• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Efektif Fisioterapi untuk Tangani Ankylosing Spondylitis?

Seberapa Efektif Fisioterapi untuk Tangani Ankylosing Spondylitis?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Pernah dengar penyakit ankylosing spondylitis sebelumnya? Penyakit ini terjadi akibat peradangan yang dari waktu ke waktu menyebabkan beberapa tulang kecil di tulang belakang (vertebra) seseorang melebur. Peradangan ini membuat tulang belakang jadi kurang lentur dan menyebabkan postur membungkuk ke depan. Jika peradangan mengenai tulang iga, maka seseorang akan kesulitan untuk bisa bernapas dalam-dalam.

Sayangnya, tidak ada obat untuk mengatasi ankylosing spondylitis, tetapi perawatan tertentu seperti fisioterapi dinilai mampu mengurangi gejala dan mungkin memperlambat perkembangan penyakit ini.

Baca juga: 5 Gangguan Kesehatan yang Diatasi dengan Fisioterapi

Benarkah Fisioterapi Efektif?

Untuk mencari tahu jawabannya, para ilmuwan yang bekerja dengan Cochrane Musculoskeletal Group menemukan dan menganalisis 11 studi yang menguji lebih dari 700 orang yang mengidap ankylosing spondylitis. Studi ini membandingkan orang yang melakukan latihan di rumah, pergi ke program latihan kelompok, pergi ke spa atau balneotherapy, melakukan program latihan yang berbeda atau tidak memiliki terapi sama sekali. 

Ankylosing spondylitis merupakan jenis artritis yang paling khas mempengaruhi sendi dan ligamen tulang belakang, dan menghasilkan berbagai tingkat rasa sakit, kekakuan dan kecacatan. Melalui fisioterapi, seseorang mendapatkan perawatan penting untuk mempertahankan atau meningkatkan gerakan tulang belakang, meningkatkan kebugaran, dan mengurangi rasa sakit.

Empat studi membandingkan pasien yang melakukan terapi dan yang tidak melakukannya sama sekali. Mereka menemukan bahwa program latihan individu yang diawasi oleh tenaga medis telah meningkatkan gerakan tulang belakang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukan terapi. Program latihan ini dilakukan selama dua hingga enam bulan.

Senada dengan temuan ini, penelitian yang dipublikasikan Rheumatology Network juga menyebutkan, fisioterapi atau program latihan rawat jalan yang diawasi oleh tenaga medis telah terbukti mengurangi beban rasa sakit dan kekakuan akibat penyakit ini. Sementara mereka yang tidak melakukan fisioterapi kerap mengeluhkan rasa sakit dan depresi psikologis. Ahli reumatologi juga menganggap bahwa olahraga teratur adalah kunci utama dalam mengatasi ankylosing spondyloarthritis.

Bukti terbaru juga menunjukkan bahwa fisioterapi yang dimulai sejak awal juga bermanfaat untuk spondilitis ankylosing dan spondyloarthritis aksial non-radiografi. Sementara itu, olahraga akan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.  

Baca juga: Harus Tahu, Ini Jenis-Jenis Perawatan dalam Fisioterapi

Tanpa Perawatan, Ankylosing Spondylitis Bisa Picu Komplikasi

Pada spondilitis ankilosa yang parah, tulang baru akan terbentuk sebagai bagian dari upaya tubuh untuk sembuh. Tulang baru ini secara bertahap menjembatani celah antara vertebra dan akhirnya menggabungkan bagian vertebra. Bagian-bagian tulang belakang menjadi kaku dan tidak fleksibel. Fusion juga dapat membuat tulang rusuk menjadi kaku, sehingga membatasi kapasitas dan fungsi paru-paru.

Ada beberapa komplikasi lain yang perlu kamu pahami, yaitu: 

  • Fraktur Kompresi. Tulang beberapa orang menipis pada tahap awal ankylosing spondylitis. Vertebra yang melemah bisa hancur dan kemudian meningkatkan keparahan postur bungkuk. Patah tulang belakang ini menekan dan melukai sumsum tulang belakang dan saraf yang melewati tulang belakang.

  • Masalah Jantung. Ankylosing spondylitis juga bisa menyebabkan masalah dengan aorta, arteri terbesar di tubuh manusia. Aorta yang meradang dapat membesar ke titik yang mengubah bentuk katup aorta di jantung, yang merusak fungsinya.

Baca juga: Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Spondylosis

Itulah manfaat fisioterapi dan beberapa komplikasi berbahaya yang bisa terjadi akibat penyakit ankylosing spondylitis. Jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai penyakit ini, kamu bisa tanyakan pada dokter di Halodoc. Dokter akan siaga menjawab semua keluhan kesehatan kamu, kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Cochrane. Diakses pada 2020. Physiotherapy for Ankylosing Spondylitis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ankylosing Spondylitis.
Rheumatology Network. Diakses pada 2020. Physiotherapy Improves Outcomes in Ankylosing Spondylitis.