Penyebab Orang yang Alami Obesitas Rentan Terkena Kurap

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Juni 2021
Penyebab Orang yang Alami Obesitas Rentan Terkena KurapPenyebab Orang yang Alami Obesitas Rentan Terkena Kurap

Halodoc, Jakarta - Jamur yang menginfeksi tubuh dapat menyebabkan banyak penyakit, salah satunya adalah kurap yang terjadi saat menyerang kulit. Penyakit ini dapat menimbulkan rasa gatal dan ruam yang dapat menyebar ke area lain yang berdekatan. Disebutkan juga jika seseorang yang mengalami obesitas lebih rentan untuk mengalami kurap. Apa yah kira-kira penyebabnya? Cari tahu jawabannya di sini!

Segala Penyebab Kurap yang Menyerang Seseorang dengan Obesitas

Kurap adalah infeksi jamur yang sangat umum terjadi pada kulit yang dapat menimbulkan ruam gatal, kulit memerah, hingga bentuknya seperti cacing yang membentuk cincin. Gangguan ini dapat terjadi di semua bagian tubuh, tetapi beberapa area memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalaminya. Selain itu, seseorang dengan obesitas dipercaya lebih rentan mengalami penyakit kulit ini dibandingkan yang tidak.

Apa penyebab hal tersebut?

Kondisi orang yang gemuk atau obesitas biasanya rentan mengalami tinea cruris atau kurap. Hal ini dikarenakan pada orang obesitas, mereka memiliki lipatan-lipatan kulit yang mudah menjadi lembap dan mudah ditumbuhi jamur. Di samping itu, orang yang obesitas biasanya lebih banyak memproduksi keringat, apalagi jika ditambah kurang menjaga kebersihan, terutama kebersihan selangkangan. Meski sudah mandi secara teratur dan mengganti celana dalam, tetapi mereka masih rentan mengalami kurap.

Orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki lipatan kulit yang lebih dalam dan keringat yang berlebih, ini memungkinkan terjadinya gesekan, kelembapan berlebih, dan maserasi kulit. Semua komponen ini menciptakan lingkungan di kulit yang rentan terhadap infeksi, dari ragi, bakteri, dan jamur.

Kurap memiliki gejala yang berbeda, tergantung pada tempat terjadinya. Kurap pada kulit kepala adalah yang paling sering terjadi pada anak-anak. Sementara kurap pada kulit tubuh dapat menyerang siapa saja, tidak terkecuali orang dewasa. Kemudian, ada pula infeksi pada selangkangan, kaki atlet, infeksi kuku, dan kurang yang menyerang area janggut.

Baca juga: 4 Cara Penularan Kutil yang Wajib Diwaspadai

Salah satu hal yang menjadi penyebab seseorang mengalami kurap adalah ia memiliki faktor risiko kurap. Orang yang memiliki faktor risiko kurap akan mudah mengalami kurap. Karena itu, bagi kamu yang memiliki faktor tersebut, sebaiknya berwaspada dengan penyakit kurap. Berikut ini faktor risiko tersebut:

1. Anak-Anak

Anak-anak yang memiliki sistem imun belum terbentuk dengan sempurna akan lebih mudah mengalami penyakit ini, sehingga rentan untuk terserang gangguan akibat infeksi dari jamur ini. Bukan hanya itu, anak-anak juga suka bermain tanah, sedangkan kurap dapat menular melalui media tanah.

2. Manula

Orang yang sudah lanjut usia juga akan lebih mudah mengalami penyakit kulit ini. Alasannya adalah mereka sistem kekebalan tubuhnya sudah menurun. Sistem kekebalan tubuh yang prima pada anak-anak remaja sehingga anak remaja akan jarang terkena penyakit. Tidak hanya kurap saja, lansia pun mudah terkena jenis penyakit-penyakit saraf.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Kutil Di Tubuh

3. Pernah Mengalami Infeksi Jamur

Seseorang yang sudah pernah mengalami dan memiliki infeksi jamur sebelumnya termasuk dalam orang yang rentan untuk mengalami kurap. Ini dikarenakan jaringan kulit yang pernah terinfeksi akan mudah terinfeksi kembali dengan hal serupa.

Lalu, apabila kamu mempunyai pertanyaan tentang penyakit ini, segera komunikasikan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran pengobatan yang tepat. Kamu dapat memanfaatkan fitur Chat atau Voice/Video Call, kapan dan di mana saja hanya dengan download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store. Unduh sekarang juga!

4. Lupus

Kelainan genetika seperti lupus akan memudahkan seseorang mengalami penyakit kulit. Pasalnya, pengidap lupus memiliki kelainan sistem imun yang menjadikan pengidap lupus akan mudah mengalami penyakit kulit. Selama ini lupus belum dapat diobati dan akan bertambah parah apabila tidak dilakukan pengobatan.

5. HIV/ AIDS

Seseorang yang mengalami HIV/ AIDS pun akan lebih mudah mengalami penyakit kurap dan penyakit lainnya. Penyebabnya karena orang yang mengalami HIV tidak memiliki sistem imun, sehingga tubuhnya akan mudah mengalami penyakit menular. Kurap pada pengidap HIV tidak dapat disembuhkan, bahkan dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius. Berdekatan dengan orang yang mengalami penyakit menular pun menjadi pantangan bagi pengidap AIDS yang harus dihindari.

Baca juga: 5 Jenis Penyakit Kutil yang Harus Diketahui

Sekarang kamu tahu alasan kenapa seseorang dengan obesitas lebih rentan untuk mengalami kurap dibandingkan yang lainnya. Maka dari itu, jika kamu memiliki berat badan yang berlebih, ada baiknya rutin menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari dan mengganti pakaian dalam saat dirasa berkeringat agar menurunkan risiko terserang kurap.


Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. What Is Ringworm? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention.
Skin Sight. Diakses pada 2021. Skin Problems Related to Obesity.



Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan