09 November 2018

Kepala Sering Pusing? Lakukan 6 Cara Ini untuk Mengatasinya

Kepala Sering Pusing? Lakukan 6 Cara Ini untuk Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Pusing adalah perasaan tidak seimbang yang dapat memengaruhi organ sensorik, khususnya mata dan telinga sehingga kadang-kadang dapat menyebabkan pingsan. Tidak selamanya pusing menyebabkan penyakit berbahaya serius.

Penyebab pusing yang umum termasuk migrain, konsumsi obat-obatan, alkohol, masalah di telinga bagian dalam, dan stres, termasuk mengubah posisi terlalu cepat seperti duduk di tempat tidur setelah berbaring.

Seringkali kamu langsung mengonsumsi obat pereda rasa sakit saat mengalami pusing. Padahal, ada beberapa hal alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pusing.

  1. Berbaring Santai

Ketika kamu merasakan pusing saat berdiri, hal yang bisa kamu lakukan pertama kali untuk meredakannya adalah dengan berbaring. Tiduran dapat mendorong aliran darah ke otak dan mengurangi penekanan di kaki. Cobalah untuk menghentikan aktivitas yang dilakukan serta mengambil napas dengan tenang dan merilekskan pikiran.

  1. Minum Air Hangat

Terkadang pada situasi tertentu rasa pusing bisa dipicu oleh dehidrasi di mana tubuh kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, segera cukupkan kebutuhan cairanmu dengan mengonsumsi air putih. Seringnya mengonsumsi air putih tidak langsung meredakan sakit kepala, cobalah untuk menenggak segelas air putih hangat sekaligus. Sensasi hangat tidak hanya menghangatkan tubuh, tetapi juga memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh termasuk otak.

  1. Perbaiki Jam Tidur

Ada kalanya kamu merasakan pusing karena tidak memiliki durasi dan waktu tidur yang berkualitas. Cobalah untuk memperbaiki jam tidurmu supaya terhindar dari sensasi pusing. Waktu tidur malam yang ideal adalah delapan jam. Hindari begadang dan tidur tengah malam. Apalagi kalau aktivitasmu di pagi dan siangnya sudah sangat padat. Kamu perlu tidur untuk mengembalikan vitalitas tubuh. Istirahat yang kurang bisa menciptakan sensasi pusing.

  1. Makan Pisang

Coba cek apakah kamu baru saja melewatkan sarapan atau makan siang? Ternyata, tidak makan tepat waktu juga bisa menyebabkan pusing. Apalagi setelah seharian melakukan aktivitas, kamu membutuhkan energi pengganti yang diperoleh dari makanan. Pusing juga bisa diakibatkan kadar glukosa dalam darahmu rendah. Mengonsumsi pisang atau cokelat bisa jadi sumber energi instan yang dapat membantu kamu meredakan pusing.

  1. Menekan Pangkal Jari dan Bahu

Terlalu lelah, stres, dan tekanan pikiran dapat membuatmu merasakan pusing. Untuk meredakannya, kamu perlu melancarkan aliran darah di titik-titik yang kerap mengalami ketegangan. Cara sederhananya adalah dengan menekan pangkal antara jempol dan jari telunjuk secara intens serta memijat bahu dengan menekankan jempol dan telunjuk secara serentak. Dua hal ini dapat membantu menghilangkan pusing.

  1. Olahraga

Terlalu sering pusing bisa jadi indikasi kalau kondisi tubuhmu sedang tidak fit. Apakah itu peredaran darah yang tidak lancar, stres, obesitas, serta kondisi kesehatan lainnya. Karenanya,  kamu dapat menjadikan olahraga sebagai aktivitas rutin. Olahraga dapat memperlancar aliran darah, meningkatkan imun tubuh, serta sebagai sarana relaksasi alami yang membuatmu lebih rileks dan tidak mudah stres. Olahraga juga dapat membantumu menurunkan berat badan, sehingga terhindar dari obesitas.

Masih punya banyak pertanyaan seputar kepala sering pusing dan cara mengatasinya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: