• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Menjalin Kedekatan dengan Anak Remaja

Pentingnya Menjalin Kedekatan dengan Anak Remaja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Ketika sudah beranjak remaja, anak mungkin akan lebih sering menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Tidak seperti saat ia masih kecil dulu, anak yang sudah remaja juga biasanya akan mulai menjauh dari orangtuanya dan kurang tertarik untuk berbicara atau curhat kepada orangtuanya. Meski begitu, sangat penting bagi orangtua untuk sebisa mungkin tetap menjalin kedekatan dengan anak remaja mereka. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

Memasuki masa remaja, anak-anak dan orangtua biasanya akan mulai menghabiskan lebih banyak waktu secara terpisah. Hal ini sebenarnya wajar karena anak remaja akan mulai mengeksplorasi hubungan dengan teman-teman dan orang lain di luar keluarganya. Namun, anak remaja masih tetap membutuhkan hubungan yang kuat dengan orangtuanya agar ia dapat merasa aman dan terjamin ketika ia menghadapi tantangan masa remaja nanti.

Berikut ini alasan pentingnya menjalin kedekatan dengan anak remaja kamu:

  • Membantu Anak Melewati Tantangan Remaja

Masa remaja bisa menjadi masa yang sulit, karena anak akan melalui perubahan fisik dan emosional yang cepat. Di sisi lain, mereka juga sedang mencari jati diri mereka dan tempat yang sesuai untuk mereka. 

Anak remaja juga membutuhkan dukungan ketika mereka mulai mendapatkan pengaruh dari teman-teman sebayanya atau mulai menjalin hubungan dengan lawan jenis. Inilah mengapa sebagai orangtua, kamu perlu menjalin kedekatan dengan anak remajamu, agar dapat mendukung anak melewati tantangan-tantangan masa remaja tersebut.

Baca juga: Orangtua Perlu Tahu, Ini Cara Menyikapi Anak yang Mulai Pacaran

  • Membangun Kepercayaan Diri Anak

Selama masa remaja, keluarga adalah tempat yang dapat memberi dukungan emosional pada anak di mana ia merasa dicintai dan diterima, tidak peduli masalah apapun yang terjadi dalam hidupnya. Karena itulah, orangtua diharapkan dapat membangun dan mendukung kepercayaan diri, optimisme, dan identitas anak remaja.

  • Membimbing dan Mempersiapkan Anak Menjadi Orang Dewasa yang Baik

Ketika kamu sebagai orangtua menetapkan aturan, batasan, dan standar perilaku, kamu sebenarnya sedang mendidik anak agar ia dapat bertumbuh menjadi orang dewasa yang memiliki nilai-nilai dan prinsip yang baik. Dan percaya atau tidak, pengalaman, dan pengetahuan hidup kamu sangat berguna bagi anak remaja untuk belajar bagaimana caranya menjalani hidup yang baik.

  • Mencegah Anak Remaja dari Perilaku Buruk

Hubungan orangtua yang suportif dan dekat juga dapat mengurangi kecenderungan anak remaja untuk memiliki perilaku yang berisiko, seperti alkohol, penggunaan narkoba, dan lainnya, serta masalah kesehatan mental seperti depresi. Orangtua juga dapat mendorong anak agar lebih bersemangat belajar di sekolah dan meraih prestasi secara akademis.

Baca juga: Masuk Puber, Orangtua Perlu Tahu 5 Tanda Depresi pada Remaja

Tips Menjalin Kedekatan dengan Anak Remaja

Menjalin kedekatan dengan anak remaja sebenarnya dapat dilakukan melalui kegiatan sehari-hari. Berikut ini tips-tipsnya:

  • Makan Bersama Keluarga

Makan bersama keluarga adalah kesempatan besar di mana semua anggota keluarga dapat menceritakan tentang harinya atau tentang hal-hal yang sedang terjadi atau rencana yang akan datang. Jadi, orangtua dapat memakai kesempatan ini untuk menjalin kedekatan dengan anak remajanya. Namun, pastikan perangkat elektronik, seperti televisi atau gadget tidak mengganggu quality time kamu dengan anak ya.

  • Luangkan Waktu untuk Liburan Keluarga

Cobalah untuk melakukan liburan keluarga setiap beberapa waktu sekali. Semua anggota keluarga dapat memilih tempat dan aktivitas liburan secara bergantian. Liburan santai atau akhir pekan bersama keluarga juga dapat membantu kamu untuk menjalin kedekatan dengan anak remaja.

  • Kencan Bersama Anak Remaja

Menghabiskan waktu berdua saja bersama anak remaja kamu juga bisa menjadi kesempatan untuk menjalin kedekatan satu sama lain. Momen ini juga bisa menjadi kesempatan untuk berbagi pikiran dan perasaan.

  • Rayakan Prestasi Anak, Ketahui Kesedihannya, dan Tunjukan Minat pada Hobinya

Terkadang, hanya muncul untuk menonton anak bermain olahraga atau musik, maupun mengantarnya ke kegiatan ekstrakurikuler sudah menjadi tindakan yang berarti yang dapat membuat anak remaja semakin dekat dengan orangtuanya.

Baca juga: 4 Trik Ibu yang Bekerja agar Tetap Akrab dengan Anak

Itulah penjelasan mengenai pentingnya menjalin kedekatan dengan anak remaja. Bila ibu punya pertanyaan seputar pola asuh anak, tanyakan saja pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa bertanya pada psikolog kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthy Families BC. Diakses pada 2020. Teens and Family Relationships.