Jangan Asal Pilih Obat Sakit Gigi, Bisa Berbahaya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jangan Asal Pilih Obat Sakit Gigi, Bisa Berbahaya

Halodoc, Jakarta – Sakit gigi bisa sangat menyiksa dan mengganggu. Hal itu membuat orang yang mengalami kondisi ini sering buru-buru mengonsumsi obat untuk meredakan gejala yang menyerang. Namun hati-hati, sembarangan dalam memilih obat sakit gigi ternyata bisa memberi dampak yang berbahaya, lho. Biar enggak salah pilih, sebaiknya simak penjelasan seputar tips memilih obat sakit gigi di bawah ini. 

Nyeri dan gejala yang muncul saat sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Rasa tidak nyaman bisa muncul akibat kerusakan lapisan gigi, infeksi, retak pada gigi, abses, hingga tambalan gigi yang rusak. Kondisi ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele dan harus segera diobati. Namun, sebaiknya memilih obat sakit gigi tidak dilakukan secara sembarangan agar tidak memicu dampak yang berbahaya.

Baca juga: Ini Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah

Tips Memilih Obat Sakit Gigi 

Salah satu jenis obat yang sering digunakan untuk mengobati nyeri sakit gigi adalah antibiotik. Meski bisa dibeli secara bebas, tetapi sebaiknya penggunaan jenis obat ini tidak dilakukan secara sembarangan, apalagi tanpa konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Pada sakit gigi, jenis obat ini bekerja dengan cara membunuh infeksi yang menyebabkan sakit gigi.

Sembarangan dalam memilih jenis obat sakit gigi tidak hanya bisa memperparah kondisi, tetapi juga akan memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Sebelum pergi ke dokter gigi, kamu memang disarankan untuk meredakan gejala nyeri terlebih dahulu, sehingga dokter bisa mengetahui akar masalahnya. Daripada sembarangan memilih jenis obat, kamu bisa mencoba mengatasi sakit gigi dengan bahan-bahan alami, seperti: 

  • Air Garam

Nyeri akibat sakit gigi bisa diatasi dengan berkumur menggunakan larutan air garam. Cobalah campurkan satu gelas air dengan setengah sendok garam ke dalam gelas. Kemudian, gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik, lalu buang. Kumur air garam bisa membantu meredakan peradangan pada gigi dan gusi yang nyeri.

Baca juga: Gunakan 4 Benda Ini untuk Atasi Sakit Gigi

  • Kompres Es 

Kamu juga bisa meredakan nyeri akibat sakit gigi dengan mengompres bagian yang terasa sakit menggunakan es. Meletakkan kompres es bisa membantu mengurangi pembengkakan pada gigi dan gusi. Cara ini bisa dilakukan dengan melapisi es batu menggunakan handuk atau kain, kemudian tempelkan di bagian pipi terdekat dengan gigi yang mengalami sakit. Diamkan kompresan selama 20 menit, selanjutnya lepaskan dan ulangi setelah beberapa jam.

  • Bawang Putih

Bawang putih bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri sakit gigi. Cobalah untuk mengambil satu buah bawang putih, kemudian kupas lalu potong menjadi dua. Letakkan bawang putih di bagian gigi yang sakit selama beberapa menit atau kunyah bawang putih. Bahan alami ini disebut memiliki efek antibakteri yang dapat membantu melawan kuman di gigi dan mulut, serta mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit gigi.

  • Daun Jambu Biji 

Banyak orang yang percaya bahwa mengunyah daun jambu biji ampuh untuk mengobati sariawan dan sakit gigi. Daun jambu biji disebut memiliki kandungan vitamin C yang berperan untuk mengatasi sariawan dan sakit gigi. Tanaman ini diyakini bisa memberi manfaat antimikroba yang dapat membantu mengatasi peradangan. 

Baca juga: Penyebab Sakit Gigi Selain Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

Sakit gigi dan butuh saran dokter segera? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
BT.com. Diakses pada 2019. 5 surprising ways to tackle the agony of toothache.
Web MD. Diakses pada 2019. Toothache.
Medicinet. Diakses pada 2019 Facts you should know about toothaches.