25 May 2018

5 Rutinitas Kecantikan Sebelum Tidur

5 Rutinitas Kecantikan Sebelum Tidur

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit halus dan bercahaya tentu menjadi dambaan setiap wanita. Meski begitu, tak sedikit wanita yang malas merawat kulit sebelum pergi tidur. Sudah lelah atau tidak sempat menjadi alasan yang paling sering diutamakan. Padahal, kulit pun butuh dimanjakan.

Ternyata, meremajakan kulit paling baik dilakukan saat malam hari, lho. Ini disebabkan karena saat terlelap, tubuh kamu akan melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun, termasuk regenerasi sel-sel kulit mati. Oleh karena itulah, menjaga kecantikan sebelum tidur juga penting untuk kamu perhatikan.

Lalu, rutinitas kecantikan apa saja yang perlu kamu lakukan agr kulit tetap halus saat kamu bangun esok paginya?

Membersihkan Wajah dari Sisa Makeup

Saat beraktivitas, kamu tentu menggunakan berbagai makeup agar wajah tampak lebih cantik dan segar. Makeup yang terlalu lama menempel pada kulit wajah akan membuat pori-pori tertutup, padahal kamu pun terkena paparan sinar matahari juga debu dan kotoran saat di luar rumah.

Oleh karena itu, kamu harus langsung membersihkannya. Jangan sampai kamu terlelap dengan wajah masih berbalut makeup. Ini akan membuat jerawat mudah bermunculan di muka. Bahkan, bukan tidak mungkin kulit wajah kamu akan mengalami iritasi.

(Baca juga: 6 Tips Perawatan Kulit di Malam Hari)

Rajin Menggunakan Masker Wajah

Menggunakan masker wajah tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, ya. Kamu harus menyiapkan maskernya, mengoleskannya ke wajah, dan membiarkannya mengering sebelum membilasnya. Inilah yang membuat aktivitas satu ini hanya dilakukan jika memiliki waktu luang.

Padahal, tak hanya membersihkan dan membuat kulit menjadi lebih lembap, masker wajah akan membantu mengembalikan kesegaran kulit wajah yang tampak lelah setelah seharian melakukan aktivitas. Kamu bisa menggunakan masker dari berbagai bahan alami atau membelinya di toko kecantikan. Hati-hati saat memilih ya, karena tidak semua jenis masker akan sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu.

Jangan Lupa Mandi

Sebelum kamu melakukan berbagai perawatan wajah, jangan lupa untuk membersihkan diri terlebih dahulu ya. Tak hanya wajah, tubuh kamu juga pasti lelah dan terasa lengket setelah beraktivitas. Selain membersihkan tubuh dari debu dan kotoran, mandi juga akan membuat tubuh kamu kembali segar.

Sebaiknya, mandilah dengan menggunakan air hangat. Air hangat akan membantu tubuh merasa lebih relaks, sehingga kamu akan tidur lebih nyenyak. Tak hanya itu, air hangat juga membantu membuka pori-pori kulit supaya kotoran yang menempel bisa dikeluarkan dengan mudah.

Gunakan Pelembap Kulit

Rutinitas untuk menjaga kecantikan sebelum tidur selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembap kulit untuk kulit tangan dan kaki kamu. Bukan hanya wajah saja yang perlu dimanjakan, kulit tubuh kamu juga perlu diperhatikan dan mendapatkan perawatan. Kulit yang tidak lembap akan memudahkan munculnya sisik dan keriput, sehingga terasa kasar saat disentuh.

Selain itu, kulit yang selalu terjaga kelembapannya juga bisa mengurangi risiko terjadinya penuaan dini, lho. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap sebelum tidur, ya. Kamu perlu ingat, cari tahu jenis kulit kamu terlebih dahulu sebelum membeli produk pelembap untuk mengurangi risiko iritasi.

(Baca juga: 5 Mitos Kecantikan Ini Terbukti Benar)

Ciptakan Tidur yang Berkualitas

Meski kamu rutin melakukan perawatan kulit, tidak akan ada dampaknya jika kamu punya hobi begadang. Tubuh kamu sudah kelelahan karena berbagai aktivitas, sebaiknya kamu tak lagi melakukan kesibukan setelah tiba di rumah. Kurang tidur akan membuat tubuh kamu mudah lelah, wajah pun akan terlihat lebih lesu dan tidak segar.

 

Itu tadi lima rutinitas yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kecantikan sebelum tidur. Pola hidup cantik harus kamu terapkan tanpa rasa malas supaya kualitas kecantikan sulit selalu terjaga. Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin E ya. Kamu bisa membelinya tanpa perlu keluar rumah dengan aplikasi Halodoc melalui layanan Apotek Antar. Yuk, download aplikasi Halodoc di ponsel kamu sekarang juga!