• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Agar Berat Badan Tidak Naik Drastis saat Puasa

Ini Cara Agar Berat Badan Tidak Naik Drastis saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bulan puasa menjadi momen yang tepat bagi sebagian orang untuk melakukan diet. Namun pada beberapa orang, puasa justru dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Agar saat lebaran kamu memiliki berat badan yang ideal, berikut tips menjaga berat badan saat puasa:

Baca juga: Puasa dan Tetap Aktif, Ini Cara Mencegah Dehidrasi

  • Serat dan Protein

Pastikan menu yang kamu konsumsi saat sahur kaya akan serat dan protein. Keduanya lebih baik daripada makanan tinggi kalori, karena serat akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang sepanjang hari tanpa merasa lapar selama puasa. Makanan dengan tinggi serat dan protein juga mampu membantu menekan nafsu makan berlebihan, sehingga saat berbuka puasa tiba, kamu tidak akan kalap makan.

  • Hindari Makanan dan Minuman Manis

Tips menjaga berat badan saat puasa selanjutnya adalah menghindari makanan dan minuman manis. Umumnya orang-orang akan berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang serba manis untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Namun, jangan sampai kebanyakan, ya! Hindari terlalu banyak makanan dan minuman manis, agar tubuh tidak terlalu banyak menyimpan lemak.

Saat berpuasa, produksi insulin dalam tubuh otomatis akan menurun. Padahal, insulin sendiri memiliki fungsi penting, yaitu mengubah gula menjadi sumber energi. Jika gula tidak diubah menjadi energi, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak. Nah, hal tersebut yang harus dipertimbangkan saat ingin mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka.

Sebaiknya kamu memilih makanan dengan kandungan karbohidrat komplek untuk mengganti energi yang hilang selama berpuasa. Makanan dengan tinggi karbohidrat komplek dapat kamu peroleh dari kedelai hitam, kacang polong, ubi jalar, nasi merah, kentang, buah-buahan, serta sayuran.

Baca juga: Ibu, Begini Cara Penuhi Nutrisi Anak saat Puasa

  • Rutin Berolahraga

Berolahraga menjadi tips menjaga berat badan saat puasa yang justru sangat efektif jika dilakukan saat berpuasa. Biasanya tubuh menghasilkan energi dari pembakaran gula dalam tubuh. Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan gula selama berjam-jam. Oleh karena itu, tubuh akan mencari sumber energi lain, yaitu cadangan lemak. Dengan berolahraga saat puasa, dapat memicu pembakaran lemak berlebih.

  • Minum Banyak Air 

Pastikan untuk tetap mengonsumsi banyak selama bulan puasa, paling tidak 8 gelas per hari dengan rumus 2-2-2-2, yaitu dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas setelah tarawih, serta 2 gelas sebelum tidur. Banyak minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30 persen. Semakin cepat metabolisme tubuh bekerja, maka semakin banyak lemak dan kalori yang dibakar oleh tubuh. 

  • Hindari Makan Gorengan

Gorengan hampir menjadi salah satu menu favorit yang harus ada saat berbuka puasa. Namun, ternyata langkah ini salah. Saat berbuka dan langsung mengonsumsi makanan berlemak jenuh seperti gorengan akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Agar lebih sehat, kamu dapat mendapat asupan lemak tak jenuh dari kacang-kacangan, ikan, serta buah-buahan seperti alpukat.

  • Cukup Tidur

Tips menjaga berat badan saat puasa yang terakhir adalah cukup tidur. Meski berpuasa akan membuat jam tidur kamu menjadi berantakan, tidur penting untuk menjaga sistem metabolisme tubuh. Jika tubuh kurang tidur, hormon ghrelin dalam tubuh akan menyebabkan nafsu makan bertambah. Jika hal ini terjadi, bisa-bisa saat waktunya berbuka puasa kamu justru akan kalap dan makan terlalu banyak. 

Baca juga: Biar Fit, Perlukah Minum Suplemen Saat Puasa?

Diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc segera jika kamu mengalami masalah kesehatan saat menjalankan puasa. Dengan aplikasi tersebut, kamu juga dapat bertanya seputar tips-tips kesehatan yang baik untuk dilakukan saat berpuasa. Selamat mencoba!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. How to Fast Safely: 10 Helpful Tips.
Pop Sugar. Diakses pada 2020. These Are the 5 Things I Did to Stop Intermittent Fasting Without Gaining Weight.
Do Fasting. Diakses pada 2020. What to Eat and Avoid: Intermittent Fasting Food List.