Muncul Jerawat di Penis, Bagaimana Cara Mengatasinya?

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Februari 2023

“Jerawat di penis biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, sehingga tidak perlu pengobatan. Namun, mengonsumsi antibiotik bisa membantu mengurangi bakteri yang menjadi penyebab benjolan tersebut.”

Muncul Jerawat di Penis, Bagaimana Cara Mengatasinya?Muncul Jerawat di Penis, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Halodoc, Jakarta – Jerawat bisa berkembang di mana saja pada tubuh, termasuk di area yang tidak terduga sekalipun seperti penis.  Meskipun biasanya tidak berbahaya, jerawat di penis mungkin bisa mengganggu dan membuat tidak nyaman. 

Pertanyaannya, bagaimana sih cara mengatasi kondisi ini?

Penyebab Jerawat di Penis

Jerawat bisa muncul ketika pori-pori tersumbat oleh bahan-bahan, seperti sel-sel kulit mati, kotoran dan minyak pada kulit.

Namun, seorang pria berisiko mengalami jerawat di penis bila mereka:

  • Jarang mandi.
  • Hidup di iklim lembab.
  • Memiliki kulit berminyak.
  • Mencukur rambut kemaluan.
  • Mengenakan celana dalam yang ketat, yang bisa menyebabkan gesekan.

Masalah pada kulit organ vital ini bisa terjadi terlepas dari apakah kamu aktif secara seksual.

Namun, bila kamu aktif secara seksual, ada kemungkinan jerawat yang muncul di penis adalah pertanda penyakit menular seksual (PMS).

PMS bisa menyebabkan komplikasi bila tidak segera ditangani. Jadi, bila kamu tidak yakin dengan benjolan yang muncul di alat vitalmu, temui dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Jerawat pada bagian penis terkadang bisa menimbulkan rasa gatal yang menggangu. Berikut obat-obatan untuk mengatasinya: “Ini 5 Rekomendasi Obat yang Ampuh Atasi Gatal Kemaluan Pria”.

Cara Mengatasi Jerawat pada Penis

Cara terbaik untuk mengatasi jerawat di penis adalah dengan membiarkannya saja.  Dengan tidak menyentuhnya, kamu bisa mencegah kondisi kulit tersebut memburuk. 

Selain itu, jerawat biasanya juga bisa membaik dengan sendirinya bila area tersebut dijaga tetap bersih dan kering. Meskipun sangat menggoda, kamu dianjurkan untuk tidak memencet jerawat di penis. Hal itu bisa membuat benjolan tersebut semakin parah dan menyebabkan infeksi.

Memencet jerawat juga bisa membuat bakteri menyebar, bahkan mungkin bisa menyebabkan lebih banyak jerawat bermunculan. Bila kondisi kulit tersebut tidak kunjung menghilang, kamu bisa menemui dokter kulit untuk membicarakan pilihan pengobatan jerawat dengan drainase atau pengangkatan.

Kamu juga tidak bisa mengobati jerawat di penis dengan obat tanpa resep dokter seperti yang bisa dilakukan dengan jerawat di bagian lain tubuh. Hal itu karena kulit di area intim ini lebih tipis dan lebih sensitif.

Obat jerawat tanpa resep dokter yang umum seperti benzoil peroksida dan asam salisilat mungkin terlalu keras untuk area ini. Akibatnya, kamu bisa mengalami ruam dan gatal yang cukup parah.

Bila kamu memiliki jerawat di area genital, cobalah untuk berbicara dengan dokter tentang obat jerawat yang bisa dikonsumsi secara oral.

Antibiotik bisa membantu membersihkan bakteri berlebihan yang bisa menyebabkan munculnya benjolan tersebut. Namun, obat tersebut hanya digunakan untuk waktu yang singkat.

Isotretinoin yang merupakan turunan vitamin A yang kuat, adalah pilihan lain. Obat resep ini bisa diminum untuk jerawat yang parah.

Selain itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi masalah kulit tersebut:

  • Kurangi aktivitas yang menyebabkan banyak keringat.
  • Kenakan pakaian dalam dan celana yang longgar.
  • Mandi secara teratur.
  • Hindari menggosok atau menyentuh daerah yang terkena.
  • Ganti seprei dan pakaian secara teratur.

Selain jerawat, ada berbagai masalah lainnya pada penis yang perlu diwaspadai. Baca di artikel ini: “3 Masalah Kesehatan Mr P yang Malu Dibahas oleh Pria

Berbagai Penyebab Jerawat pada Penis 

Bila benjolan di alat vital kamu memiliki penampilan yang tidak seperti jerawat, bisa jadi itu terkait dengan kondisi lain.

Beberapa benjolan kulit tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Sedangkan yang lain mungkin disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya dan perlu dikonsultasikan ke dokter. Kamu bisa tanya dokter di Halodoc supaya bisa mendapatkan informasi lebih lengkap. 

Berikut adalah beberapa penyebab paling umum dari benjolan seperti jerawat:

1. Luka akibat pisau cukur

Bila kamu sering mencukur bulu kemaluan, mungkin saja benjolan pada penis disebabkan oleh luka akibat pisau cukur.

Benjolan akibat luka tersebut biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Untuk menenangkan kulit yang teriritasi, kamu bisa mengoleskan losion berbahan dasar oatmeal ke area tersebut.

2. Penyakit menular seksual

Ada tiga jenis PMS yang bisa menimbulkan gejala mirip jerawat, yaitu kutil kelamin, herpes genital, dan sipilis.

Selain benjolan, penyakit tersebut biasanya menimbulkan gejala lainnya. Seperti lepuhan atau rasa nyeri.

Segera periksakan ke dokter bila kamu mengalami gejala-gejala tersebut.

3. Folikulitis

Peradangan folikel rambut juga bisa menyebabkan benjolan di dekat pangkal pertumbuhan rambut kemaluan. Kondisi tersebut dikenal sebagai folikulitis.

Benjolan ini mungkin juga terasa sakit dan gatal, tapi folikulitis bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Itulah cara mengatasi jerawat di penis yang bisa kamu lakukan. Dapatkan obat-obatan untuk mengatasi gatal-gatal dan jerawat pada kemaluan di Toko Kesehatan Halodoc!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Pimple on Penis: What Causes It and How Is It Treated?
Medical News Today. Diakses pada 2023. What should you do about a pimple on the penis?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan