Cara Menangani Sakit Leher Saat di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Cara Menangani Sakit Leher Saat di Rumah

Halodoc, Jakarta - Kamu pasti pernah sesekali mengalami sakit leher, bukan? Penyakit ini bukan kondisi yang serius dan umumnya dalam beberapa hari bisa sembuh dengan sendirinya.

Namun, kebanyakan orang tidak tahan akan rasa sakitnya dan hal ini bisa sebabkan aktivitas terganggu. Sakit leher umumnya bisa menyebar hingga ke area lengan hingga punggung bagian atas. Hal ini membuat gerakan leher dan kepala menjadi terbatas.

Pada banyak kasus, sakit leher umumnya terjadi karena postur yang buruk atau terlalu sering digunakan. Kadang-kadang, sakit leher bisa disebabkan oleh cedera karena jatuh, olahraga, atau hal lain. Namun, dalam beberapa kasus, sakit leher bisa mengindikasikan cedera serius dan memerlukan perawatan dokter.

Baca juga: Awas, Kelamaan di Depan Laptop Picu Cervical Syndrome

Pengobatan Sakit Leher di Rumah

Jika sakit leher baru satu atau dua hari kamu rasakan dan belum terlalu parah dalam mengganggu aktivitas, maka kamu bisa melakukan cara di rumah untuk meredakannya.

Melansir dari Cleveland Clinic, berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit leher:

  • Hentikan Dahulu Olahraga atau Aktivitas Berat. Ketika mengalami sakit leher, untuk sementara waktu, cobalah untuk mengurangi atau menghindari kegiatan atau olahraga yang memerlukan banyak gerakan kepala dan leher. 

  • Lakukan Latihan Ringan pada Leher Setiap Hari. Saat leher terasa sakit, bukan berarti kamu tidak boleh menggerakkannya. Pastikan kamu banyak melakukan latihan otot leher ringan dengan cara menggerakkannya secara perlahan secara rutin setiap hari. Kamu bisa melakukan gerakan melingkar agar otot-otot leher yang tegang bisa kembali merenggang. Coba variasikan dengan gerakan ke depan, belakang, kiri, dan kanan. Jangan paksakan jika terasa sakit. Tidak perlu khawatir, kamu bisa chat dokter spesialis olahraga di Halodoc untuk menanyakan gerakan yang tepat untuk meringankan gejala sakit leher.

  • Lakukan Kompres. Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk meringankan gejala sakit leher adalah mengompres dengan es untuk beberapa hari pertama. Setelah itu, kamu bisa menggunakan kompres air hangat, plester otot hangat, atau dengan mandi air hangat. 

  • Lakukan Pijatan. Kamu juga bisa melakukan pijatan-pijatan ringan juga dapat membantu meredakan sakit leher. Saat memijatnya kamu bisa menggunakan minyak esensial dengan berbagai aroma seperti lavender, tea tree, atau serai, untuk memijat bagian yang sakit. Minyak-minyak esensial ini berfungsi untuk memanjakan indera penciuman, layaknya aromaterapi.

  • Gunakan Bantal Khusus. Penting juga untuk memerhatikan bantal yang kamu gunakan guna meringankan sakit leher. Bantal yang terlalu tinggi bisa membuat leher terasa sakit, karena posisi leher yang terlalu tertekuk. Coba untuk ganti bantal yang agak keras tapi tidak terlalu tinggi saat alami sakit leher. Hindari memakai penyangga leher yang belum terbukti dapat membantu menyembuhkan sakit leher.

  • Terapi Air. Saat sakit leher, kamu juga bisa meredakannya dengan melakukan terapi air. Caranya, dengan menggunakan pancuran air, buka kran pancuran dan arahkan air hangat ke leher bagian belakang selama 3 hingga 4 menit. Setelah itu, ganti menggunakan air dingin selama sekitar 1 menit. Ulangi hingga beberapa kali.

Baca juga: Nyeri Leher Bagian Belakang? Ini 6 Cara Mengatasinya

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Kamu wajib memeriksakan ke rumah sakit jika gejala sakit leher menetap lebih dari seminggu. Tidak hanya itu, kamu juga wajib mengunjungi dokter jika sudah mengalami gejala lain yang cukup mengganggu. Gejala tersebut antara lain: 

  • Alami sakit leher parah tanpa sebab yang jelas;

  • Muncul benjolan di leher;

  • Demam;

  • Sakit kepala;

  • Mual dan muntah;

  • Kesulitan menelan atau bernapas;

  • Kelemahan;

  • Mati rasa;

  • Rasa sakit yang menyebar ke lengan atau kaki;

  • Kesulitan menggerakkan lengan atau tangan;

  • Ketidakmampuan menempelkan dagu ke dada;

  • Disfungsi kandung kemih atau usus.

Baca juga: Penyembuhan Tennis Elbow Dapat Dilakukan Secara Mandiri, Ini 3 Kuncinya

Tetapi, apabila kamu atau orang terdekat kamu mengalami kecelakaan atau jatuh dan leher terasa sakit, cari perawatan medis secepatnya untuk mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2019. Neck Pain: Possible Causes and How to Treat It
Cleveland Clinic. Diakses pada 2019. Do You Have a Stiff Neck? Try These Simple Remedies.