• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Olahraga yang Aman untuk Pengidap Asam Urat

Olahraga yang Aman untuk Pengidap Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Selama mengalami asam urat, persendian menjadi bengkak dan nyeri olahraga dapat kamu alami. Memang benar, beristirahat menjadi hal paling baik ketika asam urat menyerang, sambil mengompres area yang membengkak sekitar 20 menit dengan es batu.  Rata-rata, serangan asam urat berlangsung selama sekitar 3 hingga 10 hari. Jika kamu bisa beraktivitas seperti biasa, disarankan untuk rutin berolahraga alias melakukan aktivitas fisik. 

Pilihan Olahraga yang Baik untuk Pengidap Asam Urat

Mengurangi rasa sakit, menambah rentang gerak, dan mendapatkan energi yang lebih banyak menjadi beberapa manfaat utama berolahraga. Tidak hanya itu, olahraga secara teratur juga membantu kamu mendapatkan berat badan ideal, dan ini penting untuk pengidap asam urat. 

Baca juga: Asam Urat di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Bukan tanpa alasan, kelebihan berat badan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Terlebih, menurunkan berat badan membantu mengurangi rasa sakit pada sendi karena tekanan yang lebih sedikit. Nah, berikut ini pilihan olahraga yang aman dilakukan untuk pengidap asam urat, yaitu:

  • Berenang

Laman Health Central merekomendasikan olahraga renang untuk kamu yang memiliki riwayat asam urat. Olahraga air ini menjadi cara mudah dan baik untuk meningkatkan mobilitas dan fungsi sendi. Ketika kamu bergerak aktif di dalam air, sendi akan mendapatkan sedikit tekanan. Mulailah secara perlahan dan bertahap, tingkatkan waktu yang kamu pakai untuk sekali berenang. Dua kali setiap minggu setiap 15 menit sudah cukup. 

  • Aerobik

Latihan kardiovaskular membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen untuk metabolisme asam dalam tubuh. Selain itu, sebagian besar latihan aerobik membantu memperkuat otot tubuh bagian bawah. 

Baca juga: Sering Diabaikan, Inilah Penyebab Utama Asam Urat

Pilihlah latihan aerobik dengan intensitas rendah, seperti berjalan kaki, naik turun tangga, atau bersepeda. Mulailah dengan 10 menit setiap hari, lalu tambahkan beberapa menit setiap harinya. Pastikan kamu memenuhi waktu intensitas 30 hingga 45 menit sehari, lima hari satu minggu. 

  • Latihan Kekuatan

Sementara itu, laman Healthgrades menyarankan untuk melakukan latihan kekuatan sebagai jenis olahraga untuk asam urat. Jika kamu tidak aktif bergerak karena persendian yang membengkak dan nyeri, otot mungkin akan menjadi lemah. Mengangkat beban dan melakukan latihan resistensi akan membantu meningkatkan kekuatan otot. Sekali lagi, mulailah dengan perlahan dan secara bertahap, agar tubuh bisa menyesuaikan dengan aktivitas yang kamu lakukan. 

  • Latihan Fleksibilitas

Latihan ini membantu meningkatkan rentang gerak tubuh kamu. Meningkatkan fleksibilitas membuat latihan lebih mudah, sehingga kamu pun lebih leluasa bergerak. Cobalah untuk melakukan latihan ini selama 15 menit setiap hari. Lakukan perlahan dan hindari memaksakan tubuh melakukannya. 

Baca juga: Sering Konsumsi Daging Merah Picu Asam Urat, Benarkah?

Healthline juga menyarankan untuk mengurangi stres selain melakukan aktivitas fisik. Pasalnya, stres, kebiasaan tidur yang kurang baik, dan kurangnya aktivitas fisik bisa memperburuk peradangan dan asam urat yang kamu alami. Kalau kamu merasa memiliki masalah tidur, kamu bisa kok bertanya pada dokter tips terbaik sebagai solusinya. Gunakan saja aplikasi Halodoc untuk chat dengan dokter kapan saja. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. Natural Ways to Reduce Uric Acid in the Body.
Healthgrades. Diakses pada 2020. Exercise is Important when You Have Gout.
Health Central. Diakses pada 2020. Exercising with Gout.