Kepala Sering Pusing? Lakukan 7 Cara Ini untuk Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kepala Sering Pusing? Lakukan 7 Cara Ini untuk Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Berbicara pusing, pastinya membicarakan berbagai macam kondisi kesehatan. Mulai dari flu, migrain, vertigo, gangguan saraf, stres, atau kondisi lainnya yang bisa menyebabkan pusing.

Pusing yang terjadi sesekali saja sudah mengganggu, apalagi bila kondisi ini sering terjadi. Pastinya, akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat pengidap menjadi tidak nyaman.

Pusing memang tidak selalu menandakan kondisi serius, tapi bukan berarti boleh dihiraukan. Pusing yang sering kambuh juga dapat dipicu dari pola tidur yang tidak cukup dan tingkat stres yang tinggi. Nah, perubahan pola hidup tersebut dapat membantu mengurangi gejala yang ada, seperti yang diungkapkan dalam jurnal dari Therapeutic Advances in Chronic Disease.

Lalu, bagaimana sih cara mengatasi pusing ketika menyerang?

Baca juga: 5 Fakta Tentang Migraine Bikin Pusing

  1. Cukupi Cairan Tubuh

Ingat, seperti tubuh terdiri dari cairan, oleh sebab itu sudah semestinya kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi. Di samping itu, kepala sering pusing juga bisa dikarenakan kekurangan cairan. Dehidrasi bisa memperparah kondisi kepala sering pusing. Nah, coba untuk meningkatkan asupan cairan agar terhindar dari kondisi ini.

2. Berbaring Santai

Ketika merasakan pusing saat berdiri, cobalah berbaring sejenak. Berbaring atau tiduran dapat mendorong aliran darah ke otak dan mengurangi penekanan di kaki. Selain itu, hentikan aktivitas yang dilakukan, lalu ambil napas dengan tenang, dan rilekskan pikiran. Bila kepala sering pusing karena vertigo, cobalah pejamkan mata sambil duduk atau berbaring.

  1. Kurangi Asupan Kafein, Garam, dan Alkohol

Ketiga hal di atas bisa membuat pusing semakin memburuk. Kafein, garam, dan alkohol bersifat diuretik (meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil). Nah, kondisi ini yang membuat tubuh makin banyak kehilangan cairan tubuh sehingga membuat pusing makin memburuk.

Tidak cuma asupan minuman itu saja yang harus dikurangi. Seseorang yang sering mengalami pusing juga tidak disarankan untuk merokok. Zat-zat di dalam rokok dapat memperburuk kondisi pusing yang sedang dialami.

Baca juga: Kenalan dengan Cluster Headache yang Sakitnya Menyiksa

  1. Ganti Atau Hentikan Obat

Tidak menutup kemungkinan, rasa pusing yang dialami berkaitan dengan konsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Andaikan kondisi ini terjadi, coba tanyakan pada dokter yang meresepkan obat tersebut. Tanyakan pada dokter mengenai penurunan dosis atau harus menghentikan konsumsi obat tersebut.

  1. Makanan Sehat Penambah Energi

Kepala sering pusing bisa disebabkan oleh rendahnya kadar gula dalam darah. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang melewatkan waktu makan. Oleh sebab itu, coba untuk konsumsi camilan sehat untuk menambah energi dan gula darah. Mengonsumsi pisang atau cokelat meningkatkan kadar gula darah, sehingga membantu meredakan pusing.

  1. Penuhi Waktu Tidur

Jangan heran bila kepala sering tidur kalau waktu tidur yang cukup tidak terpenuhi. Selain menyebabkan kepala pusing, kurang tidur memicu masalah lainnya. Mulai dari sistem imun yang melemah, kesulitan mengatur emosi, hingga menurunnya kualitas hidup.

Ketika pusing menyerang, coba ambil waktu untuk beristirahat sejenak. Cara ini membantu untuk meredakan rasa pusing yang menyerang. Hal yang paling penting, upayakan untuk selalu memenuhi waktu tidur 6-8 jam perharinya.

Baca juga: Cari Tahu Kata Dokter Soal Pusing setelah Gempa

  1. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga menyimpan banyak keistimewaan bagi tubuh. Aktivitas fisik ini dapat meningkatkan sistem imun, memperlancar aliran darah, hingga membuat tubuh lebih rileks. Nah, hal ini yang mampu meminimalkan risiko terserang penyakit yang bisa memunculkan gejala seperti pusing atau sakit kepala.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba cara mengatasi pusing seperti hal-hal di atas? Hal yang mesti digarisbawahi, andaikan pusing tidak kunjung mereda, atau bahkan disertai rasa lemas dan keluhan lainnya, segera temui dokter. Pasalnya, bisa saja kondisi tersebut menjadi tanda penyakit-penyakit tertentu.

Masih punya banyak pertanyaan seputar kepala pusing? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter ahli, kapan saja dan di mana saja.

 

Referensi:
MedlinePlus. Diakses pada November 2019. Dizziness and Vertigo.

Therapeutic Advances in Chronic Disease. Diakses pada Desember 2019. Treatment of Chronic Migraine.

Web MD. Diakses pada November 2019. Dizziness Treatment.