08 October 2018

Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Berbahaya untuk Kandung Kemih

Infeksi Saluran Kemih, makanan penyebab infeksi saluran kemih

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu seorang penggemar minuman bersoda atau makanan yang pedas? Jika iya, kamu harus pelan-pelan mengurangi konsumsi minuman bersoda dan makanan yang pedas. Karena hal tersebut dapat memberi beban berlebihan bagi kandung kemih, serta dapat memicu dampak yang buruk.

Infeksi kandung kemih atau istilah medisnya dikenal dengan cystitis adalah kondisi ketika kandung kemih dan bagian atas uretra meradang (merah dan bengkak). Peradangan ini terjadi akibat infeksi bakteri. Kondisi ini dapat menjadi masalah kesehatan yang serius jika infeksi menyebar ke ginjal. Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat terjadi sebagai komplikasi dari  penyakit lain.

Wanita lebih banyak mengidap penyakit ini dibanding dengan pria. Hal ini dikarenakan oleh ukuran uretra (saluran urine) pada wanita lebih pendek dibanding pada pria. Akibatnya, bakteri dari sekitar anus mudah masuk ke dalam kandung kemih.

Lalu, bagaimana cara mencegah infeksi saluran kemih ini? Kamu bisa mencegah datangnya penyakit ini dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang bisa memberi beban berlebihan pada kandung kemih. Berikut ini adalah makanan dan minuman yang dapat memicu terjadinya infeksi kandung kemih:

1. Alkohol

Alkohol tidak hanya berpengaruh buruk pada lambung, alkohol juga bisa menimbulkan dampak yang serius terhadap kesehatan dan memberi beban lebih pada kandung kemih. Hindari konsumsi alkohol jika kamu sedang mengidap infeksi kandung kemih. Perbanyak air putih untuk membantu mengeluarkan bakteri dari tubuh dan untuk pemulihan infeksi.

2. Makanan Pedas

Pasti banyak orang yang merasa tidak nyaman pada kandung kemih setelah menyantap makanan pedas. Hal ini dikarenakan jenis makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih dan dapat memperparah gejala infeksi yang sedang dialami. Selain itu, makanan pedas juga dapat meningkatkan kadar asam tubuh yang menjadi tempat bakteri berkembang biak. Maka dari itu hindari jenis makanan penyebab infeksi saluran kemih yang satu ini.

3. Kafein

Kandungan kafein pada minuman atau makanan yang kamu konsumsi pada saat kamu mengidap penyakit infeksi kandung kemih dapat menstimulasi otot pada kandung kemih. Hal ini mengakibatkan dampak negatif yang lebih parah pada infeksi kandung kemih yang sedang kamu alami. Selain itu, kandungan kafein pada kopi bersifat diuretik, sehingga dapat membuat kamu sering buang air kecil.

4. Buah-buahan dengan Rasa Asam

Buah-buahan dengan rasa asam yang dijus seperti jeruk atau lemon dapat mengiritasi kandung kemih. Begitu pula dengan buah-buah dengan sifat asam lainnya. Karena sifatnya yang asam, buah-buahan tersebut dapat memberikan dampak yang lebih parah pada gejala infeksi pada saluran kemih.

5. Makanan Tinggi Protein

Jika kamu adalah pengidap infeksi kandung kemih, kamu harus mengurangi konsumsi makanan yang tinggi protein, seperti steak, daging panggang, dan burger. Sebab, makanan ini akan membuat tubuh menjadi lebih asam dan memungkinkan bakteri untuk berkembang biak.

Nah, makanan dan minuman di atas sebaiknya kamu hindari untuk mencegah terjadinya cystitis. Infeksi kandung kemih dapat terjadi kepada siapa saja. Kadang, penyakit ini bisa menjadi penyakit kronik dan sulit untuk diobati.

Silahkan diskusikan dengan dokter ahli untuk informasi lebih lanjut jika kamu merasakan gejala-gejala cystitis. Halodoc menyediakan layanan berdiskusi langsung dengan Chat atau Voice/Video Call. Tidak hanya itu, kamu juga dapat membeli obat dengan layanan Apotek Antar. Yuk, download aplikasinya segera di App Store atau Google Play!

Baca juga: