• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Anak yang Biduran Tidak Boleh Mandi?

Benarkah Anak yang Biduran Tidak Boleh Mandi?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Anak yang Biduran Tidak Boleh Mandi?

Biduran perlu diatasi segera karena bisa membuat anak sangat tidak nyaman. Namun, mungkin ada orangtua yang bingung apakah anak yang biduran boleh mandi atau tidak, karena khawatir hal itu bisa memperburuk kondisi tersebut. Faktanya, anak biduran boleh mandi. Malah mandi dengan air dingin bisa membantu meredakan rasa gatal pada kulitnya.

Halodoc, Jakarta – Biduran atau urtikaria adalah munculnya bintik-bintik putih, merah muda, atau merah secara tiba-tiba pada kulit yang membentuk ruam yang sangat gatal. Kondisi ini bisa dialami anak-anak sebagai akibat reaksi alergi dari makanan atau obat-obatan tertentu.

Biduran bisa muncul di mana saja di tubuh anak dan bisa terlihat, seperti bintik-bintik kecil, bercak, atau benjolan besar yang menyambung. Meskipun biasanya tidak berbahaya, tetapi penyakit kulit ini bisa membuat anak merasa sangat tidak nyaman.

Itulah mengapa ibu perlu segera memberi pengobatan dan perawatan pada Si Kecil. Namun, mengobati biduran pada anak tidak boleh sembarangan agar kondisinya tidak semakin parah. Ada mitos yang beredar bahwa anak yang biduran tidak boleh dimandikan. Benarkah demikian? Simak faktanya di sini.

Baca juga: Ini Jenis-Jenis Biduran yang Perlu Diketahui

Ketahui Dulu Penyebabnya

Biduran berkembang ketika tubuh melepaskan histamin sebagai reaksi terhadap sesuatu seperti alergen, yaitu zat yang menyebabkan alergi. Histamin ini yang membuat pembuluh darah kecil di kulit bocor dan mengeluarkan cairan yang membentuk bercak merah di permukaan kulit. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Namun dalam kebanyakan kasus, penyebabnya tidak diketahui.

Biduran pada anak paling sering dikaitkan dengan reaksi alergi. Beberapa hal umum yang bisa menyebabkan alergi sehingga mengakibatkan anak biduran, antara lain:

  • Makanan, terutama kerang, kacang tanah, susu, dan buah;
  • Obat-obatan (antibiotik) dan suntikan alergi;
  • Hewan peliharaan;
  • Serbuk sari;
  • Gigitan dan sengatan serangga.

Namun terkadang, biduran pada anak tidak ada hubungannya dengan alergi. Penyebab lainnya, yaitu:

  • Infeksi, termasuk virus;
  • Olahraga;
  • Paparan sinar matahari;
  • Paparan dingin, seperti air dingin atau salju;
  • Kontak dengan bahan kimia;
  • Garukan (dermatografi);
  • Tekanan pada kulit, seperti duduk terlalu lama atau membawa ransel berat di atas bahu.

Baca juga: Biduran karena Udara Dingin, Dapatkah Disembuhkan?

Anak yang Biduran Boleh Mandi

Tidak ada larangan bagi anak yang biduran untuk mandi. Malah memandikan Si Kecil dengan air dingin, baik di bawah pancuran maupun di dalam bak mandi, bisa membantu meredakan rasa gatal dan perih pada kulitnya. Namun, perhatikanlah suhu airnya agar anak tidak terlalu kedinginan.

Selain mandi dengan air dingin, ibu juga bisa mengaplikasikan kompres dingin di area kulit anak yang terasa gatal untuk meredakannya. Menggunakan kipas angin untuk “meniup” kulit anak yang terasa gatal juga adalah cara lain yang bisa ibu lakukan untuk meredakan gejala biduran yang mengganggu tersebut. Namun, ingat, cegah Si Kecil untuk menggaruk kulitnya yang gatal karena hal itu bisa memperburuk kondisi biduran. Ibu juga bisa mengoleskan losion kalamin ke area kulit yang terpengaruh untuk meredakan rasa gatalnya.

Namun, bila biduran anak terasa sangat gatal, dokter bisa meresepkan obat antihistamin untuk memblokir pelepasan histamine dalam aliran darah dan mencegah kebocoran pembuluh darah. Ibu bisa memberikan obat antihistamin bila Si Kecil sudah berusia di atas 6 bulan. Nah, ibu bisa membeli obat yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah kulit anak melalui aplikasi Halodoc. Tinggal order saja dan pesanan ibu akan diantar dalam waktu satu jam.

Biduran ringan biasanya tidak memerlukan pengobatan dan bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, bila ibu mengetahui apa yang menjadi pemicu biduran pada anak, segera singkirkan pemicu tersebut. Usahakan juga agar anak tidak melakukan kontak dengan pemicu tersebut agar biduran tidak muncul kembali.

Baca juga: Berbagai Macam Obat Medis untuk Atasi Biduran pada Anak

Itulah penjelasan mengenai apakah anak biduran boleh mandi atau tidak. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan ibu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap untuk keluarga.

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2021. Hives (Urticaria).
Raising Children. Diakses pada 2021. Hives.