Tingkat Konsentrasi Menurun di Siang Hari? Coba 6 Makanan Ini

tingkat-konsentrasi-menurun-di-siang-hari-coba-6-makanan-ini-halodoc

Halodoc, Jakarta – Konsentrasi adalah hal yang sangat penting dalam bekerja maupun belajar. Konsentrasi menentukan produktivitas seseorang sekaligus membantu meminimalisir kesalahan yang bisa saja terjadi. Namun, kadang-kadang, rasa ngantuk atau kelelahan sering membuat konsentrasi seseorang cenderung menurun pada siang hari. Nah, kalau sudah begitu, kamu perlu mengonsumsi berbagai macam makanan bergizi. Lho, apa hubungannya?  

Tahukah kamu bahwa makanan tidak hanya berpengaruh terhadap energi tubuh, tapi juga daya konsentrasi otak kita? Makanan yang kamu konsumsi bisa membantu melancarkan aliran darah dan oksigen menuju otak. Itulah sebabnya mengonsumsi makanan bergizi bisa membantu kamu untuk tetap fokus dalam waktu yang lama saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Bila kamu termasuk orang yang mudah kehilangan konsentrasi dalam beraktivitas, berikut ini enam makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan konsentrasi otak di siang hari:

1. Cokelat Hitam

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Michelle Montopoli dkk pada tahun 2015, cokelat hitam ternyata mengandung 60 persen kakao yang bisa membuat otak lebih waspada dan penuh perhatian. 

Sebuah studi lain juga menemukan bahwa orang yang minum dua cangkir cokelat setiap hari selama sebulan mengalami perbaikan aliran darah ke otak, sehingga mereka terbukti memiliki daya ingat yang lebih baik. Konsumsi cokelat hitam juga bisa meningkatkan kadar serotonin dan endorphin, yang bermanfaat dalam meningkatkan konsentrasi hitam.

2. Kafein

Minum kopi atau teh yang mengandung kafein ternyata tidak hanya bisa menghilangkan rasa kantuk, tapi juga membantu pikiran menjadi fokus kembali. Studi tahun 2005 yang dilakukan oleh Florian Koppelsttäter menemukan bahwa konsumsi kafein bisa meningkatkan aktivitas otak yang terlibat dalam proses perencanaan, perhatian, pemantauan dan konsentrasi. Sayangnya, efek kafein pada setiap orang berbeda-beda, termasuk dalam meningkatkan konsentrasi otak, karena biasanya efek kafein hanya berlangsung dalam jangka pendek. 

Baca juga: 7 Manfaat Kafein untuk Kesehatan

3. Pisang

Siang-siang ngantuk? Coba makan buah pisang saja. Kandungan potasium yang merupakan mineral penting di dalam pisang bisa membantu mengoptimalkan kinerja otak, saraf, dan jantung kamu. 

4. Ikan Salmon

Ikan salmon yang kaya akan asam lemak omega-3 bisa membantu membangun sel-sel otak, memperlambat penurunan kognitif, dan memperkuat sinapsis di otak yang terkait dengan memori, lho. Kandungan protein dalam ikan salmon juga bisa membantu menjaga otak kamu tetap fokus untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari.

5. Telur

Selain ikan salmon, telur juga mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak, yang meliputi daya ingat, fokus, termasuk suasana hati. Telur juga mengandung kolin, yaitu senyawa yang bisa membantu menjaga selaput otak tetap sehat.

Baca juga: Konsumsi Telur Setiap Hari untuk Menghindari Penyakit Jantung

6. Blueberry

Coba ganti cemilan siang kamu dengan blueberry deh bila kamu sering kehilangan konsentrasi di siang hari. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 2010, ditemukan bahwa orang yang minum jus blueberry setiap hari selama dua bulan memiliki kinerja otak yang lebih baik dalam tes belajar dan peningkatan memori yang signifikan. Kandungan antioksidan dalam blueberry juga bisa membantu meningkatkan memori dengan cara mengaktifkan enzim pelindung otak.

Baca juga: 5 Jenis Makanan untuk Mempertajam Memori

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa membantu kamu tetap konsentrasi di siang hari. Selain dari makanan sehat, kamu juga bisa mendapatkan nutrisi yang penting untuk otak dengan mengonsumsi suplemen. Beli suplemennya di aplikasi Halodoc saja. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Buy medicines dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.