• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Simple Hindari Sakit Punggung

8 Cara Simple Hindari Sakit Punggung

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Umumnya setiap orang dewasa hampir pernah mengalami sakit punggung. Kamu harus waspada, nyeri punggung yang parah bisa membuat kualitas hidup menurun, lho.  Misalnya, membuat terbatasnya aktivitas hingga menyebabkan masalah kesahatan. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk menjaga diri dari hal-hal penyebab sakit punggung. Nah, berikut cara simpel hindari sakit punggung:

  1. Duduk Dengan Benar dan Atur Meja Kerja

Kamu enggak memerlukan kursi kantor yang mewah untuk mencegah sakit punggung. Memiliki kebiasaan duduk dengan posisi yang tepat, juga bisa kok mencegah punggung terasa sakit. Menurut ahli dari  New York University Langone Medical Center, AS, posisi duduk bisa dilakukan yang dengan melengkungkan badan menyerupai huruf S, bukan C. Agar terhindar dari rasa kaku dan lain hal, cobalah untuk bangun dan berjalan beberapa detik untuk meregangkan tubuh tiap setengah jam.

Selain posisi duduk, bagi kamu yang bekerja seharian di depan meja kerja, juga perlu untuk mengatur posisinya. Tujuannya, untuk membuat tubuh merasa nyaman dan rileks agar terhindar dari nyeri pada punggung bagian bawah.

  1. Miliki Kasur Berkualitas

Kasur punya pengaruh yang besar terhadap tubuhmu, sebab tempat tidur ini jadi tempat kamu meletakan seluruh anggota tubuh untuk beristirahat selama 6-9 jam tiap harinya. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memiliki kasur dengan kualitas baik. Sebab kasur yang amat keras atau lembek (cekung) bisa mempengaruhi kesehatan tulang punggung.

  1. Kurangi Tumpukan Bantal

Menurut ahli kesehatan tulang dari  Texas Back Institute, tidur dengan dua atau tiga bantal di bawah leher bisa membuat otot-otot menjadi tegang. Nah, bagi kamu yang punya kebiasaan tidur dengan menggunakan bantal bertumpuk-tumpuk, ada baiknya untuk mengurangi tumpukan tersebut.

  1. Olahraga Teratur

Kamu enggak perlu meragukan manfaat olahraga bagi kesehatan fisik kamu. Nah, manfaat olahraga salah satunya bisa mencegah sakit punggung. Pasalnya, olahraga bisa memperkuat otot punggung dan seluruh tubuh, serta memastikan tulang belakang selalu kuat. Selain itu, olahraga juga bisa membuat tubuh lentur sekaligus melindungi tubuh dari berbagai kondisi menyulitkan, seperti arthritis dan nyeri punggung.

Rutin berolahraga juga bisa membantu kamu untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Jangan salah, kelebihan berat badan juga bisa memicu sakit punggung karena mempengaruhi otot-otot punggung sehingga menimbulkan ketegangan.

(Baca Juga: Atasi Jerawat Punggung Dengan Cara Ini)

  1. Pola Makan Sehat

Selain olahraga, asupan nutrisi sehari-hari juga bisa memperkuat tulang punggung dan mencegah kerusakan tulang belakang. Asupan gizi seimbang juga bisa membantu tubuh untuk menjaga berat badan. Seperti yang dijelaskan di atas, kelebihan berat badan bisa menyebabkan peradangan pada otot dan sendi sekitar tulang belakang karena menahan beban berlebih sepanjang waktu. Alangkah lebih baiknya bila kamu memperbanyak konsumsi buah sayur, dan hindari beragam makanan yang banyak mengandung kolesterol jahat, lemak, dan gula.

  1. Hati-hati Mengangkat Barang

Bila ingin mengangkat barang berat, kamu harus memastikan kalau posisi tubuh kamu sudah tepat. Sebab enggak sedikit orang yang mengalami cedera  otot saat mengangkat barang karena posisi yang keliru.

Caranya, condongkan punggung ketika mengangkat beban. Selain itu kamu harus memastikan menekuk lutut dan melakukan gerakan berjongkok saat akan mengangkat barang-barang berat. Posisi ini bisa mengurangi tekanan pada tulang punggung  karena kamu menggunakan kaki sebagai penumpu. Nah, jika bobot barang yang akan diangkat terlalu berat, kamu bisa meminta bantuan orang lain atau gunakan troli atau forklift untuk mengangkat atau menggesernya.

  1. Hindari Membawa Tas yang Terlalu Berat

Banyak orang enggak sadar bahwa tas yang selalu dibawanya jadi biang keladi nyeri punggung. Sebab tas yang terlalu berat bisa memengaruhi lekuk tulang belakang. Nah, lama-kelamaan hal inilah yang bisa menyebabkan sakit punggung.

  1. Jangan Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit punggung. Menurut sebuah penelitian, rata-rata orang dengan nyeri punggung memiliki pola hidup (sedentary lifestyle), alias enggak aktif secara fisik. Jika pekerjaan kamu mengharuskan untuk duduk dalam waktu lama, cobalah melakukan peregangan setiap dua jam sekali untuk menguragi ketegangan pada bagian punggung.
Mau tahu lebih jauh mengenai cara untuk menghindari sakit punggung atau masalah medis lainnya? Kamu bisa lho, menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah tersebut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.