21 May 2019

Ketahui 4 Manfaat Blewah untuk Kecantikan

4 Manfaat Blewah untuk Kecantikan

Halodoc, Jakarta - Buah blewah adalah buah yang cukup khas selama bulan Ramadan. Buah blewah mudah ditemukan di dalam sajian buka puasa seperti es buah yang manis dan menyegarkan. Manfaat buah blewah memenuhi 68 persen dari kebutuhan vitamin A setiap harinya. Buah ini juga mampu memenuhi 61 persen kebutuhan vitamin C harian. Tidak hanya itu saja, buah blewah mengandung mineral penting seperti zinc, kalium, magnesium, mangan, dan folat.

Selain bermanfaat untuk tubuh, konsumsi blewah bermanfaat untuk kecantikan. Nah, berikut ini manfaat blewah yang didapatkan jika rutin mengonsumsinya:

Baca Juga: 5 Buah yang Membuat Kulitmu Semakin Mulus

Mencegah Penuaan Dini

Kulit dapat dengan mudah kehilangan kecantikannya akibat  paparan sinar UV, polusi, radiasi penyejuk ruangan, dan lainnya. Nah, kombinasi vitamin C dan betakaroten dalam buah blewah adalah antioksidan kuat yang melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh dan kulit tersebut. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam buah blewah mampu membantu pembentukan kolagen, sehingga kulit lebih kenyal dan tetap cantik.

Menurunkan Berat Badan

Ada kabar baik bagi kamu yang tengah menjadikan puasa sekalian diet, bahwa ternyata buah blewah bisa dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan rendahnya kalori dan gula dalam buah ini. Kandungan seratnya yang berlimpah mampu menunjang suksesnya program diet untuk mengurangi berat badan. Pastikan mengombinasikannya dengan menu makanan sehat dan olahraga rutin agar saat hari raya nanti, kamu bisa mendapatkan berat badan ideal.

Baca Juga: 6 Jenis Buah Untuk Diet Bisa Untuk Turunkan Berat Badan

Mengatasi Sulit Tidur

Buah blewah dianjurkan untuk mereka yang mengidap insomnia. Hal ini disebabkan oleh sifat sedatif dalam buah segar ini, yang mampu meningkatkan kualitas tidur pada seseorang. Penting untuk diingat, bahwa mereka yang memiliki kualitas tidur yang baik memiliki wajah yang lebih sehat. Pasalnya, tidur yang cukup berdampak pada proses regenerasi kulit.

Pada waktu malam, kulit menghasilkan kolagen lebih banyak sehingga regenerasi kulit lebih cepat terjadi. Hal ini yang menyebabkan kamu merasakan kulit menjadi lebih segar, sehat, cantik, dan bercahaya ketika bangun tidur. Selain itu, tidur cukup bisa mencegah timbulnya stres dalam diri kamu yang akan berdampak pada munculnya jerawat, komedo, kulit kering, dan kulit kusam.

Mengatasi Kulit Kering atau Terbakar

Manfaat blewah untuk kecantikan kulit lainnya yaitu mampu mengatasi kulit kering dan terbakar dengan cara dibuat sebagai masker. Apalagi saat kulit terpapar sinar matahari dalam waktu cukup lama, maka wajah dapat dengan mudah menjadi kering dan terbakar.  Kamu cukup menjadikan buah blewah sebagai masker wajah.

Caranya dengan mengirisnya tipis-tipis lalu dibungkus dengan kain kasa atau kain lain yang bersih. Setelah itu, kamu bisa menempelkan buah blewah yang sudah dibungkus tadi ke area wajah selama 15 menit. Kandungan air dan vitamin C di dalamnya mudah meresap ke dalam kulit sehingga membuat kulit kembali segar. Setelah itu, jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih dan dikeringkan menggunakan tisu wajah atau handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk. Masker ini pun bisa kamu pakai kapan saja kamu mau.

Baca Juga: 3 Masker Wajah Alami Agar Kulit Semakin Glowing

Mau tahu lebih jauh cara membuat kulit semakin mulus? Atau memiliki pertanyaan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!