21 October 2018

5 Cara Hilangkan Kutil di Tubuh

5 Cara Hilangkan Kutil di Tubuh

Halodoc, Jakarta –  Kutil termasuk tumor jinak yang disebabkan oleh Human papilloma virus (HPV). Virus ini bisa menginfeksi lapisan atas kulit dan pertumbuhannya cenderung cepat. Kamu Bentuk kutil umumnya menonjol ke atas seperti bulatan yang memiliki permukaan kasar. Selain menyerupai bulatan kasar, ada juga yang tampak memanjang dan tipis. Kutils bisa berkembang di telapak kaki yang berlubang di tengah yang sekitarnya dikelilingi kulit yang mengeras.

Mengapa Kutil Bisa Tumbuh?

Kutil bisa menular jika kamu bersentuhan langsung dengan kulit pengidap atau menyentuh benda yang terkontaminasi virus HPV. Meski begitu, tidak semua orang yang bersentuhan dengan virus HPV akan menyebabkan gejala kutil. Hal ini tergantung dengan daya tahan tubuh seseorang. Itu mengapa orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah lebih rentan terinfeksi virus HPV penyebab kutil.

Cara Menghilangkan Kutil di Tubuh

Berikut lima cara menghilangkan kutil di tubuh yang bisa dicoba:

1. Mengoleskan Cuka Apel

Mengoleskan cuka apel dipercaya bisa menghilangkan kutil di tubuh. Cuka apel mengandung zat asam yang bisa membunuh beberapa jenis bakteri dan virus penyebab kutil. Kamu bisa menerapkannya dengan mencelupkan cotton bud ke wadah yang telah diisi cuka apel, lalu tempelkan cotton bud di area kulit yang ditumbuhi kutil semalaman dan lepaskan keesokan paginya. Lakukan cara ini setiap malam agar hasilnya optimal.

2. Menggunakan Minyak Kastor dan Baking Powder

Kamu juga bisa menghilangkan kutil dengan menggunakan minyak kastor (minyak jarak) dan baking powder. Caranya dengan mengoleskan campuran minyak kastor dan baking powder dengan kapas atau cotton bud pada kutil. Setelah itu, tutup dengan plester selama semalam. Lalu saat dipagi hari, kamu perlu menggantinya dengan yang baru. Dua bahan ini bisa membuat kutil terkelupas. Cara menghilangkan kutil ini lebih ampuh untuk menangani kutil yang berbentuk datar di wajah dan punggung tangan.

3. Mengoleskan Vitamin C

Cara menghilangkan kutil ini bisa dilakukan dengan menghancurkan tablet vitamin C, lalu campurkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Campuran tersebut tinggal kamu oleskan pada kutil, kemudian tutup dengan plester. Lepaskan plester di malam hari untuk membiarkannya terkena udara. Lakukan cara ini selama beberapa hari.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kamu bisa mencegah kutil agar tidak tumbuh kembali dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya dengan mengonsumsi bahan makanan tertentu, seperti bawang putih, jahe, kacang almond, kerang, kiwi, pepaya atau yogurt.

Selain cara menghilangkan kutil di atas, kamu juga perlu tahu cara menghindari penyebaran kutil pada orang lain. Beberapa caranya adalah dengan mencuci tangan secara teratur, gunakan sandal saat berada di tempat umum dan jangan menyentuh kutil karena sangat rentan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Kutil bisa menyebar melalui aktivitas seksual maupun luka yang terbuka.

Jika lima cara di atas tidak berhasil menghilangkan kutil di tubuh, segeralah berbicara pada dokter Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca Juga: