Ini Penyakit-Penyakit yang Ditangani Ahli Gizi Klinis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Penyakit-Penyakit yang Ditangani Ahli Gizi Klinis

Halodoc, Jakarta - Ahli gizi klinis adalah seseorang yang memiliki kapabilitas untuk memberikan informasi tentang gizi, rekomendasi makanan dan pola makan sehat. Untuk mendapatkan gelar ahli gizi klinis, seseorang perlu mempelajari proses pencernaan, penyerapan, penggunaan, dan penyimpanan zat-zat yang memiliki nutrisi baik untuk tubuh. 

Selain itu, ilmu gizi klinik juga mempelajari seputar hubungan zat-zat bergizi dengan kesehatan dan bermacam-macam penyakit yang berkaitan dengan gizi. Hal penting lain yang perlu dipelajari adalah proses metabolisme untuk mencegah penyakit dan aspek-aspek kuratif maupun rehabilitatif.

Baca Juga: Intip Gaya Makan Pescatarian ala Ed Sheeran

Ahli gizi klinis umumnya bekerja di rumah sakit, panti jompo, fasilitas perawatan, ataupun kantor medis. Pekerjaan ahli gizi klinis membantu dokter spesialis gizi klinis dalam merancang ataupun menerapkan strategi nutrisi yang telah diresepkan untuk seseorang yang sedang menjalani rawat inap maupun rawat jalan.

Apakah Ahli Gizi Klinis Sama dengan Dietitian?

Hampir sebagian besar orang menganggap ahli gizi klinis sama dengan ahli diet. Faktanya, kedua profesi tersebut punya porsi dan cara pencapaian yang berbeda. Gelar ahli gizi didapat melalui didapat melalui pendidikan sarjana dan meraih gelar di bidang nutrisi dari perguruan tinggi yang sudah terakreditasi atau telah melakukan kursus bidang nutrisi. 

Hampir sebagian besar ahli gizi bekerja di badan publik, pemerintah, ataupun bekerja secara pribadi. Ahli gizi yang tidak memiliki lisensi formal dan tidak memiliki pelatihan praktis profesional tidak boleh terlibat dalam pengobatan seputar gizi dan nutrisi maupun diagnosis penyakit apapun.

Ahli diet merupakan ahli gizi dan nutrisi yang didapat melalui penyetaraan formal gelar RD (Registered Dietitian). Ahli diet bertugas untuk merencanakan masalah pola makan dan nutrisi pada tingkat individual, maupun isu kesehatan masyarakat yang lebih luas ketimbang ahli gizi pada umumnya. 

Kondisi Kesehatan Ditangani oleh Ahli Gizi Klinis

Pengidap kondisi medis tertentu perlu menerapkan pola makan yang sehat guna mempertahankan kesehatannya. Dalam hal ini, dokter gizi klinis akan menentukan strategi terapi nutrisi dan ahli gizi klinis akan membantu merencanakan pola dan menu makan terbaik bagi pengidap penyakit tertentu. Kondisi kesehatan apa saja yang bisa ditangani oleh ahli gizi klinis, yakni:

Baca Juga: Mengidap Kolesterol Tinggi, Konsumsi 10 Makanan Ini

Cara Kerja Ahli Gizi Klinis

Pertama-tama, dokter gizi klinis akan bertanya seputar riwayat kesehatan, gaya hidup yang diterapkan, dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Setelah itu, dokter gizi akan melakukan pemeriksaan fisik dan meninjau status gizi.. Kemudian, barulah dokter gizi berdiskusi dengan klien seputar penyakit yang diidap dengan memberikan semua informasi terkait dan menjawab semua pertanyaan dari klien.

Kemudian dokter gizi klinis memberikan terapi nutrisi misalnya dengan meresepkan jumlah asupan kalori per hari, termasuk cara pemberian nutrisi, dan apakah perlu ditambahkan dengan suplemen atau obat-obatan lain terkait masalah gizi. Lalu, dokter gizi klinis akan berkomunikasi dengan dietitian atau ahli gizi yang akan menentukan pola dan menu makanan dalam sehari, termasuk edukasi masalah penyakit terkait gizi, misal makanan apa saja yang perlu dihindari, ataupun jenis olahraga yang dapat dilakukan. 

Ahli gizi juga tidak akan lupa memberi kiat-kiat untuk mengontrol penyakit guna menjaga kondisi kesehatan tetap stabil.

Akan lebih baik jika klien melakukan pertemuan dengan ahli gizi guna memonitor kondisi kesehatan dan sejauh mana keberhasilan terapi nutrisi yang disarankan oleh ahli gizi. Klien setidaknya rutin berdiskusi dengan ahli gizi kurang lebih selama 6 bulan, tergantung pada kemajuan dan kesehatan secara keseluruhan. Kalo pengidap dari RS kontrol lebih ke dokter gizi klinis, terutama malnutrisi kontrolnya ke dokter Sp.Gk

Baca Juga: 5 Menit untuk Hidup Lebih Sehat

Nah, bagi kamu yang membutuhkan bantuan ahli gizi, sekarang bisa lho buat janji dengan ahli gizi di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!