Ini Waktu Paling Tepat untuk Membersihkan Karang Gigi

Ini Waktu Paling Tepat untuk Membersihkan Karang Gigi

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan mulut dan gigi menjadi kebiasaan yang penting untuk dilakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari perbanyak konsumsi cairan yang dapat menghindari kondisi mulut kering, menggosok gigi setiap hari, dan rutin memeriksakan kesehatan gigi pada dokter gigi.

Baca juga: Kenali Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut

Jika kamu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik tentu kamu akan terhindar dari beragam masalah kesehatan mulut serta gigi, seperti karang gigi. Karang gigi adalah lapisan kotoran yang menumpuk pada gigi dan sulit untuk dibersihkan. Kondisi karang gigi atau dalam bahasa medis disebut kalkulus adalah hasil penumpukan plak yang mengeras dan tidak mendapatkan penanganan. Plak terbentuk akibat adanya sisa makanan yang tertinggal dan menumpuk pada gigi.

Umumnya kondisi karang gigi tidak menyebabkan gejala khusus pada pengidapnya. Sebaiknya perhatikan kondisi kesehatan mulut jika kamu mengalami perubahan pada mulut dan gigi, seperti mulut kering dan masalah bau mulut yang tidak kunjung hilang. Karang gigi yang dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi pada kesehatan mulut serta gigi seperti gigi berlubang, gigi mudah tanggal, dan penyakit gingivitis atau peradangan gusi.

Ketika karang gigi telah menyebabkan gingivitis pada gusi, maka kondisi ini menimbulkan gejala seperti gusi yang lebih sensitif, pembengkakan gusi pada bagian gigi yang memiliki karang gigi, gusi lebih berwarna gelap, dan gusi yang lebih mudah berdarah.

Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Karang Gigi

Jangan sepelekan masalah karang gigi. Rutin memeriksakan kesehatan mulut serta gigi pada dokter menjadi salah satu pencegahan yang baik untuk karang gigi. Selain melihat kondisi kesehatan gigi, tidak ada salahnya untuk rutin membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali pada dokter gigi. Sebaiknya jangan menunggu karang gigi semakin menumpuk.

Banyak orang yang menyepelekan karang gigi, padahal karang gigi dapat menyebabkan komplikasi untuk kesehatan mulut serta gigi jika tidak segera diatasi. Selain rutin berkunjung pada dokter gigi, rutin membersihkan gigi setiap harinya menjadi cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari masalah karang gigi.

Baca juga: 7 Langkah Pencegahan Radang Gusi

Pencegahan Karang Gigi

Lakukan pencegahan karang gigi agar kamu terhindar dari berbagai permasalah kesehatan mulut serta gigi dengan melakukan beberapa cara di bawah ini, yaitu:

  1. Jangan lupa untuk menyikat gigi dengan teratur. Lakukan sikat gigi yang sesuai dengan gerakan memutar. Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut agar dapat membersihkan hingga sela-sela gigi.

  2. Selain memilih sikat gigi yang tepat, jangan lupa pilih pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluorida agar membantu untuk menghilangkan plak-plak yang menempel pada gigi.

  3. Selain sikat gigi, gunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

  4. Menggunakan obat kumur yang mengandung antibakteri juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya penumpukan plak pada gigi.

  5. Hindari kebiasaan merokok. Bahan-bahan kimia yang ada dalam rokok dapat menyebabkan penumpukan karang gigi.

Jika dampak dari karang gigi dapat menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu aktivitas kamu sehari-hari tidak ada salahnya untuk segera berkunjung ke dokter gigi. Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter gigi di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: Ketahui 5 Cara Hilangkan Plak Gigi