• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mager saat Puasa Malah Bikin Lemas, Ini Tips Mengatasinya

Mager saat Puasa Malah Bikin Lemas, Ini Tips Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bulan puasa tiba sebentar lagi, banyak yang sudah tidak sabar untuk menjalankan ibadah tersebut. Saat menjalani puasa, kamu harus mengubah kebiasaan sehari-hari, seperti bangun sangat pagi untuk makan sahur dan menahan haus serta lapar selama seharian penuh. Selain itu, kemungkinan besar tubuh kamu akan merasakan lemas.

Saat berpuasa, aktivitas sehari-hari harus tetap berjalan meski rasa lapar terus terasa. Hal yang paling penting adalah konsentrasi yang terus terjaga. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara atasi perasaan lemas saat puasa agar semua hal yang direncanakan tidak terganggu. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan!

Baca juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa

Cara Mengatasi Perasaan Lemas saat Menjalankan Puasa

Beberapa tantangan yang paling umum harus dihadapi setiap orang yang menjalankan ibadah puasa Ramadan adalah perasaan lapar dan lelah. Untuk memastikan tubuh tetap produktif, setiap orang perlu memastikan perasaan tersebut agar tetap dapat memenuhi tugas sehari-hari. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi perasaan lemas saat berpuasa.

Umumnya, penyebab seseorang merasakan lemas sepanjang hari disebabkan oleh kekurangan tidur karena harus bangun pagi untuk sahur. Selain itu, kurangnya nutrisi yang sehat saat dikonsumsi sahur juga mampu menimbulkan rasa lapar dan badan yang kurang bergairah. Untuk mengetahui beberapa cara mengatasi rasa lelah dan lemas yang timbul, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

  1. Berolahraga

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perasaan lemas saat berpuasa adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Hal tersebut disebabkan tubuh manusia dipaksa untuk bernapas lebih dalam. Jika rangkaian gerakan tersebut dilakukan dengan benar, dorongan energi akan terjadi sehingga menjaga tubuh kamu dari cepat merasa lelah. Cobalah untuk menjadwalkan olahraga yang simpel agar tingkat energi tetap terjaga.

Baca juga: Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan, Ini Buktinya

  1. Beristirahat dengan Lebih Baik

Seseorang yang tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan. Maka dari itu, sebagai salah satu cara mengatasi tubuh yang lemas saat puasa adalah dengan memperbaiki jam istirahat menjadi lebih baik. Selain jam tidur, kualitas tidur juga penting untuk diperhatikan. Jika kamu merasa kurang tidur di malam hari, cobalah untuk tidur siang yang singkat agar tubuh tetap bersemangat dalam menjalankan puasa.

  1. Alihkan Fokus dari Rasa Lapar dan Lemas

Cara atasi rasa lapar dan lemas yang dirasakan ketika puasa adalah dengan mengalihkan fokus yang ada. Cobalah untuk berkonsentrasi pada satu hal saja dan abaikan hal lainnya. Setiap orang dapat memilih fokus yang ingin dipusatkan, sehingga pikiran-pikiran lainnya yang tidak penting dapat diabaikan. Hal tersebut dapat membuat kamu tetap fokus dalam menjalankan aktivitas yang penting.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Hal lainnya yang dapat dilakukan sebagai cara untuk atasi rasa lemas saat puasa adalah dengan lebih banyak mengonsumsi air putih. Jika kamu telah terbiasa mengonsumsi kafein dan minuman jenis lainnya, tubuh kamu akan ketergantungan. Maka dari itu, penting untuk memperbanyak asupan air putih karena dapat menghidrasi tubuh dan membuat pikiran menjadi segar.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk atasi rasa lemas saat melakukan ibadah puasa. Dengan selalu melakukan hal tersebut, diharapkan semua aktivitas yang harus dilakukan tidak terganggu. Sehingga, kamu tetap produktif untuk menjalani hari tanpa adanya distraksi dari apa pun termasuk rasa lemas.

Baca juga: Ini 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara jitu untuk atasi perasaan lemas yang timbul saat berpuasa. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan akses kesehatan yang tidak terhingga.

Referensi:
Productive Muslim. Diakses pada 2020. 7 Tips to Tackle Hunger and Fatigue in Ramadan.
Health Line. Diakses pada 2020. How to Fast Safely: 10 Helpful Tips.