Ini Berbagai Manfaat Berenang Rutin untuk Kesehatan Pria

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Desember 2022

“Ada beberapa manfaat rutin berenang untuk kesehatan pria secara spesifik. Salah satunya adalah meningkatkan meningkatkan ketahanan tubuh atau endurance.”

Ini Berbagai Manfaat Berenang Rutin untuk Kesehatan PriaIni Berbagai Manfaat Berenang Rutin untuk Kesehatan Pria

Halodoc, Jakarta – Berenang merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak peminat. Selain dapat membantu membakar kalori, jenis olahraga ini memang dikenal baik untuk kesehatan jantung. Menariknya lagi, berenang juga diketahui dapat memiliki berbagai manfaat kesehatan. Khususnya pada pria dewasa, secara spesifik jika dilakukan secara rutin. Lantas, apa saja manfaat berenang rutin untuk kesehatan pria?

Manfaat Berenang Rutin untuk Kesehatan Pria

Berikut adalah beberapa manfaat rutin berenang untuk kesehatan pria: 

1. Meningkatkan ketahanan tubuh

Meningkatkan ketahanan tubuh

Ketahanan tubuh atau endurance merupakan hal penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Nah, berenang diketahui dapat meningkatkan ketahanan tubuh, sekaligus membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh. Selain menunjang kegiatan sehari-hari, kedua aspek tersebut tentunya juga penting ketika pria melakukan hubungan intim. 

2. Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskuler

Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular

Beberapa jenis olahraga kardio seperti berenang melibatkan paru-paru, jantung, dan sistem peredaran darah. Nah, studi berjudul Swimming and All-Cause Mortality Risk Compared With Running, Walking, and Sedentary Habits in Men Walking, and Sedentary Habits in Men menunjukkan hasil menarik. 

Merujuk pada studi ini, orang-orang yang rutin berenang memiliki tingkat mortalitas yang lebih rendah daripada mereka yang tidak banyak bergerak,  atau hanya berjalan kaki, dan berlari. Hasil tersebut juga didapatkan berdasarkan beberapa aspek medis para partisipan. Mulai dari usia, indeks massa tubuh, kebiasaan merokok, tingkat konsumsi alkohol, riwayat penyakit jantung atau hipertensi pada keluarga. 

Sementara itu, ada juga studi lain yang berjudul Effects of 8-week swimming training on carotid arterial stiffness and hemodynamics in young overweight adults. Studi ini menjelaskan kalau berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hasil ini didapat dari penelitian terhadap 15 laki-laki dewasa yang kelebihan berat badan  yang dilakukan selama delapan minggu pelatihan renang dan empat minggu detraining. 

3. Meningkatkan kualitas tidur

Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat berenang selanjutnya bagi kesehatan pria adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal ini berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada lansia dengan insomnia, para partisipan melaporkan peningkatan kualitas hidup dan tidur, setelah melakukan latihan aerobik secara teratur. 

Karena itu, tidak ada salahnya untuk rutin berenang. Nah, selain berenang, kamu juga dapat mencoba beberapa jenis olahraga aerobik lainnya. Salah satu olahraga yang disarankan adalah dengan bersepeda. 

4. Meningkatkan suasana hati

Meningkatkan suasana hati

Masih berhubungan dengan peningkatan kualitas tidur, berenang juga diyakini dapat meningkatkan suasana hati. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan dengan mengevaluasi sekelompok kecil pengidap demensia. Penelitian ini menunjukkan kalau ada peningkatan suasana hati setelah berpartisipasi dalam program akuatik selama 12 minggu. Artinya, berenang dan olahraga air lainnya tak hanya bermanfaat secara psikologis bagi pengidap demensia. Sebab, olahraga ini juga diklaim dapat meningkatkan suasana hati pada seseorang. 

5. Membantu mengelola stres 

Membantu mengelola stres

Stres merupakan kondisi yang lazim dialami oleh setiap orang. Namun, stres yang tak terkendali diketahui dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik guna mengurangi risiko dari dampak negatif yang dapat terjadi. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan melakukan aktivitas fisik seperti berenang. Sebab, berenang dapat melemaskan otot tubuh dan membuat badan lebih rileks. Hal ini tentunya dapat membuat stres bisa berkurang.

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari berenang untuk pria. Mulai dari meningkatkan ketahanan tubuh, meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskuler, hingga membantu mengelola stres. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga ini secara rutin. Selain itu, pastikan juga untuk senantiasa memeriksakan kondisi kesehatan sebagai penerapan pola hidup sehat. 

Nah, melalui aplikasi halodoc, kamu bisa membuat janji medis di rumah sakit untuk memeriksakan kondisi kesehatanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Are the Top 12 Benefits of Swimming?
Medical News Today. Diakses pada 2022. Physical and mental benefits of swimming. 
International Journal of Aquatic Research and Education. Diakses pada 2022. Swimming and All-Cause Mortality Risk Compared With Running, Walking, and Sedentary Habits in Men Walking, and Sedentary Habits in Men. 
NIH. Diakses pada 2022. Effects of 8-week swimming training on carotid arterial stiffness and hemodynamics in young overweight adults. 
NIH. Diakses pada 2022. Exploring the effect of aquatic exercise on behaviour and psychological well-being in people with moderate to severe dementia: a pilot study of the Watermemories Swimming Club. 
NIH. Diakses pada 2022. Aerobic exercise improves self-reported sleep and quality of life in older adults with insomnia. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan