22 September 2017

Ingin Tumbuh Tinggi? Ikuti 5 Olahraga untuk Meninggikan Badan Ini

Ingin Tumbuh Tinggi, Ikuti 5 Olahraga untuk Meninggikan Badan Ini

Halodoc, Jakarta – Tinggi badan seseorang bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti genetik (keturunan dari kedua orang tua), gizi, dan lingkungan. Dari faktor gizi yang diperlukan yakni asupan protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang yang berasal dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga yang dilakukan untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik.

Berbicara soal olahraga, jika rutin melakukan olahraga dipercaya bermanfaat bukan hanya membuat tubuh sehat dan bugar, namun bisa membantu dalam menambah tinggi badan. Disarankan untuk melakukan olahraga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki seperti jogging, lari, lompat tali, basket, bersepeda, dan renang. Dengan olahraga tersebut, tulang dirangsang untuk terus tumbuh karena hentakan berat badan. Berikut penjelasan tentang  gerakan dan olahraga untuk meninggikan badan yang telah disebutkan di atas.

Jogging dan Lari
Olahraga peninggi badan seperti jogging dan berlari memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kedua olahraga ini dipercaya mampu membantu membakar kalori, dan membakar lemak. Jogging dan lari juga dapat membantu untuk menambah tinggi badan, karena jogging dan lari bisa membantu memperkuat bagian kaki dan mampu menstimulus pertumbuhan tulang. Lakukanlah jogging atau berlari pagi hari secara rutin paling tidak 1 – 2 kilometer per hari, dan lakukanlah 3 kali per minggu.

(Baca juga: Tips, Manfaat, dan Waktu yang Tepat untuk Lari Pagi)

Lompat Tali
Sebagai salah satu olahraga peninggi badan, lompat tali memiliki manfaat untuk menguatkan tulang kaki dan mengencangkan otot kaki, dan bisa menstimulasi pertambahan tinggi badan kamu. Caranya, kamu bisa melakukan lompat tali kira-kira sebanyak 40 sampai 100 kali putaran dalam sehari. Sebaiknya kamu melakukan gerakan ini secara rutin setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Basket
Basket juga dikategorikan sebagai olahraga peninggi badan sejak dulu yang banyak diminati. Hal ini karena basket mempunyai kombinasi gerakan melompat dan melempar yang bisa menstimulus pertumbuhan tulang. Caranya kamu bisa melakukan olahraga basket sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Saat bermain bola basket lakukanlah latihan shooting dan jumping secara rutin dalam satu minggu.

Bersepeda
Bersepeda juga menjadi salah satu olahraga peninggi badan yang menyenangkan untuk dilakukan bagi kamu yang masih berusia muda. Gerakan kaki ketika kamu mengayuh sepeda bisa membuatnya meregang dan membuat kaki cepat tumbuh lebih panjang. Kamu bisa bersepeda sambil berkeliling atau menggunakan sepeda statis di dalam ruangan. Bila kamu bersepeda secara teratur maka tinggi badan akan bertambah secara optimal.

Renang
Olahraga peninggi badan lainnya yakni renang. Renang bisa menstimulus pertumbuhan dan perkembangan tulang. Sehingga bisa memperkuat tulang dan meninggikan tubuh kamu. Berbagai macam gaya renang bisa kamu lakukan seperti gaya bebas, gaya punggung, dan berbagai macam gaya lainnya secara rutin, paling tidak 3 hari dalam seminggu.

(Baca juga: Kram Saat Berenang? Coba Gerakan Pemanansan Ini)

Seperti yang dijelaskan di atas, asupan gizi juga berpengaruh pada proses meninggikan badan. Kamu perlu menjaga asupan nutrisi yang cukup protein dan kalsium serta berolahraga teratur. Untuk menunjang pertumbuhan yang optimal diperlukan vitamin untuk kekuatan tulang yaitu vitamin D, kalsium, dan fosfor.

Semua vitamin tersebut ada dalam makanan yang memiliki kandungan protein. Protein bisa didapat dari hewan (daging, ayam, ikan, kerang, cumi, dan putih telur) atau nabati (sayuran hijau, tahu tempe, dan kacang-kacangan kering lainnya seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang polong dan sebagainya). Tidak diperlukan suplemen dalam hal ini apabila kebutuhan nutrisi kamu sudah cukup.

Apabila kamu membutuhkan saran dari dokter seputar peninggi badan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Ada banyak dokter spesialis yang bisa dihubungi dan mintai pendapat mengenai kondisi kesehatan kamu. Dokter spesialis dapat dihubungi melalui chat, voice call atau video call di mana saja, kapan saja melalui smartphone kamu. Selain itu, kamu juga bisa membeli obat dengan cepat, aman, dan nyaman melalui fitur Pharmacy Delivery. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.

(Baca juga: Olahraga saat Menstruasi, Bolehkah?)