Ini 5 Alasan Penting Harus Gunakan Sunblock

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini 5 Alasan Penting Harus Gunakan Sunblock

Halodoc, Jakarta – Paparan sinar matahari dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Namun, apabila kulit kamu sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama, maka kondisi ini dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan kulit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko paparan sinar matahari pada kulit, salah satunya menggunakan sunblock atau tabir surya.

Baca juga: Sudah Tahu? Ini Cara Pakai Sunscreen yang Benar

Sunblock adalah produk kesehatan kulit berupa losion, krim, gel atau spray yang digunakan untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari yang mengandung UV. Tidak ada salahnya mengetahui beberapa alasan penting dan manfaat yang akan kamu rasakan ketika kamu rutin menggunakan sunblock sebelum beraktivitas di luar ruangan.

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Penggunaan sunblock membantu kamu untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. UVA maupun UVB sama-sama dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Sinar UVA menimbulkan kerusakan yang lebih parah dibandingkan UVB karena sinar UVA menembus bagian kulit yang paling dalam. Selain itu, sinar UVA juga membuat penuaan pada kulit lebih cepat. Sementara sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar atau sunburn.

2. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Tidak hanya menghindari paparan sinar UVA dan UVB, menggunakan sunblock secara rutin sebelum kegiatan di luar ruangan menurunkan risiko seseorang alami kanker kulit, khususnya melanoma. Jenis kanker kulit ini berisiko dialami oleh wanita yang memiliki rentang usia 20 tahun. Ada beberapa gejala kanker kulit, seperti kulit yang bersisik, muncul bercak pada kulit, permukaan kulit gatal yang disertai nyeri, tahi lalat tumbuh menjadi lebih besar dan ada benjolan pada permukaan kulit. Sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk lakukan pemeriksaan dan pencegahan terhadap kanker kulit.

Baca juga: Faktanya, Sunblock Tidak Selalu Melindungi Kulit

3. Mencegah Penuaan Dini

Paparan sinar matahari yang berlangsung terus-menerus dapat mengakibatkan kulit mengalami penuaan dini. Ada beberapa gejala ketika kulit alami penuaan dini, seperti kulit mengalami kerutan di beberapa bagian terutama wajah, kulit yang mengalami penurunan elastisitas kulit sehingga menjadi kendur dan lebih kusam. Penggunaan sunblock secara rutin mampu mencegah penuaan dini yang membuat kulit kamu terlihat sehat dan lebih muda. 

4. Meratakan Warna Kulit

Menggunakan sunblock dapat membuat warna kulit kamu menjadi rata. Selain itu, rutin menggunakan sunblock pada tubuh atau sunscreen pada wajah nyatanya dapat menghindari warna belang pada tubuh maupun flek hitam pada wajah.

5. Menghindari Kulit Terbakar

Terlalu lama terpapar sinar matahari meningkatkan risiko kulit terbakar. Kulit terbakar atau sunburn merupakan kondisi ketika kulit mengelupas, membengkak, merah, gatal-gatal akibat paparan sinar UVB secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Penggunaan sunblock setiap 2-3 jam sekali dapat menurunkan risiko sunburn atau kulit terbakar. Jangan khawatir, kondisi sunburn dapat diatasi dengan menggunakan beberapa bahan alami, salah satunya mengoleskan lidah buaya pada bagian kulit yang alami sunburn.

Baca juga: Cek Fakta di Balik Sunblock dengan SPF Tingkat Tinggi

Tidak ada salahnya jika kamu ingin mendapatkan perlindungan yang maksimal gunakan sunblock setiap 2-3 jam sekali. Hal ini disebabkan sunblock dapat berkurang perlindungannya karena berbagai faktor, seperti gesekan dengan kulit, terkena keringat atau benda lainnya.

Referensi:
Unity Point Health. Diakses pada 2019. 8 Reasons to Wear Sunscreen
Huffpost. Diakses pada 2019. Sunscreen Benefits
Kate Somerville. Diakses pada 2019. 5 Benefits of Sunscreen