23 November 2018

Kebiasaan Sehari-Hari yang Menjadi Pemicu Terserang Tifus

kebiasaan sehari-hari yang menjadi pemicu terserang tifus

Halodoc, Jakarta – Tifus adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh penyebaran bakteri Salmonella typhi. Penyakit tifus merupakan salah satu penyakit yang cukup mudah menyebar. Bakteri Salmonella typhi bisa hidup pada makanan atau minuman yang kebersihannya kurang baik. Selain makanan dan minuman, lingkungan yang telah terpapar bakteri ini bisa menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit tifus.

Setiap tahunnya hampir 100.000 penduduk Indonesia terjangkit penyakit tifus. Lingkungan yang kotor dan kurang sterilnya sanitasi yang digunakan bisa menjadi penyebab penyakit tifus. Tifus tidak hanya dapat dialami orang dewasa tapi berisiko dialami anak-anak. Hal ini disebabkan daya tahan tubuh anak-anak yang belum optimal.

Gejala yang dialami akan terasa beberapa minggu setelah kamu terpapar bakteri Salmonella typhi. Biasanya, kamu mengalami gejala seperti demam tinggi, badan yang terasa lelah, gangguan pencernaan dan yang paling parah adalah kematian.

Kebiasaan yang Menjadi Pemicu Tifus

Sebaiknya hindari beberapa kebiasaan ini agar kamu terhindar dari penyakit tifus, di antaranya adalah:

1. Jajan Sembarangan

Sebaiknya ketika kamu melakukan aktivitas yang cukup panjang di luar ruangan, siapkan makanan kecil agar kamu terhindar dari kebiasaan jajan. Selain menghemat pengeluaran, membawa makanan sendiri bisa menghindari kamu dari penyakit tifus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi.

Bakteri ini dapat hidup pada makanan dan minuman yang tidak bersih, tentu hal ini bisa kamu temukan saat jajan di tempat yang belum tentu terjaga kebersihannya. Hindari makanan dan minuman yang dijual secara terbuka tanpa penutup untuk menghindari kamu dari penyakit tifus.

2. Tidak Menjaga Kebersihan Makanan

Kamu harus memerhatikan kebersihan makanan yang kamu buat di rumah. Jangan lupa cuci bahan makanan pada air yang mengalir agar bakteri Salmonella typhi yang menempel bisa hilang. Selain itu, masak makanan hingga matang pada suhu tertentu.

Perhatikan saat kamu mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, perhatikan kematangan dan kebersihan ketika mencuci bahan makanan tersebut. Bakteri Salmonella typhi dapat menempel pada feses maupun urine.

3. Mengonsumsi Es Batu Sembarangan

Es batu bisa menjadi penyebab kamu terpapar bakteri Salmonella typhi. Sebaiknya jika kamu ingin membeli atau membuat minuman dingin, pastikan es batu yang kamu gunakan adalah es batu yang terbuat dari air yang sudah matang. Bakteri Salmonella typhi bisa terbawa pada es batu yang terbuat dari air mentah atau air yang kotor. Bakteri Salmonella typhi bisa bertahan hidup pada air mentah dan kotor, apalagi jika air tersebut telah tercemar dengan feses atau urine yang mengandung bakteri Salmonella typhi.

4. Menggunakan Toilet yang Kotor

Menggunakan toilet bersama dengan pengidap penyakit tifus dapat membuat kamu tertular penyakit tifus. Jaga selalu kebersihan toilet ketika ada kerabat atau keluarga yang mengalami penyakit tifus. Sebaiknya, gunakan cairan antiseptik guna memastikan kebersihan toilet. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setiap kamu selesai menggunakan toilet.

Itu kebiasaan sehari-hari yang bisa menjadi pemicu terserang tifus. Selalu jaga kebersihan diri agar terhindar dari penyakit tifus. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan, gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: