26 July 2017

Jangan Salah Sebut, Ini 3 Perbedaan Migrain dan Vertigo yang Perlu Diketahui

Jangan Salah Sebut, Ini 3 Perbedaan Migrain dan Vertigo yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta - Dalam dunia medis, sakit atau nyeri kepala memiliki istilah yang disebut cephalgia, yang merupakan suatu kondisi adanya rasa sakit di dalam kepala. Rasa sakit terkadang terjadi pada belakang leher atau punggung bagian atas yang disebut juga sebagai sakit kepala. Jenis penyakit ini termasuk ke dalam keluhan yang sering disampaikan oleh pengidap. Pada umumnya nyeri kepala bisa dibagi menjadi dua, yaitu nyeri kepala primer dan nyeri kepala sekunder.

Nyeri kepala primer merupakan nyeri kepala yang muncul karena respons terhadap stres (baik fisik maupun psikis) yang tidak didasari oleh penyakit lain sebagai penyebab. Salah satu jenis nyeri kepala primer yakni migrain. Migrain merupakan nyeri kepala berdenyut di salah satu sisi kepala, yang pada umumnya berlangsung selama beberapa jam. Pengidap migrain biasanya lebih sensitif terhadap cahaya, suara, dan bau.

Sementara nyeri kepala sekunder adalah nyeri kepala yang dibarengi dengan gejala gangguan saraf, seperti kelemahan pada salah satu alat gerak, mata juling, penglihatan ganda, dan kejang-kejang. Nyeri kepala sekunder bisa disebabkan karena ada kelainan patologis pada otak. Kelainan ini  bisa berupa  hipertensi berat, infeksi otak, tumor otak, stroke, trombosis (sumbatan pada arteri), atau kelainan pembuluh darah otak seperti aneurisma dan artiriovenous malformation. Kamu harus waspada terhadap nyeri kepala jenis ini dan harus segera mendapatkan penanganan medis. Jenis nyeri kepala sekunder yakni vertigo. Vertigo berasal dari bahasa Yunani, yakni vertere yang memiliki arti memutar. Gejala vertigo yang paling utama adalah pengidap merasa seolah-olah dirinya atau benda di sekitarnya bergerak atau berputar, walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak.

Banyak orang sering menyebut istilah migrain atau vertigo untuk menggambarkan sakit kepala yang dirasakannya. Sebenarnya migrain dan vertigo adalah dua diagnosis penyakit yang berbeda, serta memerlukan penanganan yang berbeda. Untuk mengetahui lebih jelas apa perbedaan migrain dan vertigo, berikut ini tiga hal penting yang menjadi perbedaan antara migrain dan vertigo:

Gejala Migrain dan Vertigo
Orang yang merasakan sensasi perasaan tidak nyaman, berputar, dan kedutan pada kepala, merupakan keluhan sakit kepala atau migrain. Namun bila seseorang mengidap vertigo, akan mengeluhkan adanya sensasi sekeliling terasa berputar, khususnya yang dicetuskan oleh pergerakan kepala. Jika vertigonya hebat terkadang bahkan menyebabkan rasa mual. Sedangkan migrain, akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Tapi pengidap migrain juga bisa mengeluhkan sakit kepala di dua sisi seperti sensasi terikat.

Penyebab Migrain dan Vertigo
Apa saja penyebab migrain dan vertigo? Penyebab migrain masih dipelajari sampai saat ini, namun diduga terdapat ketidakseimbangan senyawa pada otak yang bertugas dalam meregulasi rasa nyeri pada manusia. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti , kebisingan, kelelahan, stres sindrom pramenstruasi, lapar, atau makanan tertentu. Sedangkan penyebab vertigo, salah satunya adalah terdapat partikel dalam kanal telinga bagian dalam. Partikel ini bisa mengakibatkan gangguan persepsi keseimbangan tubuh.

Aura yang Dimiliki Saat Migrain dan Vertigo
Aura merupakan gejala seperti adanya gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala. Bukan hanya merasakan sakit kepala, sebagian pengidap migrain juga bisa mengalami aura sebelum mengalami serangan sakit kepala. Sementara pengidap vertigo tidak merasakan gejala aura tersebut.


Segeralah berdiskusi kepada dokter jika keluhan nyeri kepala tidak hilang dengan obat-obatan yang biasa diminum. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc dengan melakukan download di App Store atau Play Store untuk dihubungkan dengan dokter yang bisa dihubungi kapan saja dan di mana saja agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

BACA JUGA: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo