6 Tips Mudik Sehat dan Selamat Sampai Tujuan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
6 Tips Mudik Sehat dan Selamat Sampai Tujuan

Halodoc, Jakarta – Perjalanan mudik yang panjang tak jarang membuat sebagian orang jatuh sakit. Beberapa penyakit yang rentan terjadi saat mudik adalah kelelahan, mabuk perjalanan, ISPA, sembelit, diare, dan flu. Keluhan umum lainnya adalah pegal dan nyeri tubuh. Nah, biar perjalanan mudik lancar dan kamu bisa Lebaran di kampung halaman dengan nyaman, ikuti tips mudik sehat berikut:

Tips Mudik Agar Tidak Cepat Lelah

Baca Juga: Perhatikan 6 Hal Ini Kalau Mudik dengan Transportasi Umum

1. Rencanakan Perjalanan

Rencanakan perjalanan mudik dengan matang, mulai dari kendaraan yang hendak digunakan, lama waktu perjalanan, akses jalan yang dilewati, obat-obatan, makanan, minuman, dan perlengkapan lain yang dibutuhkan selama merayakan Lebaran di kampung halaman. Hal ini bisa meminimalkan risiko terburuk yang mungkin terjadi saat perjalanan.

2. Jaga Stamina

Perhatikan stamina tubuh sebelum melakukan perjalanan jauh. Misalnya dengan konsumsi makanan sehat (terutama yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin C, dan zinc) saat sahur dan berbuka. Pastikan juga kamu tidur nyenyak minimal enam jam sebelum berangkat.

Baca Juga: Agar Enggak Kelelahan Setelah Mudik

3. Lakukan Perjalanan Malam

Selain terhindar dari paparan sinar UV matahari, saat melakukan perjalanan malam, kamu cenderung memiliki energi optimal karena baru saja berbuka. Keuntungan lainnya adalah kamu bisa segera makan dan minum tanpa harus khawatir batal puasa. Dengan begitu, kadar gula darah kembali normal dan lebih fokus selama di perjalanan.

4. Istirahat Saat Lelah

Jika mudik dengan kendaraan pribadi, sebaiknya segera beristirahat ketika merasa lelah. Pemerintah banyak menyediakan posko khusus yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat sejenak, selain rest area yang tersebar di area tol. Gunakan waktu setidaknya 15 menit untuk beristirahat. Jika memaksakan diri, kamu rentan mengalami kecelakaan di perjalanan.

5. Sediakan Bekal

Termasuk makanan dan air. Rasa haus dan lapar sering menyebabkan rasa kantuk dan mengganggu suasana hati, yang bisa berdampak negatif saat berkendara. Maka itu, kamu perlu menyediakan bekal makanan dan minuman selama di perjalanan karena tak jarang, kamu terpaksa harus berbuka di jalan akibat macet. Selain itu, air putih membantu meningkatkan konsentrasi saat membawa kendaraan.

6. Bawa Obat-Obatan Pribadi

Sediakan obat-obatan ringan, seperti obat anti mabuk perjalanan, obat flu, obat sakit kepala, obat anti masuk angin, dan obat lainnya selama di perjalanan. Kamu juga perlu membawa suplemen dan obat-obatan khusus jika mengidap penyakit tertentu. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan.

Bagi pemudik yang membawa bayi, sebaiknya periksakan kondisi bayi sebelum berangkat. Pastikan kondisi Si Kecil siap untuk melakukan perjalanan jauh. Bila perlu, minta saran dokter terkait obat yang harus dipersiapkan bagi Si Kecil.

Baca Juga: Mudik Lebaran Tiba, Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Ini

Itulah tips mudik yang bisa kamu coba agar tetap sehat dan fit saat tiba di kampung halaman. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah patuhi aturan lalu lintas dan bawa dokumen kendaraan lengkap bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi.

Jika kamu punya keluhan kesehatan mendadak saat di perjalanan, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!