05 February 2019

Inilah 5 Menu Sehat saat Tahun Baru Imlek

inilah 5 menu sehat saat tahun baru imlek

Halodoc, Jakarta – Hari ini, hampir semua warga keturunan Tionghoa merayakan tahun baru China atau yang biasa disebut juga dengan Imlek atau Xin Jia. Selain amplop merah atau angpao, hal lain yang juga paling dinanti-nanti dari hari raya Imlek adalah momen kebersamaan di mana seluruh anggota keluarga besar bisa berkumpul untuk bersilaturahmi sambil menikmati berbagai macam hidangan khas China yang lezat.

Enggak heran bila banyak orang Tionghoa mengeluh berat badan mereka bertambah hingga setengah atau satu kilogram setelah merayakan Imlek. Nah, biar tetap sehat dan berat badan tetap terjaga, simak dulu menu sehat berikut yang bisa kamu nikmati saat Imlek.

Enggak semua hidangan khas Imlek pasti berlemak dan menggemukan. Nyatanya, selain  menyimpan makna baik di baliknya, beberapa hidangan Imlek juga bernutrisi tinggi yang dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi, biar kamu bisa tetap merayakan Imlek dengan gembira tanpa takut kesehatan dan berat badan terganggu, pilihlah makanan berikut untuk dikonsumsi:  

1. Pindang Bandeng

Ikan merupakan salah satu hidangan wajib yang harus disajikan saat Imlek. Pasalnya, ikan adalah lambang kemakmuran, kebahagiaan, dan kelimpahan, sehingga dianggap dapat mewakili harapan semua orang di tahun baru. Nah, salah satu hidangan ikan khas Imlek yang paling populer adalah pindang bandeng.

Selain rasanya yang sangat lezat, ikan ini juga diolah dengan cara direbus, sehingga kamu enggak perlu khawatir berat badan naik saat mengonsumsinya. Makan ikan juga dikenal dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaatnya, antara lain meningkatkan kemampuan otak, mengurangi risiko penyakit jantung, dan baik untuk mata.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Ikan

2. Sup Tahun Baru

Makanan sehat saat Imlek lainnya adalah sup tahun baru. Sup ini terdiri dari daging ayam kampung, teripang, bakso sapi, udang, jamur hioko dan dimasak dengan kaldu ayam kampung ditambah bawang putih dan biji teratai. Wah, sudah kebayang kan bagaimana lezat dan sehatnya hidangan yang satu ini.

Selain menghangatkan dan tidak bikin gemuk, beberapa bahan-bahan pembuat sup tersebut, seperti jamur hioko dan teripang juga memiliki nilai gizi yang tinggi lho. Jamur hioko dikenal sebagai makanan berprotein tinggi, sedangkan teripang atau dikenal juga dengan hoi som, kaya akan protein, mineral, vitamin, dan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan.

Baca juga: Dikenal Sebagai Comfort Food, Ini 5 Manfaat Konsumsi Sup

3. Pangsit

Biasa disebut juga oleh masyarakat Tionghoa dengan sebutan ‘jiaozi’, pangsit juga merupakan makanan sehat saat Imlek. Ini karena pangsit dimasak dengan cara dikukus, sehingga lebih sehat dan tidak bikin gemuk. Isi pangsit biasanya terdiri dari daging-dagingan, seperti ayam, udang, ataupun babi dan dicampur dengan sayuran.

4. Asinan

Menu sehat saat imlek yang juga tidak boleh ketinggalan adalah asinan. Sayuran yang digunakan dalam asinan cukup beragam, sehingga bisa memberimu banyak asupan vitamin dan mineral. Selain itu, bahan-bahan, seperti tahu dan kacang yang juga terdapat dalam asinan dapat memberimu asupan protein. Tahu yang digunakan juga bukan digoreng, melainkan dikukus, sehingga tidak akan menambah kalori yang berasal dari minyak goreng.

5. Buah-Buahan

Perayaan tahun baru Imlek juga berlimpah dengan buah-buahan. Salah satu jenis buah yang wajib dihadirkan saat Imlek adalah jeruk. Ini karena jeruk adalah simbol kelimpahan dan kebahagiaan. Enggak hanya bermakna baik, jeruk juga dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C, sehingga bisa memberi manfaat, seperti melindungi kulit, melancarkan sistem pencernaan, dan baik untuk mata.

Baca juga: 8 Manfaat Jeruk, Buah Kaya Vitamin C

Nah, itulah makanan sehat saat Imlek yang bisa konsumsi agar berat badan tetap terjaga. Jangan lupa download Halodoc juga ya di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatan kamu. Jadi, bila sakit, kamu bisa langsung menghubungi dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.