Ini Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah

Halodoc, Jakarta – Sakit gigi bukan masalah sepele karena penyakit ini menimbulkan rasa tidak nyaman yang mengganggu aktivitas pengidapnya. Sakit gigi ditandai dengan rasa nyeri saat mengunyah, bau busuk di dalam mulut, gusi bengkak, sulit menelan, nyeri telinga, sakit saat membuka mulut, hingga sesak napas.

Baca Juga: Penyebab Sakit Gigi Selain Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

Sakit gigi rentan datang mendadak. Namun, kamu perlu tahu kalau sakit gigi disebabkan karena banyak faktor. Di antaranya meliputi kondisi gigi berlubang, masalah pada gigi (patah atau tanggal), infeksi gigi atau gusi, gusi bengkak, pembusukan gigi, permasalahan pada kawat gigi, bruxism, hingga pertumbuhan gigi bungsu yang abnormal. Seseorang berisiko mengidap sakit gigi apabila merokok, mengidap diabetes atau HIV/AIDS, serta konsumsi obat tertentu seperti phenytoin atau obat imunosupresif.

Ketahui Cara Diagnosis Sakit Gigi

Dokter memulai diagnosis penyebab sakit gigi dengan menanyakan letak nyeri, tingkat keparahan gejala, dan waktu kemunculan rasa nyeri. Lalu, dokter menetapkan diagnosis melalui pemeriksaan gigi, gusi, lidah, sinus, hidung, tenggorokan, hingga leher.

Pemeriksaan mungkin dilakukan dengan merangsang gigi menggunakan suhu dingin, menggigit atau mengunyah sesuai, serta kebiasaan menekan gigi dengan jari. Bila dibutuhkan, dokter melakukan foto rontgen gigi dan CT scan sebagai pemeriksaan penunjang.

Baca Juga: Mitos atau Fakta Daun Jambu Biji bisa Obati Sakit Gigi

Penanganan Sakit Gigi di Rumah

Ada beberapa pilihan penanganan sakit gigi, disesuaikan dengan penyebabnya. Tambal gigi dilakukan jika sakit gigi disebabkan karena gigi berlubang. Perawatan saluran akar gigi (root canal) dilakukan jika akar gigi terinfeksi. Cabut gigi dilakukan jika sakit gigi disebabkan karena pertumbuhan gigi bungsu abnormal. Obat antibiotik diberikan bila sakit gigi disebabkan oleh infeksi bakteri.

Selain penanganan di dokter gigi, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengobati sakit gigi:

1. Kumur Air Garam

Cukup larutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Kumur dalam mulut selama beberapa saat, fokuskan pada area gigi yang sakit. Kemudian buang air bekas berkumur. Garam yang digunakan menyerap kelembapan dalam mulut, sehingga membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi bakteri. Sebelum berkumur, kamu bisa melakukan flossing alias menarik sisa makanan pada sela-sela gigi menggunakan benang. Selain air garam, kamu juga bisa mengatasi sakit gigi dengan berkumur air hangat atau obat kumut antiseptik yang banyak dijual di pasaran.

2. Kompres Es

Masukkan es ke dalam plastik dan bungkus dengan kain tipis. Tempelkan kompres pada area pipi yang sakit, setidaknya selama 15 menit. Es membuat saraf gigi kebas sehingga rasa ngilu berkurang atau bahkan menghilang.

3. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Rasa nyeri akibat sakit gigi bisa diatasi dengan konsumsi obat yang mengandung antiinflamasi seperti parasetamol dan ibuprofen. Lebih baik bicara pada dokter terlebih dahulu sebelum kamu konsumsi obat tersebut.

Baca Juga: Gunakan 4 Benda Ini untuk Atasi Sakit Gigi

Itulah pertolongan pertama saat sakit gigi di rumah. Kalau cara di atas belum berhasil mengobati sakit gigi yang kamu idap, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!