Bersiap Arus Balik, Jaga Kesehatan Fisik dengan 5 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bersiap Arus Balik, Jaga Kesehatan Fisik dengan 5 Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Lebaran sudah usai, saatnya kembali mempersiapkan diri untuk melakukan sederetan rutinitas yang menanti. Sebelum memulainya, kamu akan berhadapan dengan arus balik yang identik dengan kepadatan lalu lintas yang berujung dengan kemacetan. Terlebih jika kamu memilih menggunakan kendaraan pribadi. Membayangkannya saja sudah pasti membuat stres.

Tentu saja, untuk bisa melewatinya, kamu harus memiliki kondisi fisik yang prima. Perjalanan yang melelahkan membuat tubuh menjadi pegal. Bisa-bisa, kamu justru jatuh sakit jika fisik tidak fit. Yuk, coba tips mudah menjaga kesehatan fisik saat arus balik berikut ini!

  • Pastikan Tubuh Beristirahat Cukup

Jangan abaikan istirahat, karena ini membantu memulihkan energi tubuh yang hilang saat beraktivitas. Tidur yang cukup sehari sebelum melakukan perjalanan. Saat dalam perjalanan, sempatkan untuk beristirahat setiap dua atau tiga jam sekali, meski hanya dengan peregangan tubuh untuk melemaskan kembali otot.

Baca juga: 6 Tips Mudik Sehat dan Selamat Sampai Tujuan

Kurang tidur hanya membuat kamu mudah lelah dan mengantuk selama perjalanan. Tidak hanya itu, konsentrasi juga mudah terganggu. Jika kamu memaksakan diri untuk tetap melakukan perjalanan ketika tubuh sedang kurang tidur, kecelakaan mungkin tidak bisa kamu hindari.

  • Bekali Diri dengan Obat Ringan

Menjaga kesehatan fisik saat arus balik tidak hanya berdampak pada tubuh, tetapi juga sisi psikologis diri. Tidak ada salahnya jika kamu membekali diri dengan obat ringan untuk berjaga-jaga. Bisa juga kamu membawa benda yang bisa membantu mengurangi kecemasan selama di perjalanan nantinya, semisal buku atau hal lain yang sesuai dengan hobimu.

  • Cek Kesehatan Tubuh Sebelum Berangkat

Jangan lupa, cek kesehatan tubuh sebelum kamu berangkat. Mungkin, kamu merasa sangat sehat, tetapi bisa saja hasil pemeriksaan tidak demikian. Jangan abaikan penyakit seperti batuk, pilek, atau flu, karena jelas bisa mengganggu perjalanan arus balik nantinya. Gejala sekecil apa pun, sebaiknya tidak kamu sepelekan.

Baca juga: Tidur Mangap Saat Mudik, Hati-Hati Tersedak

  • Bawa Bekal yang Sehat

Perbekalan juga perlu, karena kamu pasti akan merasa lapar dan haus di perjalanan. Ketika tidak puasa, rasa lapar hadir lebih kuat, maka sebaiknya kamu berjaga-jaga dengan membawa perbekalan sehat. Camilan ringan boleh kamu bawa, tetapi ingat untuk membawa potongan buah dan air yang cukup. Jika memungkinkan, asupan air ke tubuh harus tetap 8 gelas setiap harinya.

  • Hindari Kembali Masuk Kerja Terlalu Mepet

Tidak sedikit orang yang kembali ke kota rantau dan masuk kerja terlalu mepet dengan hari kepulangan, yang biasanya adalah puncak arus balik. Padahal, hal ini membuat tubuh dua kali lebih lelah, sehingga bekerja menjadi tidak maksimal. Bisa jadi, kamu mengalami gangguan psikologis seperti stres.

Baca juga: 5 Cara Agar Tetap Fit dan Sehat Saat Mudik

Sebaiknya, berikan jeda satu hari untuk kamu beristirahat sebelum kembali menjalani rutinitas. Kamu juga bisa sembari membersihkan rumah yang sudah lama ditinggal, sehingga waktu yang kamu miliki sekembalinya dari kampung halaman tidak terlalu sedikit.

Jangan lupa, konsumsi vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu. supaya lebih mudah, belinya lewat aplikasi Halodoc saja. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di ponsel untuk bisa membeli obat dan vitamin kapan saja dan di mana saja kamu berada. Coba sekarang, yuk!