• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perbanyak Makan Buah untuk Cegah Sakit Kepala

Perbanyak Makan Buah untuk Cegah Sakit Kepala

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Sakit kepala memang tidak bisa diprediksi kapan datangnya, bisa saja menyerang di pagi hari ketika kamu bangun tidur, saat sedang bekerja, sedang beristirahat, atau bahkan saat bersantai di malam hari. Pastinya, kehadiran sakit kepala tidak membawa dampak baik, melainkan membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Sering terjadi, sakit kepala muncul dengan diikuti rasa mual dan ingin muntah. Sudah pasti, minum obat bisa membantu mempercepat redanya sakit kepala. Namun, apakah harus selalu minum obat untuk mengatasi datangnya penyakit ini? Adakah cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit kepala? 

Buah untuk Atasi Sakit Kepala

Dilansir dari Cleveland Clinic, ada banyak makanan dan minuman yang bisa menjadi pemicu sakit kepala. Setiap orang juga memiliki pemicu yang berbeda-beda. Umumnya, makanan dan minuman tersebut seperti alkohol, minuman berkafein, makanan yang aromanya kuat, dan makanan asin. Memahami makanan dan minuman apa saja yang menjadi pemicu sakit kepala, dapat menjadi awal yang baik untuk mencegah kambuhnya penyakit ini.

Baca juga: Kepala Sering Pusing? Lakukan 6 Cara Ini untuk Mengatasinya

Nah, cara terbaik juga untuk mencegah sakit kepala adalah mengonsumsi buah. Jadi, kamu tidak perlu lagi bergantung pada obat-obatan ketika sakit kepala menyerang. Lalu, buah apa saja yang efektif untuk meredakan sakit kepala? Berikut di antaranya:

  • Semangka

Dehidrasi memicu rasa sakit pada kepala yang membuat kamu menjadi tidak nyaman. Jadi, mengonsumsi buah yang memiliki kadar air tinggi bisa membantu meredakannya, sekaligus memenuhi asupan air pada tubuh. Salah satu pilihannya adalah semangka. Tidak hanya kaya kandungan air, semangka juga memiliki kandungan nutrisi baik untuk tubuh, misalnya magnesium. Rekomendasi buah kaya air lainnya adalah tomat dan melon. 

  • Ceri

Buah untuk atasi sakit kepala lainnya adalah ceri, buah kecil berwarna merah dengan rasa yang manis. Buah ini memiliki kandungan senyawa melatonin yang berperan aktif sebagai antioksidan, sehingga mencegah masuknya enzim peradangan yang menjadi penyebab utama munculnya rasa sakit di kepala. Kalau kamu tidak suka mengonsumsinya secara langsung, kamu bisa mengolahnya menjadi jus. 

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Dapat Mencegah Sakit Kepala Tegang

  • Pisang

Pisang tentu mudah ditemukan dan jenisnya beragam. Tahukah kamu kalau buah satu ini kaya kandungan kalium yang baik sebagai pengontrol kadar gula darah di dalam tubuh? Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa memicu munculnya sakit kepala. Nah, mengonsumsi pisang dalam porsi yang cukup bisa membantu menyeimbangkannya kembali, sehingga rasa sakit kepala pun bisa dikurangi. 

  • Alpukat

Tidak hanya kadar gula darah, tekanan darah tinggi pun dapat mengakibatkan sakit kepala. Namun, sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir, karena ini bisa diredakan dengan mengonsumsi buah alpukat. Buah ini mengandung lemak baik yang membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Jadi, jangan takut gemuk kalau mengonsumsi buah ini, karena buah ini baik untuk kesehatan. 

Baca juga: 7 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Pengidap Migrain

Itu beberapa jenis buah yang mampu mencegah sakit kepala. Kalau masih tidak berkurang, kamu bisa langsung bertanya pada dokter, sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Gunakan aplikasi Halodoc, sehingga tanya jawab dengan dokter bisa dilakukan kapan saja tanpa harus bertatap muka secara langsung. 

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Headaches and Food.
Woman’s Day. Diakses pada 2020. 9 Foods that Can Help Soothe a Headache.
Healthline. Diakses pada 2020. What Foods Can You Eat to Prevent Migraines?