Pria, Ini 7 Tanda Testosteron Rendah. Kamu Termasuk?

Pria, Ini 7 Tanda Testosteron Rendah. Kamu Termasuk?
SEKS 08 November 2017

Halodoc, Jakarta – Testosteron adalah salah satu hormon yang penting bagi pria khususnya dalam menjaga gairah seksualitasnya. Tak ayal mereka pun sudah semestinya memperhatikan kadar testosteron seiring dengan berjalannya waktu. “Beberapa tahun belakangan ini memang semakin banyak pria yang sudah lanjut usia, membicarakan secara terbuka mengenai disfungsi ereksi yang dialaminya”, begitu kata seorang ahli endokrinologi yang dilansir dari WebMD. Mereka yang berusia lanjut pun datang untuk melakukan tes kadar testosteron tersebut. Ada beberapa hal yang mengganjal pada diri mereka, seperti merasakan lelah, tubuh yang tidak fit, adanya gangguan kesehatan mental yang bisa memengaruhi mood atau depresi dan bahkan mereka mengalami hilangnya dorongan seksual di kehidupan percintaan mereka.

Lalu apakah yang dimaksud dengan testosteron tersebut?. Testosteron merupakan suatu hormon yang diproduksi didalam tubuh seorang pria melalui alat vitalnya. Hormon testosteron sendiri tentunya dapat memengaruhi penampilan pria dan keperkasaannya. Produksi kadar hormon testosteron ini umumnya menurun seiring bertambahnya usia seseorang, lho. Sekitar 2 dari 10 pria dengan usia di atas 60 tahun, memiliki testosteron yang rendah dan meningkat hingga 3 dari 10 pria dengan rentan umur 70 tahun hingga 80 tahun, menurut asosiasi urologi di Amerika Serikat.

Cara mengetahui kadar testosteron seorang pria rendah adalah dengan memiliki diagnosis dibawah 300 ng/dl. Sementara angka normal dari testosteron sendiri biasanya diangka 300 hingga 1000 ng/dl. Melakukan tes darah pun merupakan cara lainnya untuk mengetahui kadar testosteron kamu.

Penyebab hormon testosteron rendah pun disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti pernah mengalami cedera pada alat vital, adanya gangguan hormonal, infeksi, HIV/AIDS, penyakit hati, terkena diabetes tipe 2 dan bahkan obesitas pada seseorang. Lalu apa saja sih gejala yang dialami pada pria saat kadar testosteronnya rendah? Berikut 7 tanda yang harus kamu perhatikan:

1.  Susah melakukan ereksi
Fungsi testosteron salah satu diantaranya yaitu untuk “merangsang” gairah bercinta seorang pria bahkan hingga membantu untuk mencapai terjadinya ereksi. Apabila testosteron terlalu rendah, maka yang akan terjadi adalah adanya kesulitan untuk mencapai ereksi atau bahkan bisa mengalami ereksi secara spontan pada saat tidur.

2.  Produksi air mani dibawah volume normal
Air mani atau biasa disebut dengan sperma, merupakan sel yang diproduksi oleh pria yang berguna untuk membuahi sel telur yang keluar bersamaan saat ejakulasi berlangsung. Sedangkan volume produksi sperma yang normal adalah dengan semakin tinggi kadar testosteron pria, maka semakin banyak pula sperma yang dihasilkan. Begitu pula sebaliknya dengan kadar testosteron yang rendah.

3.  Gairah bercinta mengalami penurunan
Tanda testosteron rendah yang ke tiga yaitu penurunan yang terjadi pada gairah seksual seorang pria pada pasangannya. Hormon testosteron sendiri mempunyai peran penting pada libido atau gairah seksual seorang pria. Waspadai, jika kamu mengalami penurunan minat seksual secara drastis. Tanyakan pada dokter ahli mengalami gejala seksual yang tidak pada umumnya.

4.  Kenaikan lemak pada tubuh
Pria yang mempunyai kadar testosteron rendah tentu akan mengalami kenaikan lemak tubuh karena adanya tidak seimbangnya testosteron dan estrogen pada pria.

5.  Perubahan mood secara drastis
Perubahan mood pun akan dialami dengan seseorang yang punya hormon testosteron rendah. Selain adanya perubahan pada mood, penelitian pun menunjukkan bahwa gejala lainnya yang dapat dialami yaitu dapat berupa depresi yang mendalam, mudah tersinggung dan susahnya dalam fokus pada suatu hal.

6.  Mudah lelah
Tanda lainnya yang dialami oleh pria bertestosteron rendah adalah adanya penurunan tingkat energi seseorang, sehingga membuat orang tersebut mudah lelah.

7.  Hilangnya massa otot
Otot merupakan salah satu aset yang dimiliki pria untuk menunjang penampilan dan mempunyai tubuh yang tetap fit. Apabila kamu mengalami berkurangnya kemampuan saat mengangkat latihan angkat bebas maupun saat berolahraga, maka waspadai termasuk kedalam orang yang mempunyai kadar testosteron rendah.


Selain 7 tanda diatas, kamu pun bisa mengetahuinya sejak dini dengan melakukan tanya jawab pada dokter ahli yang terdapat didalam aplikasi Halodoc. Kamu bisa mengetahui kadar testosteron dengan menghubunginya melalui Voice/Video Call dan Chat di Halodoc hanya dengan menggunakan smartphone, kapan saja dan dimana saja. Tak hanya itu,, kamu pun bisa membeli obat/vitamin yang dibutuhkan dan akan diantar dalam waktu satu jam saja. Yuk! download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play.


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

18 July 2018

Kata ahli, anak balita pun juga bisa mengalami abses gigi. Nah, agar anak terhindar dari penyakit ini, yuk ken...

Selengkapnya

OLAHRAGA

18 July 2018

Membentuk otot tubuh yang bagus tidak perlu melalui serangkaian latihan fisik yang berat. Cukup dengan olahrag...

Selengkapnya

OLAHRAGA

18 July 2018

Dalam dunia medis, asam urat adalah senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh. Tetapi jika kadar asam urat norm...

Selengkapnya