20 June 2018

5 Cara Alami Menghaluskan Kulit Kaki

cara alami menghaluskan kulit kaki, kesehatan kulit kaki, bahan alami untuk kesehatan kaki

Halodoc, Jakarta – Banyak aktivitas yang mengharuskan kita bergerak menggunakan kaki, sehingga kesehatan dan kecantikan bagian kaki juga perlu dirawat. Bagian kaki terkadang menjadi salah satu bagian tubuh yang sering terlewatkan, bahkan terkadang kulit bagian kaki menjadi kasar dan kapalan.

Namun jangan khawatir, karena banyak cara alami yang tentu bisa kamu gunakan untuk mengembalikan kulit kakimu agar menjadi halus dan terawat.

 

  • Minyak Zaitun

 

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang dikenal bisa membantu untuk menghaluskan kulit kaki yang kering dan kasar. Bila kamu tidak punya waktu untuk melakukan perawatan kaki di salon, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai alternatif untuk menghaluskan dan merawat kesehatan kulit kaki kamu. Kamu bisa memijat bagian kaki kamu dengan minyak zaitun pada malam hari. Selain itu, kamu juga bisa tambahkan gula putih pada minyak zaitun sebagai scrub untuk bagian kaki kamu yang terasa kasar dan kering.

(Baca juga: 5 Masalah Kulit yang Bisa Diatasi dengan Minyak Zaitun)

 

  • Mentimun

 

Mentimun merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Untuk urusan kecantikan, mentimun juga bisa menjadi salah satu obat alami untuk menjaga kecantikan tubuh. Salah satunya bisa digunakan untuk menghaluskan kaki. Kamu bisa haluskan mentimun terlebih dahulu, kemudian balurkan pada bagian kaki yang terasa kering dan kasar. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus rutin menggunakan masker mentimun ini.

 

  • Bubuk Kopi

 

Ampas kopi tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit wajah saja, nyatanya ampas kopi juga bisa digunakan sebagai scrub untuk menghaluskan bagian kaki kamu yang terasa kering dan kasar. Kandungan yang terdapat pada ampas kopi sangat aman untuk kulit. Selain bisa menghaluskan kulit kaki, ternyata ampas kopi juga bisa membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan juga melembapkan bagian kulit kaki.

Untuk membuat scrub ampas kopi, kamu bisa mencampur ampas kopi yang sudah kering dengan minyak zaitun atau baby oil. Oleskan scrub tersebut, kemudian diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk menggunakan losion agar kelembapannya tetap terjaga.

 

  • Jeruk Nipis atau Jeruk Lemon

 

Lemon atau jeruk nipis adalah salah satu buah-buahan yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi, jeruk nipis dan lemon bisa dijadikan sebagai salah satu bahan alami yang dapat menghaluskan area kulit pada bagian telapak kaki.

Caranya kamu bisa memotong jeruk nipis atau lemon menjadi dua bagian. Kemudian, oleskan jeruk nipis atau lemon pada bagian kaki kamu yang kering atau kasar. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas. Hindari dari area kulit yang terluka.

 

  • Minyak Kelapa

 

Minyak kelapa juga bisa menjadi bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghaluskan dan melembutkan bagian kaki kamu yang kering dan kasar. Komponen antimikroba dan jamurnya nyatanya bisa membuat kesehatan kamu terjaga dari jamur atau infeksi mikroba yang dapat membuat kaki kamu kasar dan kering. ‘

Kamu bisa rendam kaki kamu pada air hangat, kemudian bersihkan kaki kamu menggunakan batu apung. Setelah itu, balurkan bagian kaki kamu dengan minyak kelapa dan gunakan kaus kaki selama satu malam. Keesokan paginya, bersihkan kaki kamu dengan air hangat kembali. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

(Baca juga: 5 Cara Mudah Usir Kulit Kaki Kapalan)

Jika kamu mempunyai keluhan seputar kesehatan kaki, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!