4 Cara Penularan Kutil yang Perlu Diwaspadai

4 Cara Penularan Kutil yang Perlu Diwaspadai

Halodoc​, Jakarta – ​Kutil adalah jenis tumor jinak yang tumbuh di lapisan atas kulit. Penyakit kulit ini muncul karena infeksi ​human papilloma virus (HPV). Kutil biasanya tidak berbahaya dan tidak menyakitkan. Namun, kutil bisa membuat tidak nyaman apabila tumbuh pada bagian tubuh yang sering digunakan (seperti tangan dan kaki).

Berikut Jenis Kutil yang Perlu Diketahui

  • Kutil normal​. Biasa muncul di jari tangan, wajah, lutut, hingga siku.

  • Kutil datar​. Kutil ini berkelompok dengan bintik halus berwarna kuning dan kecokelatan.

  • Kutil periungual​. Sering tumbuh di kuku tangan dan kaki.

  • Kutil filiformis. ​Bentuknya memanjang dan bertekstur menonjol ke luar kulit. Kutil ini biasa tumbuh di wajah, leher, mata, dan ketiak

  • Kutil mosaik. ​Berupa plak besar yang terbentuk dari beberapa kumpulan kutil.

  • Kutil genitalis. Kutil yang menular lewat aktivitas seksual tidak aman, seperti kebiasaan berganti-ganti pasangan atau berhubungan intim tanpa kondom.

  • Kutil pipih. ​Berbentuk pipih dan datar serta berwarna kuning kecokelatan. Kutil ini sering terjadi pada anak-anak dan biasanya tumbuh di sekitar lengan dan area wajah.

Baca Juga: ​Daging Tumbuh di Kulit Bisa Jadi Pertanda Kanker

Begini Cara Penularan Kutil yang Perlu Diwaspadai

  1. Melalui Orang yang Terinfeksi

Sistem kekebalan tubuh berperan penting dalam proses penularan kutil. Pasalnya, kekebalan tubuh tiap orang berbeda sehingga respons tubuh terhadap infeksi virus HPV juga berbeda. Ini berarti kamu mungkin tertular kutil jika melakukan kontak fisik dengan pengidap, atau mungkin juga tidak. Lamanya waktu penularan juga berbeda-beda pada tiap orang.

  1. Menyentuh Luka Kutil

Kutil yang tumbuh bisa pecah dan terluka. Jika ini terjadi, kamu berpotensi tertular saat bersentuhan langsung dengan pengidap. Cara penularan ini sering terjadi pada anak-anak karena keaktifannya membuat kutil rentan tergores atau terluka.

Baca Juga: Awas, Jangan Sampai Ketularan Kutil Kelamin Karena Hubungan Seks

  1. Melalui Kontak Seksual

Jenis HPV yang menyebabkan kutil kelamin menyebar lewat kontak seksual. Kontak seksual ini berupa seks vaginal, anal, atau oral dengan pengidap kutil kelamin. Virus ini berbeda dari jenis HPV lain. Kamu tidak akan tertular kutil kelamin hanya dengan menyentuhkan kutil yang ada di tangan ke area kelamin, kecuali kamu berhubungan intim dengan pengidap kutil kelamin.

  1. Berbagi Barang dengan Pengidap Kutil

Kamu bisa tertular kutil jika berbagi barang pribadi seperti handuk atau pisau cukur. Penularan kutil juga bisa terjadi lewat permukaan basah, seperti area kolam renang dan kamar mandi umum.

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Kutil di Tubuh

Itulah cara penularan kutil yang perlu diwaspadai. Apakah kamu masih penasaran dan ingin tahu lebih dalam tentang penularan kutil? Kamu bisa lho bertanya langsung dengan dokter ahli kulit di Halodoc. Gunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!