21 November 2018

Cara Menangani Sakit Leher Saat di Rumah

Cara Menangani Sakit Leher Saat di Rumah

Halodoc, Jakarta - Meski jarang sekali berkembang menjadi kondisi yang lebih serius dan akan membaik dalam beberapa hari, sakit leher dapat sangat mengganggu aktivitas, bukan? Ya, hal ini karena sakit leher bisa menyebar hingga ke area lengan hingga punggung bagian atas. Akibatnya, gerakan leher dan kepala pun menjadi terbatas.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya sakit leher. Mulai dari posisi tidur yang salah, bekerja di depan komputer atau laptop terlalu lama, otot yang terkilir, hingga postur leher yang salah akibat terlalu sering menunduk atau menengadah. Selain itu, sakit leher juga bisa disebabkan oleh cedera akibat kecelakaan. Sakit leher yang disebabkan oleh cedera biasanya membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin.

Pengobatan Mudah yang Dapat Dilakukan di Rumah

Sakit leher umumnya akan sembuh sepenuhnya dalam hitungan hari. Beberapa cara berikut dapat dilakukan di rumah, untuk meringankan gejala atau nyeri yang muncul.

1. Lakukan Latihan Otot Leher Ringan

Ketika leher terasa sakit, cobalah untuk melakukan latihan otot leher ringan dengan cara menggerakkannya secara perlahan. Lakukan gerakan melingkar agar otot-otot leher yang tegang bisa merenggang. Setelah itu, coba variasikan dengan gerakan ke depan, belakang, kiri, dan kanan. Hentikan gerakan bila terasa sakit, dan ulangi lagi beberapa saat kemudian secara perlahan dan hati-hati.

2. Kompres dengan Air Hangat

Cara lain yang juga dapat dilakukan untuk meredakan sakit leher adalah mengompresnya dengan air hangat. Gunakanlah botol berisi air hangat atau alat kompres lainnya untuk meredakan kram otot dan rasa sakit pada bagian leher. Selain air hangat, kompres dengan air dingin, pada beberapa kasus, juga dapat membantu mengatasi sakit leher.

3. Berendam dalam Larutan Garam Mandi

Larutan garam mandi dapat membantu melemaskan otot-otot yang kaku dan tegang, melancarkan sirkulasi darah, sekaligus mengurangi stres. Dengan berendam dalam larutan garam mandi selama sekitar 30 menit, sakit leher pun akan berangsur hilang. Bonusnya, pikiran dan stres pun akan berkurang.

4. Oleskan Balsam

Balsam merupakan salah satu cara praktis yang dapat digunakan untuk meringankan pegal-pegal dan nyeri otot, termasuk sakit leher. Hal ini dikarenakan balsam memiliki sifat analgesik (meringankan rasa sakit) sekaligus membantu meningkatkan sirkulasi darah.

5. Lakukan Pijatan

Selain mengoleskan balsam, melakukan pijatan-pijatan ringan juga dapat membantu meredakan sakit leher. Jika tidak suka aroma balsam, kamu juga bisa menggunakan minyak esensial dengan berbagai aroma seperti lavender, tea tree, atau serai, untuk memijat bagian yang sakit. Minyak-minyak esensial tersebut juga berfungsi untuk memanjakan indera penciuman, layaknya aromaterapi.

6. Terapi Air

Selain berendam, sakit leher juga dapat diredakan dengan melakukan terapi air. Caranya, dengan menggunakan pancuran air, buka kran pancuran dan arahkan air hangat ke leher bagian belakang selama 3-4 menit. Setelah itu, ganti menggunakan air dingin selama sekitar 1 menit. Ulangi hingga beberapa kali.

7. Gunakan Bantal Keras dan Berketinggian Rendah saat Tidur

Bantal yang terlalu tinggi bisa membuat leher terasa sakit, karena posisi leher yang terlalu tertekuk. Cobalah untuk ganti bantal yang agak keras tapi tidak terlalu tinggi, ketika sakit leher terjadi. Hindari juga memakai penyangga leher yang belum terbukti dapat membantu menyembuhkan sakit leher.

8. Hindari Aktivitas yang Membutuhkan Banyak Gerakan Leher

Ketika mengalami sakit leher, untuk sementara waktu, cobalah untuk mengurangi atau menghindari kegiatan yang memerlukan banyak gerakan kepala dan leher. Terutama jika sakit leher yang dialami membuat sulit menggerakkan leher.

Itu lah sedikit penjelasan tentang cara-cara penanganan sakit leher yang dapat dilakukan di rumah. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal kondisi ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: