Cara Merawat Kulit di Area Sekitar Mata

Cara Merawat Kulit di Area Sekitar Mata

Halodoc, Jakarta – Dari semua kulit yang ada di tubuh, kulit di sekitar mata ternyata paling rentan mengalami penuaan dini. Hal itu terjadi karena bagian tersebut paling banyak bekerja dalam satu hari, mulai dari berkedip hingga menunjukkan emosi serta ekspresi. Tak hanya itu, kulit di sekitar mata ternyata juga lebih tipis dan halus dibanding kulit lainnya di tubuh.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Penggunaan Krim Mata Ini

Karena lebih tipis dan rentan mengalami penuaan, perawatan yang dilakukan pada bagian kulit ini pun harus tepat dan sesuai kebutuhan. Merawat kulit di bagian mata sangat dibutuhkan agar bagian tersebut tetap terlihat sehat dan sama dengan bagian kulit lain, terutama di bagian wajah.

Ada beberapa gangguan yang sering muncul dan mengganggu kulit di area sekitar mata, mulai dari muncul garis-garis halus, lingkaran hitam, serta kantung mata membengkak. Lantas, apa saja perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit di area sekitar mata?

  • Pentingnya Pelembap

Menjaga kulit di area mata artinya harus menjaga kelembapan bagian tersebut. Pasalnya, kelembapan kulit di sekitar mata bisa membantu mencegah munculnya kerutan dan garis-garis halus. Kamu bisa menggunakan pelembap wajah yang bersifat ringan.

Agar mendapat hasil yang maksimal, pastikan untuk menggunakan pelembap mata secara rutin. Namun perlu diingat, pastikan bahwa produk pelembap yang digunakan cocok dan tidak memicu reaksi negatif dari kulit.

  • Jangan Sepelekan Tabir Surya

Penggunaan tabir surya umumnya bertujuan untuk melindungi kulit wajah dan badan. Tapi jangan salah, produk yang satu ini ternyata juga dibutuhkan oleh kulit di area bawah mata, lho. Paparan sinar matahari langsung bisa membuat kulit di bagian bawah mata menjadi lebih gelap. Jika kamu terbiasa melakukan aktivitas di luar ruangan tanpa mengoleskan tabir surya terlebih dahulu, risiko bagian kulit bawah mata menggelap menjadi lebih tinggi.

Untuk menghindarinya, pastikan untuk selalu mengoleskan tabir surya di kelopak mata sebelum keluar rumah. Kamu juga bisa menggunakan kacamata hitam jika harus beraktivitas di bawah paparan sinar matahari dalam waktu yang panjang.

Baca juga: 6 Cara Jitu Atasi Masalah Flek Hitam pada Wajah

  • Cukup Tidur

Agar kulit sekitar mata selalu terlihat segar, pastikan untuk selalu tidur cukup setiap hari. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 7 hingga 9 jam dalam satu hari. Nyatanya, tidur cukup bisa membantu menjaga penampilan mata, serta menghindari munculnya garis-garis hitam di bagian tersebut. Kurang tidur bisa menyebabkan kulit terlihat lebih pucat dan menyebabkan garis hitam semakin terlihat jelas.

  • Kompres Kantong Teh

Merawat kulit di area mata juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan di rumah, salah satunya kantong teh. Jangan buang kantong teh celup bekas pakai, karena ternyata bahan itu berkhasiat untuk merawat kulit di sekitar mata. Teh memiliki kandungan kafein dan antioksidan yang bisa membantu merangsang sirkulasi darah. Selain itu, mengompres kulit mata dengan kantong teh juga bisa membantu mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi tumpukan cairan di bawah kulit.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Menjaga kesehatan kulit juga bisa dilakukan dengan konsumsi makanan sehat. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, A, dan E. Selain membuat kulit tetap sehat, jenis makanan ini juga bisa membantu pembentukan sel-sel baru pada kulit.

Baca juga: 6 Cara Merawat Kecantikan Sebelum Tidur

Sakit dan bingung mau cari rumah sakit terdekat? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa mencari dan memilih rumah sakit sesuai kebutuhan serta domisili. Buat janji temu dengan dokter pun menjadi lebih mudah. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!