26 October 2018

Jangan Malas, Ini Bahaya Tidak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

jangan malas ini bahaya tidak membersihkan makeup sebelum tidur

Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin sudah tahu tentang pentingnya membersihkan wajah dari make up sebelum tidur. Namun, kondisi badan yang sudah sangat lelah setelah seharian beraktivitas sering membuatmu malas membersihkan makeup dan ingin langsung segera tidur saja. Eits, jangan lakukan kebiasaan buruk tersebut ya. Bahaya tidak membersihkan makeup sebelum tidur memang tidak akan segera kamu rasakan. Malah make up yang dibawa tidur seperti hilang dengan sendirinya dan wajah terlihat bersih di pagi hari. Namun, bisa dipastikan kulit wajahmu akan merasakan dampak buruknya bila kamu sering melakukan kebiasaan ini.

1. Munculnya Infeksi Bakteri dan Jerawat

Tahukah kamu, foundation yang dibiarkan saja menempel pada wajah sepanjang malam akan bercampur dengan sel-sel kulit mati, kotoran, debu dan minyak wajah, sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Bila ini sering kamu lakukan, kulitmu akan mudah terkena infeksi bakteri dan menyebabkan timbulnya jerawat baru! Enggak mau kan wajahmu penuh dengan jerawat? Jadi, lebih baik kamu membersihkan make up pada wajah sebelum tidur dengan melakukan deep cleansing. Kamu bisa menggunakan toner atau facial wash yang mengandung salicylic acid yang bisa membantu mengeksfoliasi kulit dan membasmi jerawat.

2. Komedo

Pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh makeup juga bisa menimbulkan bintik-bintik hitam alias komedo. Bila sudah parah, sulit untuk menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori. Jadi, sebaiknya bersihkan wajah dengan menggunakan scrub sesekali untuk mencegah hal itu terjadi.

3. Mudah Mengalami Iritasi

Kebanyakan produk makeup memiliki kandungan kimia, mulai dari yang ringan sampai berat. Nah, kandungan bahan kimia ini lambat laun akan menyerap ke dalam kulit bila kamu tidak membersihkannya dengan baik. Bila terkena paparan udara, debu atau polusi, kulit yang sudah terkontaminasi bahan kimia akan mudah mengalami iritasi dan meradang.

4. Merusak Kesehatan Bibir

Bahaya tidak membersihkan make up sebelum tidur enggak hanya akan terasa pada kulit, tapi juga bibir kamu. Ya, tidur dengan lipstik masih menempel bisa menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan mengelupas. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam lipstik bisa mempercepat pigmentasi bibir alias menghitam. Jadi, setelah mengenakan lipstik yang highly pigmented seperti matte liquid lipstick, sebaiknya kamu melakukan scrub bibir setelah menghapus lipstik tersebut. Kemudian, aplikasikan lip balm sesaat sebelum tidur.

5. Infeksi Mata

Area mata juga akan terkena dampaknya bila kamu malas membersihkan make up sebelum tidur. Tidur dengan eyeshadow dan maskara masih menempel pada mata bisa berbahaya buat kesehatan mata kamu. Pasalnya, butiran-butiran make up tersebut dapat menyumbat lubang air mata, masuk ke dalam mata, dan menyebabkan infeksi. Enggak cuma itu, bulu mata kamu juga akan rontok akibat maskara dan lem bulu mata yang menempel terlalu lama.

6. Merusak Sel Kulit Wajah

Rusaknya sel kulit wajah juga adalah bahaya tidak membersihkan make up yang mengerikan. Pasalnya, kandungan bahan kimia pada make up bisa berdampak langsung ke jaringan dan sel kulit wajah. Dampak paling ringan yang mungkin terjadi adalah penuaan dini, sedangkan dampak yang paling parah adalah kanker kulit.

7. Menghambat Proses Regenerasi Kulit

Malam hari ketika kamu tertidur adalah waktu terbaik bagi kulit untuk memperbarui sel-selnya. Nah, make up yang tidak dibersihkan dan masih menempel pada wajah ini bisa merusak proses alami ini. Akibatnya, kulit jadi rentan mengalami kerusakan, apalagi bila kamu sering melakukan kebiasaan buruk ini.

Cukup mengerikan bahaya tidak membersihkan make up sebelum tidur. Karena itu, jangan malas ya untuk membersihkan wajah dari make up sebelum tidur. Kalau kamu punya masalah seputar kecantikan kulit wajah, coba tanyakan saja kepada dokter kulit lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: