• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kunyah Bawang Putih Jadi Obat Sakit Gigi, Benarkah?

Kunyah Bawang Putih Jadi Obat Sakit Gigi, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Bawang putih sudah digunakan sejak lama untuk tujuan pengobatan. Di dalam bawang putih terdapat zat allicin, yakni senyawa hal yang memberikan aroma khas bawang putih dan bersifat antijamur, antivirus, dan antibakteri. Oleh karena itu, bawang putih dipercaya mampu membantu melawan penyakit gigi dan gusi.

Ada lebih dari 500 spesies bakteri yang secara alami berada di mulut dan beberapa dari bakteri ini bermanfaat bagi kesehatan sementara yang lainnya tidak. Kunci menjaga mulut tetap sehat adalah menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat di dalam mulut. Oleh karena itu, bawang putih bisa dimanfaatkan untuk menyeimbangkan bakteri jahat dan baik tersebut. 

Baca juga: Ini Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah

Begini Cara Bawang Putih Atasi Sakit Gigi 

Melansir Ask the Dentist, allicin bekerja dengan cara mencegah bakteri jahat berkembang biak yang bisa menyebabkan pembusukan gigi. Penggunaan ekstrak bawang putih juga membantu memerangi periodontitis (penyakit gusi) dengan mengendalikan populasi bakteri jahat dan membiarkan bakteri baik berkembang.

Selain itu, saat kamu memilih produk kesehatan mulut yang mengklaim dapat memerangi penyakit gusi dengan membunuh "99,9% bakteri”, maka kamu telah mengambil keputusan yang salah. Pasalnya, saat semua bakteri mati, maka laju pertumbuhan baik dan yang jahat  nantinya akan berbeda. Alhasil, kamu telah menciptakan ketidakseimbangan antara bakteri baik dan buruk, yang dapat membahayakan kesehatan mulut dan kesehatan seluruh tubuh.

Allicin dapat ditemukan dalam bawang putih segar setelah dihancurkan atau dipotong. Jika kamu tidak memiliki bawang putih segar, kamu mungkin tergoda untuk menggunakan bubuk bawang putih untuk mengatasi sakit gigi. Namun, bubuk bawang putih tidak mengandung allicin, sehingga tidak membantu meringankan sakit gigi. Allicin sebenarnya tidak ditemukan dalam bawang putih utuh, tetapi ia dibuat ketika ia dihancurkan, dikunyah, dicincang, atau diiris dan hanya ada dalam waktu singkat.

Baca juga: Tidak Harus Selalu Dicabut, Begini Obati Sakit Gigi

Adakah Efek Samping dari Penggunaan Bawang Putih?

Bawang putih adalah bagian bumbu dapur yang sering ditambahkan dalam makanan. Ia terbukti sehat dan bisa membantu meringankan sakit gigi. Sebelum kamu mencobanya di rumah, waspada potensi efek samping dari makan bawang putih mentah, seperti:

  • Kembung;

  • Bau mulut;

  • Bau badan;

  • Sakit perut;

  • Mulas;

  • Sensasi terbakar di mulut;

  • Refluks asam lambung;

  • Reaksi alergi.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan bawang putih untuk mengatasi sakit gigi, sebaiknya diskusikan dahulu dengan dokter di Halodoc. Kamu bisa chat dokter di Halodoc untuk menanyakan mengenai khasiat mengatasi sakit gigi. 

Baca juga: Jangan Asal Pilih Obat Sakit Gigi, Bisa Berbahaya

Cara Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Sakit Gigi

Ada dua cara untuk menggunakan bawang putih, antara lain:

  • Langsung Dikunyah. Pertama-tama, pastikan kamu menggunakan bawang putih segar. Kunyah siungan bawang putih. Proses ini melepaskan allicin yang langsung membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Biarkan siungan yang dikunyah itu menempel beberapa saat di gigi.

  • Dibuat Saus. Dengan menggunakan bagian belakang sendok, kamu dapat menghancurkan bawang putih dan mencampurnya dengan sedikit garam, yang bersifat antibakteri dan dapat mengurangi peradangan. Oleskan campuran ini ke gigi yang terkena menggunakan jari-jari atau kapas. Biarkan saus ini menempel beberapa saat di gigi.

Namun, tidak selamanya kamu bisa gunakan bawang putih, atau menggunakannya secara sal. Kamu wajib menghindari menjejalkan bawang putih terlalu jauh ke gigi sehingga menjadi tersangkut, terutama jika ada rongga di gigi. Beberapa orang juga memiliki alergi terhadap bawang putih.

Jika ini masalahnya, kamu wajib menghindarinya. Bawang putih dianggap aman untuk dikonsumsi jika sedang hamil, namun ingat, makan terlalu banyak bawang putih bisa  menyebabkan mulas, bahkan jika kamu sedang tidak hamil.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Can Garlic Treat the Pain from Toothaches?
Ask the Dentist. Diakses pada 2020. How Garlic Fights Gum Disease, Cavities, and Toothaches.