• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jerawat di Dagu Menandakan Gangguan Pencernaan

Jerawat di Dagu Menandakan Gangguan Pencernaan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Pola makan yang disertai dengan gaya hidup sehat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan, khususnya pada kulit. Beragam gangguan kesehatan pada kulit yang dapat dialami ketika pola makan dan gaya hidup tidak sehat, salah satunya masalah jerawat.

Baca juga: Jerawat Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius?

Tentunya jerawat yang muncul pada seluruh area wajah, termasuk dagu. Jika kamu sudah melakukan perawatan dan menjaga pola makan yang sehat tapi jerawat pada dagu tidak dapat hilang dan selalu muncul, sebaiknya waspada dan perhatikan kesehatan kamu. Jerawat yang muncul pada dagu bisa menjadi tanda gangguan kesehatan pada tubuh. Namun, benarkah jerawat yang muncul pada dagu pertanda gangguan pencernaan?

Mulai dari Gangguan Pencernaan Hingga Masalah Hormon

Munculnya jerawat pada wajah memang menjadi salah satu kondisi yang cukup menjengkelkan. Jerawat yang dapat dialami oleh siapa saja dapat muncul akibat adanya penyumbatan pada folikel rambut di kulit. Tapi jangan khawatir, menjaga kebersihan kulit wajah serta diri menjadi salah satu kunci menghindari jerawat pada wajah maupun bagian tubuh lainnya.

Lalu, bagaimana apabila jerawat kerap muncul pada dagu? Jika mengalami kondisi ini, sebaiknya perhatikan gaya hidup serta pola makan yang kamu jalani. Menurut ahli dermatologi pada International Dermal Institute Sydney, Emma Hobson, mengalami kesalahan diet menjadi pemicu gangguan pada usus besar atau pencernaan. 

Melansir Web MD, tidak ada salahnya untuk menghindari beberapa jenis makanan, seperti makanan manis, makanan dengan kandungan lemak jahat, dan produk olahan susu ketika memiliki jerawat pada wajah khususnya dagu. Batasi jumlah pengonsumsian beberapa jenis makanan tersebut untuk menghindari jerawat yang semakin memburuk.

Jerawat yang muncul pada dagu juga disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh. Umumnya, seseorang yang sedang memasuki masa pubertas, kehamilan, menstruasi, dan menopause lebih rentan mengalami jerawat pada dagu. 

Tidak hanya itu, peningkatan minyak yang berlebihan pada wajah nyatanya juga dapat sebabkan seseorang alami jerawat yang tidak kunjung reda pada bagian dagu. Lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab jerawat yang dialami.

Baca juga: Benarkah Jerawat Batu Disebabkan Karena Genetik?

Lakukan Ini untuk Mengatasi Jerawat

Jangan khawatir, jerawat pada dagu dapat diatasi dengan mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat pada dagu serta tidak menyebabkan bekas luka pada dagu.

1. Bersihkan Wajah

Jangan lupa untuk rutin membersihkan wajah. Bersihkan wajah dengan teknik double cleansing untuk membersihkan wajah dari debu, bakteri, maupun sel kulit mati agar kotoran tidak menumpuk pada wajah. Sebaiknya jangan lupa cuci tangan sebelum kamu membersihkan wajah agar kotoran pada tangan tidak pindah ke wajah.

2. Hindari Memencet Jerawat

Hindari keinginan untuk memencet jerawat sendiri di rumah. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan membuat jerawat semakin parah. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter ketika jerawat semakin parah dan meradang. Sebaiknya gunakan obat jerawat yang memang cocok untuk jenis kulit kamu agar jerawat pada menghilang tanpa bekas.

3. Jangan Lupa Berolahraga

Rutin berolahraga dapat membuat sirkulasi darah menuju wajah mengalir lebih lancar. Sirkulasi darah yang lancar mampu menyuplai oksigen untuk kulit dengan baik.

Baca juga: 5 Cara Sederhana untuk Mencegah Jerawat

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat pada dagu. Jangan lupa untuk tetap konsumsi makanan sehat dan penuhi kebutuhan air putih agar kesehatan tubuh termasuk kulit dapat terjaga dengan baik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of That Chin Pimple
Web MD. Diakses pada 2020. Teen Acne
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to Do About Chin Pimples?