24 July 2018

Dikenal Sebagai Comfort Food, Ini 5 Manfaat Konsumsi Sup

manfaat konsumsi sup

Halodoc, Jakarta – Semangkuk sup yang hangat memang menjadi pilihan makanan terbaik saat cuaca sedang dingin. Enggak hanya punya rasa yang lezat, makanan berkuah ini juga bisa menghangatkan tubuh kamu. Bahkan saat sedang sakit flu, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi sup yang bisa membantu pemulihan gangguan pernapasan kamu. Masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sup. Yuk, cari tahu di sini.

1. Mudah Dicerna

Saat sakit, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, namun kaya akan gizi. Itulah mengapa sup menjadi salah satu pilihan makanan terbaik saat sakit. Kuah dari sup yang hangat bisa mudah ditelan dan dicerna tubuh, sedangkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sup biasanya berupa sayur-sayuran yang kaya akan nutrisi, seperti wortel, tomat, kentang, dan lain-lain.

Walaupun lebih praktis membeli sup yang sudah jadi, namun dengan membuat sup sendiri, kamu dapat menambahkan beberapa sayuran yang kaya akan serat seperti brokoli dan jamur. Selain itu, sup yang dibeli dari tempat makan juga biasanya mengandung monosodium glutamat (MSG), sehingga kurang sehat.

Baca juga: Ketahui Dampak MSG Berlebih Bagi Kesehatan

2. Kaya akan Nutrisi

Dalam suatu penelitian di Inggris, sup merupakan jenis makanan yang penting untuk dimasukkan ke dalam menu makanan setiap hari. Hal ini karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam semangkuk sup cukup lengkap, mulai dari kalori, kalsium, serat dari sayur-sayuran, vitamin, protein hewani, mineral sampai lemak (dari kaldu ayam) yang semuanya dibutuhkan oleh tubuh.

3. Dapat Membantu Pemulihan Flu

Para ahli telah menyetujui bahwa sup berperan dalam pemulihan penyakit flu. Hal ini karena uap panas yang berasal dari sup dapat membantu melancarkan hidung yang tersumbat. Selain itu, Dr. Stephen Rennard dari University of Nebraska Medical Center di Omaha melakukan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Chest pada tahun 2000. Penelitiannya bertujuan untuk memastikan apakah benar sup ayam dapat menyembuhkan sakit flu.

Hasilnya, sup mampu menghambat pergerakan neutrofil, yaitu sejenis sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi. Dengan meningkatkan sel-sel tersebut di dalam tubuh, sup ayam disimpulkan mampu mengurangi gejala-gejala pilek pada sistem pernapasan bagian atas.

Baca juga: Tanpa Minum Obat, Redakan Flu Bisa dengan 4 Makanan Sehat Berikut

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Nah, buat kamu yang sedang diet, sup juga menjadi pilihan makanan terbaik. Peneliti di Inggris juga mengungkapkan bahwa blended soup (sup yang diblender) mengandung serat yang punya kemampuan menahan air lebih lama, sehingga membuat kamu tidak mudah lapar. Tipsnya, masukkan berbagai macam sayuran berserat ke dalam kaldu sup. Selain itu, hindari mengonsumsi cream soup karena kandungan butter milk di dalamnya dapat memberikan banyak kalori dalam tubuh.

5. Membantu Menghidrasi Tubuh

Makanan berkuah seperti sup juga bisa membantu menambah asupan cairan tubuh harian kamu, lho. Hal ini sangat penting, apalagi bila kamu sedang demam. Sup yang kaya akan kandungan air dan mineral dapat membantu menghidrasi tubuhmu, sehingga dapat membantu proses penyembuhan demam yang kamu alami.

Baca juga: 5 Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Jadi, yuk mulai biasakan mengonsumsi sup secara rutin. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut soal jenis makanan tertentu dan kandungan nutrisi di dalamnya, tanyakan saja ke dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter melalui Chat dan Voice/Video Call kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.