Ternyata, Ini Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Ternyata, Ini Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Halodoc, Jakarta - Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan umat muslim di seluruh dunia selama satu bulan penuh pada bulan Ramadan. Sebagian umat Islam telah terbiasa dengan ibadah berpuasa ini, sehingga tak jarang banyak yang menjadikan puasa sebagai gaya hidup. Banyak juga orang yang menganggap puasa sebagai cara ampuh untuk menurunkan berat badan, melakukan detoksifikasi tubuh atau mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat lagi.

Puasa tidak hanya bermanfaat untuk sistem pencernaan, tapi faktanya juga mendatangkan manfaat untuk kesehatan mulut dan gigi. Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya!

  • Mencegah Penyakit Sekitar Mulut

Berpuasa juga dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan jaringan periodontal. Hal ini berarti, risiko terjadinya peradangan pada jaringan periodontal bisa dihindari. Namun bukan berarti kamu jadi abai merawatnya. Selama puasa, pastikan kamu menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride setelah makan baik itu setelah makan sahur atau berbuka puasa. Kamu disarankan untuk berkumur dengan cairan khusus untuk membersihkan area mulut secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Tips Cegah Bibir Kering Saat Puasa

  • Mencegah Kerusakan Gigi

Perlu diperhatikan semakin banyak jenis makanan yang masuk, maka semakin bervariasi pula kuman yang hinggap di rongga mulut. Dengan berpuasa, kamu tidak akan kemasukan makanan atau minuman selama hampir dua belas jam sehingga bakteri yang masuk ke mulut tidak sebanyak hari biasa. Hasilnya, kerusakan gigi dan infeksi rongga mulut bisa dicegah. Nah, jika kebersihan rongga mulut dapat dijaga kebersihannya, maka penyakit sekitar mulut dan saluran cerna bisa dicegah.

  • Menjaga Keseimbangan Flora di Dalam Mulut

Flora normal adalah sekumpulan mikroorganisme yang hidup pada kulit dan selaput lendir/mukosa manusia sehat maupun sakit. Pertumbuhan flora normal pada bagian tubuh tertentu dipengaruhi oleh suhu, kelembapan, nutrisi, dan adanya zat penghambat. Keadaan flora normal pada bagian tubuh tertentu mempunyai peranan penting dalam pertahanan tubuh karena menghasilkan zat yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang lain.

Berpuasa memberikan waktu bagi organ-organ tubuh untuk beristirahat sejenak. Hal ini turut memengaruhi keseimbangan flora normal di dalam rongga mulut, sehingga gigi berlubang serta gangguan pada gusi tak akan terjadi.

Baca Juga: Diet Sambil Puasa, Begini Caranya

Di samping itu, keseimbangan flora di dalam mulut juga membuat bakteri tidak serta-merta melepaskan gas VSCs (Volatile Sulphur Compounds), yang merupakan penyebab bau mulut atau halitosis. Ini artinya, berpuasa menjaga kebersihan rongga mulut sehingga terbebas dari masalah bau mulut.

Supaya manfaatnya dapat kamu rasakan, maka kamu wajib menjaga kebersihan mulut selama berpuasa. Caranya dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah sahur dan berbuka. Saat menyikat, pastikan kamu menggunakan sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Baca Juga: Jadi Keluhan Umum, Begini Cara Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Itulah sedikit penjelasan tentang manfaat puasa bagi kesehatan mulut dan gigi.  Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah saja, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!