02 November 2018

5 Kebiasaan Buruk Ini yang Picu Sakit Punggung Belakang

5 Kebiasaan Buruk Ini yang Picu Sakit Punggung Belakang

Halodoc, Jakarta - Kerjaan yang menumpuk dapat membuat seseorang mengalami sakit punggung belakang karena terlalu banyak duduk. Rasa sakit pada punggung belakang dapat membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Hal tersebut dapat menghambat aktivitas dan juga mengganggu kesehatan.

Sakit punggung belakang dapat terasa ketika tulang belakang mengalami luka atau cedera pada otot-otot tulang belakang. Selain itu, sakit punggung juga dapat disebabkan oleh pergeseran cakram tulang belakang dan dapat membuat otot bengkak atau pecah. Dalam kondisi parah, saraf akan mengalami tekanan.

Kebanyakan orang pernah merasakan sakit pada punggung belakang. Umumnya, hal ini disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang dapat membuat otot atau sendi menjadi tegang dan stres. Apabila kamu sering merasakan sakit punggung belakang, ada beberapa hal yang dapat kamu harus hindari, yaitu:

  1. Duduk dengan Posisi Bungkuk

Banyak orang yang menghabiskan waktu sehari-harinya dengan duduk. Namun, tidak sedikit orang yang duduk dengan posisi membungkuk. Karena ketika seseorang sering duduk dengan posisi bungkuk, lekukan normal pada tulang belakang dapat mengalami perubahan. Akibat lainnya yaitu piringan sendi di punggung juga dapat rusak. Hal ini dapat menyebabkan penyakit arthritis atau nyeri sendi yang kronis.

  1. Sering Mengangkat Bawaan yang Berat

Seseorang yang sering mengangkat bawaan berat mempunyai risiko sakit punggung belakang yang lebih besar. Misalnya seseorang yang selalu membawa tas yang terlalu berat. Hal itu dikarenakan tulang punggung merasakan tekanan secara berulang, sehingga otot menjadi stres dan berakhir dengan rasa nyeri. Terlebih lagi, jika posisi tubuh salah ketika mengangkat barang, risikonya meningkat signifikan.

Cara untuk mengambil barang yang berat bukan dengan menahannya pada kedua tangan, tetapi awali dengan berjongkok lalu tekuk lutut dan posisikan tubuh untuk berdiri tegak. Cara lainnya yaitu dengan mengurangi bawaan yang banyak atau cicil beberapa kali saat membawa barang dan jangan sekaligus.

  1. Gangguan pada Pola Tidur

Para peneliti mengatakan apabila kondisi sel pada tulang belakang memiliki ketergantungan pada kestabilan siklus siang dan malam seseorang. Saat siklus ini mengalami gangguan karena apapun itu, sel-sel ini mulai mengalami kelainan seperti peradangan kronis dan membuat orang tersebut lebih rentan mengidap sakit punggung belakang.

  1. Berdiri Sepanjang Hari

Sebelumnya telah dibahas jika terlalu banyak duduk dapat menyebabkan sakit punggung belakang. Ternyata, berdiri sepanjang hari juga dapat menyebabkan hal yang sama pada kesehatan. Posisi seseorang ketika berdiri juga dapat berpengaruh pada kondisi leher, tulang belakang, dan bahu.

Postur yang salah dapat membuat kelainan pada sumsum tulang belakang, seperti mengalami nyeri kronis dan tulang belakang menjadi melengkung. Untuk menghindari hal tersebut, posisi tubuh ketika berdiri, duduk, dan berbaring harus sedikit menekan otot dan ligamen. Hal itu untuk menekan sumsum tulang belakang tetap pada tempatnya, terutama ketika bergerak dan berolahraga.

  1. Terlalu Fokus pada Ponsel

Saat ini, kebanyakan orang mempunyai kebiasaan melihat ponsel atau gadgetnya terlalu lama. Ternyata, terlalu lama menunduk ketika menggunakan gadget dapat berbahaya untuk kesehatan punggung. Menunduk terlalu lama dapat membuat leher menjadi nyeri, sehingga berdampak ke punggung.

Selain itu, sebuah penelitian baru menyatakan bahwa ketika seseorang membaca pesan teks pendek dapat menambah beban pada sumsum tulang belakang mencapai 20 kilogram. Penggunaan gadget setiap hari dapat menghilangkan kurva alami pada tulang belakang dan leher. Postur yang salah pada seseorang dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang yang serius dan kronis. Maka dari itu, batasilah penggunaan gadget.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang dapat memicu sakit punggung belakang. Jika kamu mempunyai pertanyaan lanjutan perihal ini, dokter-dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc. Pesananmu akan diantarkan ke rumah dalam waktu satu jam!

Baca juga: