Konsumsi Paracetamol untuk Sakit Gigi, Efektifkah?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Januari 2024

“Paracetamol sebagai obat pereda nyeri tidak hanya untuk membantu meredakan demam dan nyeri kepala. Tak sedikit pula orang mengonsumsi obat ini untuk sakit gigi.”

Konsumsi Paracetamol untuk Sakit Gigi, Efektifkah?Konsumsi Paracetamol untuk Sakit Gigi, Efektifkah?

Halodoc, Jakarta – Sakit gigi merupakan keluhan gigi yang umum terjadi. Nyeri dapat dirasakan pada gigi yang terkena. Namun, pada beberapa orang, nyeri mungkin terasa seperti berasal dari kepala, sinus, rahang, atau telinga.

Kebanyakan orang menggambarkan rasa sakit sebagai berdenyut secara terus-menerus. Biasanya, guna mengatasinya, orang-orang mengonsumsi paracetamol untuk sakit gigi. Apakah cara ini efektif untuk dilakukan?

Penyebab Terjadinya Sakit Gigi

Terkadang, rasa sakit dan bengkak pada rahang bisa menjadi tanda infeksi atau abses gigi. Sakit gigi biasanya terjadi karena kerusakan gigi oleh bakteri penghasil asam pada mulut. Asam ini memecah gula dan menyerang enamel gigi. 

Korosi enamel gigi dapat berarti terbukanya ujung saraf pada gigi, itulah sebabnya kamu merasa sakit. 

Selain itu, sakit gigi bisa terjadi karena gigi patah, tambalan yang hilang, gigi yang baru saja menjalani prosedur perawatan tambal, atau sinusitis (radang rongga sinus pada belakang wajah). 

Mau tahu obat yang ampuh mengatasi nyeri gigi? Baca di artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Gigi yang Ampuh di Apotek”.

Apakah Paracetamol Bisa untuk Sakit Gigi?

Tak hanya nyeri yang mengganggu, sakit gigi juga bisa membuat kamu tidak dapat mengunyah makanan, minum, atau bahkan berbicara dengan baik.

Biasanya, kamu akan mendapatkan rekomendasi untuk mengonsumsi paracetamol untuk sakit gigi. Namun, apakah obat tersebut memang bisa menyembuhkan rasa sakit dan tidak nyaman pada gigi?

Ternyata, paracetamol hanya membantu meredakan rasa sakit yang kamu alami. Jadi, obat ini tidak menyembuhkan gigi yang sakit.

Artinya, kamu tetap membutuhkan perawatan medis lanjutan ke dokter gigi untuk mengetahui penyebab sakit gigi, dan mendapatkan perawatan gigi yang tepat. Misalnya, apakah kamu perlu cabut gigi, tambal, atau pembersihan karang gigi. 

Paracetamol sangat baik untuk mengatasi nyeri ringan hingga sedang. Obat ini dapat kamu pakai untuk nyeri hebat, tetapi biasanya perlu kombinasi dengan obat lain.

Obat memberikan efek paling baik selama 48-72 jam pertama dan konsumsi secara berkala. Paracetamol adalah analgesik yang sangat aman. Obat ini memiliki sedikit efek samping asalkan kamu tidak pernah melebihi dosis harian.

Berhati-hatilah saat menggabungkan dengan obat lain karena beberapa produk pereda nyeri, batuk, dan pilek juga mengandung paracetamol.

Total dosis dewasa harian maksimal adalah 4 gram yaitu 8 x 500 miligram tablet. Konsumsinya biasanya sebagai tablet 2 x 500 miligram, 4 kali sehari (setiap 6 jam). Ini termasuk dosis paracetamol untuk sakit gigi.

Mau tahu rekomendasi obat sakit gigi berlubang untuk dewasa? Baca di artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh untuk Dewasa“.

Pencegahan Masalah Kesehatan Gigi

Kebersihan mulut yang tidak terjaga memang menjadi penyebab utama masalah sakit gigi.

Namun, faktor lainnya, seperti keturunan dan kurangnya air liur juga bisa menjadi penyebabnya. 

Sebab, air liur membantu mencegah kerusakan gigi dengan cara menetralkan asam dan membantu membersihkan asam dan bakteri dari mulut.

Agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan sakit gigi berikut ini.

  • Bersihkan gigi dua kali sehari dan dengan bantuan sikat gigi.
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu mencegah kerusakan gigi.
  • Guna membantu menghilangkan makanan dan plak dari sela-sela gigi, kamu bisa memakai benang gigi.
  • Gunakan obat kumur yang mengandung antiseptik untuk membantu menurunkan jumlah bakteri dalam air liur.
  • Gunakan sikat gigi yang lembut untuk mencegah kerusakan gusi.
  • Mengunyah permen karet bebas gula dapat membantu merangsang produksi air liur.
  • Batasi makanan dan minuman manis.
  • Jangan merokok.

Sementara itu, orang dengan gigi sensitif sering memiliki reaksi yang berbeda terhadap pasta gigi yang memang khusus untuk gigi sensitif.

Bukan tidak mungkin mereka harus mencoba sejumlah produk sebelum menemukan produk yang cocok.

Konsumsi paracetamol untuk sakit gigi memang cukup efektif. Namun, sebaiknya kamu segera hubungi dokter gigi tepercaya di Halodoc, apabila mengalami nyeri yang tidak tertahankan.

chat dokter gigi jika mengalami sakit gigi
Referensi:
MyDr.com.au. Diakses pada 2022. Toothache: self-care.
Greenwood Grincare. Diakses pada 2022. How to Manage Toothache and Dental Pain.
Beverley Dental. Diakses pada 2022. What is the best painkiller for toothache?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan