Bikin Pusing, Begini Cara Cegah Vertigo Kambuh Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
cegah vertigo, mengatasi vertigo kambuh

Halodoc, Jakarta - Vertigo merupakan sebuah kumpulan dari gejala yang bisa terjadi secara tiba-tiba atau berlangsung dalam jangka waktu tertentu dalam satu waktu. Jadi, vertigo bukanlah suatu penyakit. Vertigo ini menyebabkan seseorang kehilangan keseimbangan, sehingga kesulitan berjalan, bahkan berdiri. Bagaimana jika kondisi ini terjadi saat sedang menjalani ibadah puasa? Begini cara pencegahannya!

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Dapat Menjadi Faktor Penyebab Vertigo

Apa Gejala yang Muncul pada Pengidap Vertigo?

Pusing dengan intensitas yang ringan sampai berat merupakan gejala umum yang muncul saat seseorang mengidap vertigo. Pengidapnya akan merasa sekelilingnya berputar, dengan begitu keseimbangan mereka otomatis akan hilang. Jika hal ini terjadi, pengidapnya akan merasa berkeringat, mual, bahkan muntah. Hal-hal tersebut tentu saja akan mengganggu pengidapnya dalam menjalani aktivitas harian, sebab gerakan kecil yang dibuat akan membuat sensasi rasa berputar.

Apa Penyebab Terjadinya Vertigo?

Vertigo bisa disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan, seperti:

  • Penyakit meniere, yaitu salah satu jenis gangguan pada telinga bagian dalam yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh. Pada kasus ini, pengidap akan kehilangan kemampuan mendengar, tinnitus atau telinga yang berdengung, dan terkadang adanya rasa nyeri akibat tekanan dari dalam telinga.

  • Positional Vertigo (BPPV) yang diduga terjadi akibat dari tindakan medis pada kepala yang pernah dijalani pengidap, dan adanya kristal alami tubuh yang masuk ke dalam telinga. Kristal ini lepas dari tempatnya dan masuk ke saluran semisirkular dan menyebabkan saluran ini lebih sensitif terhadap gerakan pada kepala. Nah, dari sinilah vertigo bisa muncul.

  • Migrain, yaitu sakit kepala sebelah yang tidak tertahankan. Migrain sendiri merupakan penyakit saraf yang bisa menimbulkan gejala seperti mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya.

  • Trauma di kepala yang biasanya terjadi karena benturan tiba-tiba pada kepala. Biasanya, penyebab umum terjadinya trauma adalah jatuh, dipukul, kecelakaan lalu lintas, atau kecelakaan saat berolahraga.

Vertigo bisa saja sembuh tanpa pengobatan apapun pada beberapa kasus yang terjadi. Namun, kamu akan membutuhkan obat-obatan untuk mengurangi rasa berputar, jika sakit kepala yang kamu rasakan sudah tidak tertahankan.

Baca juga: Terapi Vertigo Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Bikin Pusing, Begini Cara Cegah Vertigo Kambuh Saat Puasa

Vertigo kambuh saat sedang menjalani puasa? Kamu bisa melakukan beberapa langkah ini untuk membantu meringankan gejala sekaligus mencegah vertigo datang kembali.

  1. Kendalikan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, jika memiliki faktor risiko terkena stroke.

  2. Batasi asupan garam, jika kamu mengidap penyakit Meniere. Penyakit Meniere merupakan gangguan kronis yang biasa terjadi pada bagian dalam telinga. Kondisi ini biasanya hanya dialami pada satu telinga.

  3. Hindari terpapar asap rokok. Jika kamu merupakan seorang perokok aktif, maka segera berhenti merokok.

  4. Seimbangkan aktivitas antara bekerja, berolahraga, dan istirahat.

  5. Hindari gerakan yang tiba-tiba.

  6. Setelah bangun tidur, lebih baik duduk sebentar sebelum beranjak dari kasur.

  7. Tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari badan.

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

Jika kamu sudah melakukan langkah awal pencegahan tetapi vertigo kerap muncul dan hilang, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!