• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Rekomendasi Bahan Skincare untuk Kulit Kusam
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Rekomendasi Bahan Skincare untuk Kulit Kusam

Ini 5 Rekomendasi Bahan Skincare untuk Kulit Kusam

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 November 2022

“Ada beberapa bahan skincare yang direkomendasikan untuk mengatasi kulit kusam. Mulai dari hyaluronic acid, alpha hydroxy acids, vitamin C, hingga shea butter.”

Ini 5 Rekomendasi Bahan Skincare untuk Kulit KusamIni 5 Rekomendasi Bahan Skincare untuk Kulit Kusam

Halodoc, Jakarta – Kulit yang kusam merupakan salah satu permasalahan kulit yang umum dialami banyak orang. Ada berbagai faktor yang dapat memicu kondisi ini. Mulai dari kurangnya kelembapan, sehingga timbul warna lain yang menutupi kulit, hingga penumpukan sel kulit mati. Selain itu, kulit kusam juga diketahui dapat disebabkan oleh faktor penuaan hingga kebiasaan merokok. 

Kondisi ini memang dapat menurunkan kepercayaan diri pada banyak orang terkait penampilannya. Karena itu, penting untuk memilih produk skincare atau perawatan kulit yang sesuai untuk kondisi ini. Khususnya terkait bahan skincare apa saja yang direkomendasikan untuk mengatasinya. 

Rekomendasi Bahan Skincare untuk Kulit Kusam

Ada beberapa bahan skincare yang direkomendasikan untuk mengatasi kulit kusam, antara lain: 

1. Hyaluronic acid

Hyaluronic acid atau asam hialuronat merupakan salah satu kandungan dalam skincare yang direkomendasikan untuk mengatasi wajah kusam. Asam hialuronat merupakan  glikosaminoglikan alami yang ditemukan di seluruh jaringan ikat tubuh. Senyawa ini juga merupakan komponen utama yang memberi struktur kulit.

Selain dipergunakan untuk mengatasi kulit kusam, hyaluronic acid juga diketahui dapat dipergunakan untuk mengatasi kulit kering. Sebab, kandungan hyaluronic acid pada skincare dapat membuat kulit lebih terhidrasi.

2. Alpha hydroxy acids

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit merupakan salah satu aspek penting dalam mengatasi kulit kusam. Sebab, eksfoliasi kulit dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi sel-sel kulit mati. Nah, salah satu bahan yang direkomendasikan untuk eksfoliasi kulit kusam adalah alpha hydroxy acids atau AHA. 

Saat asam ini mengelupas kulit, sel kulit mati akan rusak. Kulit baru yang terungkap di bawahnya akan muncul sehingga terlihat lebih cerah dan bercahaya. Bahkan, AHA dengan asam glikolat dapat membantu memecah akumulasi sel kulit, sedangkan produk dengan asam sitrat dapat lebih mencerahkan kulit. 

3. Vitamin C

Bahan skincare selanjutnya yang direkomendasikan untuk mengatasi kulit kusam adalah vitamin C. Vitamin C atau asam askorbat sendiri merupakan nutrisi yang larut dalam air. Perannya dalam menjaga kesehatan dan menjaga sistem imunitas tubuh memang tidak perlu diragukan. 

Namun, perlu diketahui bahwa vitamin C yang digunakan secara topikal, terbukti secara klinis dalam menjaga kesehatan kulit. Sebab, vitamin C memiliki senyawa antioksidan, anti penuaan, dan bersifat anti pigmentasi. 

Selain itu, vitamin C diketahui bermanfaat dalam memelihara dan memperbaiki kulit yang rusak. Menariknya lagi, nutrisi ini juga berpotensi meningkatkan produksi kolagen, yang berfungsi dalam menjaga kulit tetap awet muda dan kenyal. 

4. Niacinamide

Niacinamide adalah kandungan yang lazim ditemukan pada banyak produk skincare untuk mengatasi kulit kusam. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kandungan niacinamide yang berasal dari vitamin B3, mampu memudarkan bekas jerawat dan beragam jenis hiperpigmentasi pada kulit wajah. Di samping itu, niacinamide juga diketahui dapat meredakan inflamasi sekaligus iritasi pada kulit. Karena itu, tidak heran mengapa banyak produk skincare mengandung niacinamide di dalamnya. 

5. Shea butter

Diketahui bahwa shea butter merupakan kandungan yang dapat membantu melembapkan kulit dari luar. Selain itu, bahan ini juga diklaim aman dipergunakan untuk semua jenis kulit. Menariknya lagi, shea butter juga mengandung senyawa triterpenes, yang dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan memicu produksi sel baru pada kulit. 

Itulah beberapa rekomendasi bahan skincare untuk kulit kusam. Apabila beberapa bahan tersebut tak kunjung membuat kulit kusam membaik, sebaiknya segeralah periksakan kondisi kulit. Sebab, bisa jadi kulit yang kusam merupakan indikasi gangguan kulit tertentu. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji medis untuk memeriksakan kondisi kesehatan kulit. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Banner download aplikasi Halodoc

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. 9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin. 
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Using Alpha Hydroxy Acids (AHAs). 
Very Well Health. Diakses pada 2022. Vitamin C Benefits for Skin. 
Vogue. Diakses pada 2022. Have dull skin? These active skincare ingredients and their products will help.