokter anak. Selain itu, Asosiasi paru di Jerman tempat obat batuk ini berasal juga sudah merekomendasikan untuk tata laksana batuk dewasa. Ekstrak daun Ivy di dalamnya juga memiliki sifat sekretolitik, bronkospasmolitik (melegakan pernafasan) yang baik untuk meredakan batuk. Banyak penelitian yang mendukung Prospan juga dapat memberi efek sinergis pada asma dan bronkitis yang disertai batuk.

Kamu pun kini bisa mendapatkan obat batuk dari Prospan di Halodoc, lho! Kamu bisa menggunakan fitur beli obat yang ada di Halodoc untuk mendapatkan obat batuk dari Prospan. Pesanan kamu pun akan segera dikirimkan ke tempatmu dalam waktu kurang dari satu jam dalam kemasan yang pastinya aman. Tunggu apa lagi? Saat batuk menyerang, segera dapatkan obat batuk Prospan yang bisa kamu dapatkan di Halodoc!

Referensi:
Healthline. DIakses pada 2020. What Causes a Dry Cough?
Healthline. Diakses pada 2020. What Illnesses or Conditions Cause Wet Cough, and How Do I Treat It in Myself or My Child?
Verywell Health. Diakses pada 2020. How to Diagnose and Treat a Cough.
WebMD. Diakses pada 2020. Why You Cough.
Buku Rekomendasi Batuk UKK Repirologi IDAI 2017 
Fazio S, et al. Tolerance, safety and efficacy of Hedera helix· extract in inflammatory bronchial diseases under clinical practice conditions: A prospective, open, multicentre postmarketing study in 9657 patients. Phytomedicine 2009; 16: 17-24
Kardos P. et al., German Respiratory Society guidelines for diagnosis and treatment of adults suffering from acute, subacute and chronic cough . Respiratory Medicine 170 (2020) 105939
Schaefer A et al., Efficacy of two dosing schemes of a liquid containing ivy leaves dry extract EA 575® vs. placebo in the treatment of acute bronchitis in adults. European Respiratory Journal Open Research 2019; doi: 10.1183/23120541.00019-2019. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan