Kebiasaan Buruk Ini Picu Penyakit Tipes

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kebiasaan Buruk Ini Picu Penyakit Tipes

Halodoc, Jakarta - Tipes atau tifus adalah penyakit yang menyebabkan pengidapnya mengalami beberapa gejala seperti demam tinggi, badan yang terasa lelah, dan gangguan pencernaan. Karena termasuk penyakit yang cukup mudah menyebar, penting untuk menjaga kesehatanmu supaya tidak mudah mengidap penyakit ini. Salah satunya adalah menghindari berbagai kebiasaan yang menyebabkan tipes.

Bakteri Salmonella typhi, adalah penyebab dari penyakit ini. Lingkungan yang kotor dan kurang sterilnya sanitasi adalah faktor yang menyebabkan bakteri mudah menyebar. Tidak hanya menyerang orang dewasa, penyakit ini berisiko dialami oleh anak-anak, akibat dari daya tahan tubuh mereka yang belum optimal. Ini beberapa kebiasaan buruk penyebab tipes berikut ini.

Baca Juga: Ruam di Kulit Juga Bisa Jadi Gejala Tipes

  • Jajan Sembarangan

Kebiasaan jajan di pinggir jalan memang mengasyikan, tetapi hal ini berisiko menyebabkan terserang tipes. Apalagi saat daya tahan tubuh sedang lemah, dengan mudah penyakit seperti tipes menyerang tubuhmu. Bakteri penyebab tipes biasanya hidup di dalam air yang terkontaminasi dengan feses, dan menempel pada makanan atau minuman yang kamu konsumsi dari pedagang yang tidak menjamin kebersihannya. Jajanan pinggir jalan ini biasanya digemari oleh anak-anak, sehingga mereka lebih rentan mengalaminya. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika orang dewasa atau anak-anak membawa bekal sehat sendiri dari rumah. 

  • Kurang Menjaga Kebersihan Makan

Tidak hanya menghindari jajanan yang kurang terjamin kebersihannya, kamu juga wajib mengolah makanan dengan benar. Misalnya saat menyiapkan ikan atau makanan laut yang berasal dari air yang sudah terkontaminasi, maka wajib membersihkannya terlebih dulu sebelum dimasak. Penting diingat juga bahwa bakteri Salmonella typhi juga bisa bertahan pada urine orang yang terinfeksi, jadi jika orang yang terinfeksi menyentuh makanan tanpa mencuci tangan dengan benar atau setelah buang air kecil, mereka dapat menyebarkan infeksi tersebut kepada orang lain yang memakan makanan yang terkontaminasi.

  • Konsumsi Air Minum yang Kotor

Tidak hanya melalui makanan, tipes juga bisa menyebar melalui minuman. Tanpa disadari, kotoran atau tinja manusia bisa masuk mencemari air minum kamu. Oleh karena itu, harus diperhatikan bila kamu gemar jajan minuman dingin. Es batu yang digunakan untuk mendinginkan minuman, masih bisa membawa bakteri penyebab tipes.

  • Menggunakan Toilet yang Kotor

Faktanya, bakteri Salmonella typhi bisa bertahan sekalipun berada di tinja orang yang terinfeksi. Nah, apabila kamu menggunakan toilet yang tercemar tinja pengidap tipes dan tidak dibersihkan secara menyeluruh, kamu yang awalnya sehat bisa juga terinfeksi. Alangkah lebih baik untuk selalu waspada dan menjaga diri sebelum dan setelah menggunakan toilet seperti dengan membawa cairan pembersih toilet. Selain itu, penting untuk selalu mencuci tangan setelah buang air agar tidak terinfeksi tipes.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Diri Saat Tipes

Langkah Apa Saja untuk Mencegah Tipes?

Selain menjaga kebersihan diri dan tidak jajan sembarangan, penting juga untuk memeriksakan diri ke dokter saat gejala sudah muncul. Kamu bisa bertanya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi terlengkap. Selain itu, kamu juga bisa menghindari bakteri penyebab tipes dengan beberapa langkah, antara lain: 

  • Cuci Tangan dengan Sabun

Langkah ini adalah yang paling utama dalam upaya pencegahan tipes. Upayakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, saat menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet. Kamu bisa membawa pembersih tangan berbasis alkohol juga untuk berjaga-jaga saat air tidak tersedia.

  • Hindari Konsumsi Air Minum dan Es Batu Sembarangan

Air minum yang terkontaminasi bakteri bisa menjadi masalah khusus yang serius. Pasalnya bakteri masih bisa bertahan di es batu tersebut.

  • Hindari Makan Buah dan Sayuran Mentah yang Belum Dicuci atau Dimasak

Jika kamu makan sayuran atau buah, pastikan untuk mencucinya dengan air yang bersih. Lebih amannya lagi, kamu wajib memasak atau mengukus makanan yang dimakan terlebih dahulu.

Selalu jaga kesehatan kamu agar terhindar dari bakteri penyebab tipes. Imunisasi juga bisa dilakukan setiap 3 tahun sekali, terutama jika kamu ingin bepergian ke daerah endemik.

Baca Juga: Sudah Sembuh, Gejala Tipes Bisa Datang Lagi?

Referensi:
NHS UK (Diakses pada 2019). Thypoid Fever.
Kids Health (Diakses pada 2019). Thypoid.