3 Buah yang Ampuh Mengatasi Sakit Kepala

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
3 Buah yang Ampuh Mengatasi Sakit Kepala

Halodoc, Jakarta - Sakit kepala adalah salah satu keluhan medis yang paling umum terjadi. Kebanyakan orang mengalami gangguan tersebut beberapa kali dalam hidupnya. Sakit kepala dapat memengaruhi siapa saja, tanpa memandang usia, ras, dan jenis kelamin.

Disebutkan bahwa hampir setengah dari semua orang dewasa di seluruh dunia akan mengalami sakit kepala dalam momen tertentu dalam satu tahun. Sakit kepala bisa menjadi tanda stres, tekanan emosional, atau disebabkan oleh kelainan medis seperti migrain atau tekanan darah tinggi, kecemasan, atau depresi.

Sakit kepala yang terjadi dapat menyebabkan masalah lain. Seseorang yang mengalami sakit kepala migrain kronis, misalnya, mungkin merasa sulit untuk menghadiri pekerjaan atau sekolah secara teratur. Maka dari itu, orang tersebut harus meminum obat dan jika bertambah parah harus menemui dokter.

Baca Juga : 4 Kebiasaan yang Dapat Mencegah Sakit Kepala Tegang

Penyebab Sakit Kepala

Rasa sakit yang timbul disebabkan oleh sakit kepala berasal dari campuran sinyal antara otak, pembuluh darah, dan saraf di dekatnya. Saraf khusus di pembuluh darah dan otot kepala seseorang hidup dan mengirim sinyal rasa sakit ke otak. Namun, tidak jelas cara sinyal-sinyal ini diaktifkan pada awalnya.

Penyebab umum sakit kepala termasuk:

  1. Penyakit Lainnya

Hal ini bisa termasuk infeksi, pilek, dan demam. Sakit kepala juga sering terjadi pada kondisi seperti sinusitis, infeksi tenggorokan, atau infeksi telinga. Dalam beberapa kasus, sakit kepala dapat disebabkan oleh pukulan ke kepala atau tanda masalah medis yang lebih serius.

  1. Perasaan Stres

Sakit kepala dapat disebabkan oleh stres dan depresi emosional serta penggunaan alkohol, melewatkan makan, perubahan pola tidur, dan terlalu banyak minum obat. Penyebab lain dari hal tersebut termasuk ketegangan leher atau punggung karena postur yang buruk.

  1. Faktor Lingkungan

Beberapa hal dapat membuat kamu sakit kepala, termasuk asap tembakau bekas, bau yang kuat dari bahan kimia rumah tangga atau parfum, alergen, dan makanan tertentu. Stres, polusi, kebisingan, pencahayaan, dan perubahan cuaca adalah pemicu lain yang mungkin.

Baca Juga : Kepala Sering Pusing? Lakukan 6 Cara Ini untuk Mengatasinya

Buah yang Ampuh Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala yang menyerang terkadang dapat tidak tertahankan. Maka dari itu, terdapat beberapa buah yang dapat ampuh untuk mengatasi sakit kepala yang terjadi, yaitu:

  1. Melon

Melon dapat menjadi salah satu buah untuk menghentikan sakit kepala. Pasalnya, buah ini mengandung air dan kalium yang tinggi, sehingga dapat mengurangi kelebihan natrium dan dehidrasi di dalam tubuh. Satu buah melon ukuran sedang juga dapat memenuhi 16 persen asupan cairan harian kamu.

Disebutkan juga bahwa buah tersebut dapat membantu menstabilkan kadar insulin. Karena gula darah rendah adalah pemicu sakit kepala, lebih banyak magnesium dapat membantu mengatur kadar gula darah kamu dan mengurangi sakit kepala yang terjadi.

  1. Ceri

Ceri juga termasuk buah yang dapat mencegah terjadinya sakit kepala pada seseorang. Buah tersebut mengandung cairan yang dapat mengatasi dehidrasi. Selain itu, senyawa dalam buah tersebut dapat berubah oksida nitrat dalam darah, yang dapat melindungi kepala dari sakit kepala dan migrain.

  1. Semangka

Sama seperti sebelumnya, semangka mengandung banyak cairan yang dapat mengatasi dehidrasi dalam tubuh. Air di dalam buah tersebut mengandung mineral penting, seperti magnesium yang dapat mencegah terjadinya sakit kepala. Kamu dapat memakan langsung buah ini atau diolah sesuai selera kamu.

Baca Juga : 7 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Pengidap Migrain

Itulah beberapa buah yang dapat mengatasi sakit kepala yang menyerang kamu. Jika kamu mengalami sakit kepala tidak tertahankan, kamu dapat membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Caranya hanya cukup untuk download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!