Mitos atau Fakta, Rajin Renang Bisa Meninggikan Badan?

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Mitos atau Fakta, Rajin Renang Bisa Meninggikan Badan?

Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin pernah mendengar atau disarankan untuk melakukan olahraga renang jika ingin menambah tinggi badan. Memang, banyak orang yang percaya bahwa jenis olahraga air ini bisa membuat seseorang menjadi lebih tinggi, terutama jika dilakukan sejak masa kanak-kanak. Namun, benarkah rutin berenang bisa membuat seseorang mendapat tinggi badan tambahan? 

Anggapan tersebut ternyata tidak sepenuhnya salah. Renang memang menjadi salah satu olahraga yang bisa dipilih untuk membantu dan mendukung pertumbuhan tinggi badan anak. Namun perlu diingat, berenang tidak bisa menjadi satu-satunya cara yang diandalkan untuk mendapat hal tersebut. Ada beberapa faktor lain yang nyatanya bisa memengaruhi pertumbuhan dan tinggi badan anak. 

Baca juga: Faktor yang Pengaruhi Tinggi Badan Si Kecil

Bagaimana Renang bisa Membuat Anak Lebih Tinggi? 

Olahraga ini disebut-sebut bisa memicu pelepasan hormon pertumbuhan yang berperan dan memengaruhi tinggi badan seseorang. Tak hanya itu, saat berenang pun hampir semua otot-otot tubuh bekerja, sehingga bisa membantu menambah tinggi badan anak. Olahraga ini akan memberi tekanan lebih pada beberapa otot, terutama otot kaki, lengan, tulang belakang, dan dada. Hal ini bisa membantu meningkatkan fungsi otot serta pelepasan energi. 

Rutin berenang juga disebut bisa membantu membuat tulang belakang dan kaki menjadi lebih panjang. Hal itu kemudian bisa membantu menambah tinggi badan. Untuk mendapat manfaat ini, sebaiknya perkenalkan dan biasakan anak untuk berang sejak kecil. Selain membantu pertumbuhan tubuh, berenang dapat menstimulasi tumbuh kembang anak dan juga membawa manfaat lainnya, termasuk memperbaiki sel-sel yang rusak. 

Meski diyakini bisa menambah tinggi badan, nyatanya olahraga bukan satu-satunya hal yang berpengaruh. Dalam tumbuh kembang, ada faktor-faktor lain yang juga berpengaruh pada kondisi tubuh termasuk tinggi badan. Selain membiasakan olahraga renang, orangtua juga disarankan untuk memperhatikan faktor-faktor lain agar Si Kecil bisa tumbuh dengan optimal. Ada dua faktor utama yang memengaruhi tinggi badan seseorang, yaitu genetik dan lingkungan.

Baca juga: 3 Cara Biar Anak Tumbuh Tinggi

Faktor genetik bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Jika lingkungan dan asupan nutrisi mendukung, bukan tidak mungkin seorang anak akan tumbuh dengan tubuh yang tinggi, bahkan melebihi tinggi kedua orangtuanya. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi, olahraga, dan kualitas tidur anak untuk mengoptimalkan tumbuh kembang tubuhnya. Berikut ini beberapa faktor yang perlu diperhatikan jika ingin membantu Si Kecil tumbuh tinggi:

  • Olahraga Rutin 

Aktifi bergerak dan berolahraga bisa menjadi salah satu pendukung agar Si Kecil tumbuh tinggi. Anak yang aktif nyatanya memiliki pertumbuhan yang lebih baik jika dibandingkan dengan teman seusianya yang jarang berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa menjadi pilihan untuk merangsang perkembangan anak, yaitu berenang dan basket.

  • Asupan Nutrisi

Olahraga yang rutin tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika tidak dibarengi dengan asupan nutrisi yang baik. Nyatanya, gizi seimbang dan asupan makanan sehat menjadi salah satu cara untuk membantu anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Ibu bisa membantu merangsang pertumbuhan tinggi badan anak dengan meningkatkan jumlah asupan protein harian.

  • Cukup Istirahat

Pastikan juga anak mendapat waktu tidur yang cukup. Saat tidur, sel-sel dalam tubuh akan bekerja untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Normalnya, Si Kecil membutuhkan tidur malam setidaknya 10–12 jam dalam satu hari. 

Baca juga: 8 Manfaat Positif dari Rutin Berenang

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa kapan dan di mana saja menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Your Body Changing. Diakses pada 2019. Does Swimming Make You Taller.
Livestrong. Diakses pada 2019. How to Increase Height for Kids.