Jangan Panik, Ini Cara Cepat Menurunkan Demam pada Bayi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Januari 2023

“ Saat bayi demam, perawatan akan berfokus pada beberapa cara untuk meredakan gejalanya. Sebagai contoh, ibu dapat mengompres hangat dahi bayi guna menekan suhu tubuhnya sekaligus mengurangi ketidaknyamanan yang muncul.”

Jangan Panik, Ini Cara Cepat Menurunkan Demam pada BayiJangan Panik, Ini Cara Cepat Menurunkan Demam pada Bayi

Halodoc, Jakarta – Bayi rentan mengalami demam mengingat sistem kekebalan tubuhnya yang belum optimal. Nah, bayi dikatakan mengalami demam ketika suhu tubuhnya mencapai 38° atau lebih. Namun, kebanyakan demam yang terjadi pada bayi tidaklah berbahaya dan biasanya disebabkan oleh infeksi ringan. 

Meski begitu, demam yang dialami bayi seringkali menakutkan bagi orang tua. Memang hal ini wajar dirasakan oleh orang tua, tetapi jangan sampai ibu panik dalam melakukan penanganan di rumah. 

Sebab, demam juga terkadang akan membaik dalam beberapa hari walau tanpa diberikan penanganan medis. Karena itu, jika demam yang dialami anak masih ringan, ada beberapa cara cepat menurunkan demam pada bayi. 

Cara Cepat Menurunkan Demam pada Bayi

Saat bayi demam, perawatan akan berfokus pada beberapa cara untuk meredakan gejalanya, meliputi: 

1. Kompres Hangat

Cara pertama untuk meredakan demam pada bayi adalah dengan mengompres hangat dahinya. Untuk melakukannya, ibu bisa menempatkan waslap basah dengan suhu hangat sebagai kompres di dahi bayi saat Si Kecil tidur. Cara ini dianggap sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk demam pada bayi. Sebab, mengompres hangat anak dapat meredakan suhu tubuhnya sekaligus mengurangi ketidaknyamanan yang muncul akibat gejala demam. 

2. Pastikan Bayi Menggunakan Pakaian yang Tepat

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan kalau Si Kecil menggunakan pakaian yang tepat. Nah, ketika mereka demam, pastikan kalau baju yang dikenakan bayi nyaman dan tidak terlalu tebal. Hal ini lantaran pakaian tebal dapat membuat tubuh bayi kesulitan untuk mengeluarkan panas. Akibatnya, demam bayi menjadi sulit untuk turun. 

Karena itu, gantilah pakaiannya dengan bahan yang mampu menyerap keringat. Jika bayi menunjukkan tanda kedinginan seperti menggigil, tambahkanlah selimut tipis ketika dirinya sedang berbaring. Hal ini dapat membantu tubuhnya terasa lebih hangat, tetapi tidak kepanasan. 

3. Penuhi Asupan Cairan

Demam pada bayi yang tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan komplikasi. Salah satu komplikasi demam yang perlu diwaspadai adalah dehidrasi. Karena itu, ibu perlu senantiasa memenuhi asupan cairan tubuh bayi ketika mereka sedang demam. 

Pada demam ringan, mengonsumsi banyak cairan dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri. Cobalah untuk memberikan ASI atau air. Jika bayi sudah berusia satu tahun lebih, ibu juga dapat memberikannya jus. 

4. Mandi Air Hangat 

Ibu juga bisa memandikan bayi secara lembut dengan air hangat. Sebab, hal ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh bayi, ketika air menguap dari tubuhnya. Namun, pastikan untuk tidak memandikan bayi dengan air dingin atau suhu ruangan. Sebab, suhu yang dingin dapat menyebabkan perubahan suhu yang cepat dan drastis serta memperparah demam.

Kapan Perlu ke Dokter?

Segeralah menghubungi dokter atau mencari perawatan medis jika:

  • Demam tak kunjung membaik setelah beberapa hari. 
  • Bayi masih berusia di bawah 3 bulan dan mengalami peningkatan suhu yang signifikan. 
  • Si Kecil menjadi mudah rewel dan terlihat lesu, seperti lebih mengantuk dari biasanya. 
  • Anak menunjukkan gejala lain seperti ruam, kurang makan, atau muntah. 
  • Menunjukkan gejala dehidrasi, seperti tidak mengeluarkan air mata, ludah, atau jumlah popok basah yang biasa). 
  • Anak menjadi tidak aktif seperti tidak menggerakkan lengan atau kaki. 
  • Jika anak mengalami kejang, segeralah mencari bantuan darurat medis. 

Itulah beberapa cara cepat menurunkan demam pada bayi. Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar demam atau Si Kecil mengalaminya, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. How to Safely Bring Down a Fever in a Baby, 
Medline Plus. Diakses pada 2023. When your baby or infant has a fever. 
Medical News Today. Diakses pada 2023. How to bring down a fever in babies. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan